NewsMusik

Mulai 1 Maret, Lagu K-Pop Hilang di Spotify, Ada Apa?

Hobring.com – Sebuah kabar mengejutkan datang dari Spotify. Pada hari Senin, 1 Maret 2021 secara resmi Spotify telah menghapus lagu-lagu K-Pop dari katalognya.

Layanan streaming musik digital yang satu ini memberikan pernyataan resminya dan memberikan penjelasan mengapa ratusan lagu K-Pop dihapus per hari ini seperti yang dikutip dari laman Kantor Berita Yonhap.

Seorang juru bicara dari Spotify menjelaskan bahwa penghapusan lagu-lagu K-Pop berkaitan dengan perjanjiannya dengan KakaoM. Sehingga, hal itu berdampak pada musik-musik yang telah dirilis dalam platform Spotify.

“Karena perjanjian lisensi asli kami dengan Kakao M telah berakhir pada tanggal 1 Maret 2021, kami tidak dapat lagi memberikan katalognya kepada penggemar dan pendengar di seluruh dunia,” ujar pihak Spotify pada Senin, (01/03/2021) yang dikutip dari Kantor Berita Yonhap.

Lagu K-Pop Hilang di Spotify
Spotify. Sumber: freepik

Pihak Spotify juga mengumumkan secara resmi bahwa dengan berakhirnya perjanjian lisensi tersebut dengan distributor musik Korea yaitu KakaoM maka semua musik yang didistribusikan oleh label tersebut tidak dapat tersedia dilayanannya.


Baca Juga:


Hal ini tentu saja membuat pengguna Spotify khususnya penggemar K-Pop sangat terkejut. Sebab, seluruh diskografi beberapa musisi menghilang secara tiba-tiba.

Meskipun seluruh diskografi menghilang secara tidak terduga, namun pengguna Spotify masih dapat mendengarkan lagu-lagu K-Pop yang masih tetap tersedia di laman musik digital ini.

Spotify mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan upaya selama satu setengah tahun terakhir agar dapat memperbaharui perjanjian lisensi secara global dengan pihak KakaoM kepada para penikmat musik digital diplatform mereka.

Namun upaya tersebut tidak mencapai hasil yang maksimal. Sehingga, pihak Spotify akhirnya mengambil langkah lain. Munculnya kabar ini juga mengundang spekulasi dari beberapa pihak tentang peluncuran layanan baru di Korea Selatan yang menggantikan posisi Spotify dengan MelOn.

MelOn merupakan aplikasi musik digital untuk menikmati musik Korea secara streaming. Namun kabar itu dibantah oleh pihak Spotify dan mengatakan bahwa tidak ada hubungan dengan peluncuruan layanan MelOn di Korea Selatan.

Menghilangnya katalog lagu-lagu K-Pop merupakan pukulan yang besar bagi Spotify dan para penggemar K-Pop diseluruh dunia yang menggunakan layanan tersebut.

Peran KakaoM dalam mendistribusikan musik Korea sangatlah besar. Sebanyak 37,5 persen chart 400 Lagu Teratas diakhir tahun pada merupakan bagian dari usaha yang dirilis oleh KakaoM.

Spotify berkata, “Kami menyadari bahwa ini sangat disayangkan bagi banyak artis, penggemar, dan pendengar di seluruh dunia, dan kami sangat berharap situasi saat ini akan diselesaikan secepat mungkin.”

“Kami akan terus melakukan yang terbaik untuk berkontribusi secara positif. untuk pertumbuhan bersama industri musik dan ekosistem streaming. ”

Sementara itu, di antara musisi maupun artis yang diskografinya paling sedikit terpengaruh adalah IU, SEVENTEEN, NU’EST, MAMAMOO, Epik High, CL, GFRIEND, MONSTA X, Apink, THE BOYZ, Sunmi, (G) I-DLE, LOONA, SF9, HyunA, 4Minute, VIXX, INFINITE, Dreamcatcher, MOMOLAND, ASTRO, Zico, Block B, BEAST, Jessi, WJSN, AOA, BTOB, Golden Child, VICTON, Lovelyz, PENTAGON, ONEUS, Hyolyn, KARD, Brave Girls, CNBLUE, DIA , Younha, SECHSKIES, dan masih banyak lagi.

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button