NewsOtomotif

Mobil Hybrid, Kendaraan Terbarukan Masa Kini yang Kian Melejit

Hobring.com – Beberapa tahun terakhir, mobil hybrid menjadi gaya hidup baru yang dilakukan oleh para kaum urban yang hidup dikota-kota besar. Dianggap sebagai salah satu kendaraan yang ramah lingkungan, mobil hybrid banyak dicari oleh banyak orang khususnya kaum milenial.

Sebelum berbicara lebih jauh soal mobil hybrida. Ada baiknya Anda mengetahui seperti apa sebenarnya mobil yang satu ini.

Mobil hybrid atau mobil hibrida adalah kendaraan yang menggabungkan dua jenis kendaraan yaitu mesin diesel atau bensin dan motor listrik.

Adapun keuntungan jika menggunakan mobil hybrida adalah membantu mengurangi gas emisi karbon karena bahan bakar yang lebih sedikit daripada kendaraan dengan muatan konvensional.

Selain itu juga, dibeberapa negara menerapkan sistem penurunan pajak lalu linta ditahun pertama dan pajak mobil kendaraan serta memungkinkan pengendara mobil hybrida ini terhindar dari biaya lainnya.


Baca Juga:


Menurut WhatCar?, ada tiga jenis mobil hybrid yang mempunyai cara kerjanya masing-masing. Mobil tersebut diantaranya adalah mobil Hybrid Paralel, mobil Hybrid Range Extender, dan Hybrid Plug-in.

Pada umumnya, mobil hybrid memiliki pilihan mode daya mulai dari eco hingga power yang memungkinkan pengemudi untuk memilih cara yang efisiensi atau performa maksimum tergantung pada kondisi saat sedang mengemudi.

Keunggulan lainnya saat menggunakan mobil hybrid adalah Anda tidak perlu mengisi bahan bakar. Anda hanya perlu melakukan pengisian daya seperti sedang mengisi baterai gadget Anda.

Jika Anda suka menikmati suasana kota dengan jarak tempuh yang tidak terlalu jauh, maka mobil hybrid adalah jawabannya.

Namun jika Anda lebih suka petualangan dengan jarak tempuh yang jauh, mobil hybrid kurang cocok dan sebaiknya Anda menggunakan mobil bertenaga mobil diesel.

mobil hybrid
Foto: Energy Magazine

Sementara itu, di Eropa pasar mobil kendaraan bertenaga listrik semakin menarik perhatian. Terdapat dua kategori dari kendaraan bertenaga listrik yakni Electrically-chargeable vehicles (ECVs) dan Hybrid electric vehicles (HEVs).

Dilansir dari Asosiasi Produsen Mobil Eropa (ACEA) bahwa penjualan kendaraan bertenaga listrik (ECVs) tumbuh dalam beberapa tahun terakhir. Namun hanya sejalan dengan pertumbuhan penjualan mobil secara keseluruhan.

Pada 2017, ECVs terdiri dari sekitar 1,5% dari semua mobil penumpang yang dijual di seluruh Uni Eropa. Diperkirakan oleh ACEA bahwa pangsa pasar ECVs akan menjadi 3,9% pada tahun 2025 dan 5,4% pada tahun 2030.

Sehingga dapat diasumsikan bahwa dalam beberapa tahun kedepan, pasar mobil hybrid akan terus meningkat dan permintaan mobil listrik akan semakin menjadi tren dikalangan masyarakat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button