OtomotifNews

Motor dengan Teknologi FI Tidak Perlu Dipanaskan Setiap Pagi

Memanaskan mesin motor setiap pagi sebelum digunakan memang menjadi salah satu aktivitas rutin bagi kebanyakan pemiliki kendaraan, namun, pada dasarnya tidak perlu dilakukan bagi kuda besi berteknologi fuel injection (FI).

Mesin motor yang dipanaskan punya tujuan supaya awet sekaligus bikin kondisinya tetap prima ketika ditunggangi. Tetapi, perkembangan teknologi otomotif sudah mampu untuk tidak mewajibkan penggunanya memanaskan kuda besi mereka.

Berterima kasihlah dengan kehadiran teknologi FI, sehingga kalian tidak perlu lagi repot-repot melakukan pemanasan mesin setiap kali ingin mengendarai motor kalian. Walaupun begitu, bukan berarti tindakan demikian dilarang dan tetap ada anjurannya.

Ingat, pada motor dengan sistem injeksi, hindari memanaskan motor dengan cara memutar gasnya berulang kali. Jadi, cukup nyalakan mesin dan diamkan beberapa saat tanpa harus digas, demikian laporan resmi dari Astra Motor.

Perlu diketahui, memanaskan mesin motor sebelum digunakan sama halnya dengan melakukan pemanasan saat ingin berolahraga. Ketika kendaraan dipanaskan, maka sirkulasi oli pada mesin pun bakal berlangsung dengan baik. Motor jadi “tidak kaget” waktu digunakan untuk melaju kencang.

Secara umum, durasi waktu yang dirokemdasikan untuk memanaskan mesin motor adalah berkisar dari 3 sampai 5 menit, dan tidak disarankan jika lebih dari itu. Sebab, pemanasan motor yang terlalu lama bisa bikin overheat atau kelebihan panas pada mesin.

Catat, andai kalian ingin memanaskan motor di pagi hari lebih disarankan menggunakan metode kick starter daripada menekan tombol yang ada pada stang. Tujuannya ialah supaya meringankan beban arus kelistrikan pada kendaraan.

Jika tetap memaksa memanaskan motor dengan elektrik starter, itu dapat menyebabkan masalah pada  komponen kelistrikan motor sekaligus memperpendek usia aki, apalagi kalau motor yang kalian gunakan sudah lama tidak dinyalakan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button