NewsToys

Mizu Diecast, Ubah Hobi Jadi Peluang Bisnis

Hobring.com – Sebuah pepatah bijak pernah berkata bahwa pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar. Sama seperti yang dilakukan oleh Arramizu Ramadhani atau Mizu yang mengubah hobi dan menjadikannya sebagai sebuah peluang bisnis di masa depan.

Mizu adalah seorang seniman lukis asal Bandung, Jawa Barat yang mengaplikasikan karyanya pada sebuah mainan miniatur mobil yang disebut dengan nama diecast.

Berawal sebagai kolektor di tahun 2013, Mizu mulai tertarik untuk mencoba memodifikasi secara custom pada mainan diecast dengan metode hand painting atau seni lukis menggunakan tangan.

“Saya awalnya koleksi dulu nih. Temen-temen banyak yang koleksi kayak semacam kalau hobi itu kan ‘diracun’ dari temen-temen dulu. Terus liat sepupu juga di rumah mengoleksi gitu. Terus (baru mulai) mencoba mengoleksi,” kata Arramizu Ramadhani pada Minggu (20/4) pada Hobring.com melalui Zoom.

Ketekunannya dalam hobi yang satu ini membuat ia kemudian menciptakan sebuah peluang bisnis yang cukup menjanjikan.


Baca Juga:


Bersama rekannya, Willy Saputra, mereka mempromosikan karya mainan diecast custom melalui platform yang bernama Mizu Diecast.

“Sebenarnya kita berdua lebih ke custom. Ada beberapa (macam kategori) perbagian gitu (dan) kita lebih tertarik kecustomnya,” ujar Mizu.

Mizu Diecast
Dok. Istimewa. Foto: Mizu Diecast

Mizu Diecast yang terdiri dari tiga orang mengerjakan modifikasi mainan diecast secara custom berdasarkan pesanan atau commission job.

Beberapa permintaan para kolektor dari Mizu Diecast adalah custom hand painting dengan membuat diecast menjadi tampak berkarat dan usang atau yang lebih dikenal dengan nama weathering effect.

“Jadi ada efek-efek karatnya gitu. Kebanyakan kalau orang diecast pakai decal (stiker). (Sedangkan) kalau kita pengen ciri khas sendiri kayak hand painting,”tutur Mizu.

Mizu Diecast
Dok. Istimewa. Foto: Mizu Diecast

Selain itu, material bahan yang dibuat oleh Mizu Diecast cenderung beragam dan mudah ditemukan. Willy mengatakan, “Material basic (seperti pada umumnya), kita ada penghapus cat, kuas, lem, tang, (dan) macam-macam.”

Menurut Mizu, bahan-bahan yang mudah didapatkan tersebut membuat modifikasi custom mainan diecast menjadi hal yang memungkinkan untuk dilakukan oleh para pemula.

“Yang penting niat dan suka. Karena kalau misalkan kita udah suka, jadi barang-barang disekitar kita bisa dimanfaatin. Jangan (pikirin) bisnis dulu deh yang penting suka dulu,” tambah Mizu.

Mizu Diecast
Dok. Istimewa. Foto: Mizu Diecast

Untuk referensi dalam proses ide custom mainan diecast, Mizu Diecast tidak berpatok kepada satu orang atau beberapa orang saja.

Mereka mengakui bahwa ada banyak inspirator dari para pegiat mainan diecast baik lokal maupun internasional seperti Pisut Masanong yang menginspirasi karya-karyanya.

Mizu Diecast
Dok. Istimewa. Foto: Mizu Diecast

Sampai saat ini, antusiasme masyarakat terhadap mainan diecast membuat Mizu Diecast semakin banjir orderan. Beberapa waktu lalu, diecast custom Special Edition dari Mizu Diecast berhasil dilirik oleh para kolektor.

Hal ini tentunya menjadi semangat baru bagi Mizu Diecast dan berharap suatu saat nanti mereka dapat menjadi bagian dari desainer mainan diecast ternama salah satunya adalah Hot Wheels.

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button