TechNews

Meski RAM Sedikit Kenapa iPhone Tetap Gacor?

Hobring.com – Smartphone milik Apple, iPhone selalu berbeda dengan produk lainnya. Yang membuat beda adalah karena iPhone tidak pernah memamerkan kapasitas yang dimiliki oleh produk mereka.

Pada umumnya kita menjumpai bahwa smartphone anyar atau yang akan dirilis oleh beberapa vendor ternama akan menampilkan spesifikasi lengkapnya mulai dari kamera, RAM, dan lainnya. Namun hal tersebut tidak selalu ada pada iPhone.

Hal itu dapat kita lihat melalui iPhone 12, smartphone baru milik Apple tersebut hanya memiliki RAM 4 GB hingga 8 GB saja. Sedangkan pada Android dengan kelas menengah dibekali dengan kapasitas 6 GB dan 16 GB.

Baca juga:

Namun meski memiliki RAM lebih sedikit, kualitas yang dimiliki iPhone dapat menandingi Android flagship dengan memori dua kali lipat lebih banyak. Maka tidak heran bila banyak yang ingin tahu rahasia iPhone.

Meski RAM Sedikit Kenapa iPhone Tetap Gacor?
Sumber: Urbanasia.com

Apa rahasia iPhone?

Manajemen memori iPhone dan Android

Manajemen iPhone menggunakan perangkat iOS dan diklaim lebih bagus dibandingkan Android. Kedua sistem itu tersebut diciptakan dengan cara berbeda.

Bila melihat Android, Android menggunakan perangkat yaitu virtual machine yang menggunakan bahasa pemrograman Java dan dapat dijalankan di sistem manapun tanpa menulis ulang bahasa pemrograman.

Karena harus menangani kode Java membuat virtual machine membutuhkan sumber daya dan memori besar. Selain itu memori tak terpakai oleh aplikasi harus didaur agar memori dapat dipakai aplikasi lain.

Sedangkan daur ulang membutuhkan RAM besar, dan andai tidak tersedia maka perangkat akan sering mendaur ulang dan otomatis menurunkan kinerja Android.

Berbanding terbalik dengan Android, iOS tidak menjumpai permasalahan tersebut dengan memorinya. Hal itu disebabkan aplikasi pada iPhone komplikasi dan ditulis native dengan bahasa pemrograman Swift.

Kode native secara langsung dieksekusi oleh hardware sehingga iOS tidak memerlukan virtual machine seperti Java yang menguras memori.

Proses manajemen memori aplikasi antara iOS dan Android dibedakan karena di Android manajemen memori dilakukan oleh sistem sedangkan pada iOS ditangani oleh aplikasi.

Aplikasi-aplikasi iOS pun secara otomatis mengatur alokasi memori sesuai dengan kebutuhan, sehingga membuat iOS lebih efisien.

Penerimaan notifikasi iPhone dan Android

Hal yang membedakan antara iOS dan Android selanjutnya adalah sistem penerimaan aplikasi. Diterangkan dalam situs AndroidInfotech, bahwa setiap aplikasi harus benar-benar berjalan untuk dapat menerima notifikasi.

Dengan kata lain semakin banyak aplikasi yang aktif akan membuat memori penuh. Sementara aplikasi iOS tidak harus berjalan di memori untuk dapat menerima notifikasi.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button