NewsLifestyle

Minum Kopi Dengan Rutin Menurunkan Risiko Kematian?

Minum kopi tampaknya sudah menjadi salah satu bagian pasti dari keseharian kita. Namun memiliki beberapa manfaat lainnya lho.

Biasanya dengan minum kopi dapat meningkatkan fokus kita dalam bekerja atau aktifitas lainnya, namun minum kopi memiliki khasiat lainnya seperti membuat umur panjang, dan kopi yang dimaksudkan adalah espresso.

Dikutip dari Yahoo, para peneliti Italia melakukan riset terkait mengkonsumsi kopi ‘ala Italia’ atau espresso terhadap penurunan risiko kematian akibat berbagai penyebab, utamanya penyakit kardiovaskular.

Perlu diketahui penyakit kardiovaskular terjadi adanya gangguan pada jantung dan pembuluh darah. Penyakit jantung dan stroke merupakan dua penyakit kardiovaskular yang paling banyak diketahui.

Dan menurut data World Health Organization (WHO), penyakit kardiovaskular menyebabkan 17,6 juta kematian setiap tahunnya, dan penyebab utama penyakit ini adalah pola hidup tidak sehat, terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak, tidak rutin berolahraga, kebiasaan merokok, dan mengkonsumsi alkohol secara berlebihan.

Berdasarkan info pola makan partisipan, para peneliti menemukan bahwa dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi, 3-4 shot espresso dengan risiko kematian yang lebih rendah dari semua penyebab, khususnya penyakit kardiovaskular.

Para peneliti pun meyakini penurunan risiko kematian disebabkan senyawa khusus yang disebut N-terminal-pro hormon BNP (NT proBNP).

Menurut Healthline, beberapa penelitian lain menunjukkan bahwa minum kopi secara teratur berkaitan dengan penurunan risiko kematian berbagai penyakit serius.

Sebab, saat air panas mengalir melalui bubuk kopi ketika diseduh, senyawa kimia alami pada biji kopi bercampur dengan air dan menjadi bagian dari minuman.

Dan kebanyakan dari senyawa ini merupakan antioksidan yang melindungi tubuh dari stres antioksidan yang disebabkan radikal bebas.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button