HiburanNews

Mengenali Aturan dan Cara Bermain Kahoot

Hobring – Sebelum membahas cara bermain Kahoot ada baiknya kalian mengerti dengan Kahoot terlebih dahulu, agar tidak ada pertanyaan tentang “Apa itu Kahoot?.” Kahoot sendiri adalah situs pembelajaran berbasis permainan.

Kahoot dapat dimainkan melalui smartphone yang dapat diunduh di Appstore maupun Playstore. Namun permainan ini hanya dapat dimainkan bila terkoneksi dengan internet saja.

Permainan Kahoot sendiri sangat digemari oleh netizen. Bila kalian memiliki wawasan yang luas kalian juga dapat menciptakan kuis dengan berbagai tema, tentunya dengan kalian membuat Kahoot tidak menutup kemungkinan membuat netizen mengulas kembali pelajaran mereka dari sekolah.

Menariknya platform kuis ini dapat digunakan oleh para guru dalam menciptakan suasana belajar yang baru dan terkesan kekinian. Guru-guru juga dapat mengikuti Kahoot pada umumnya, yaitu menyediakan hadiah bagi peserta yang paling banyak mendapatkan poin.

Baca juga:

Metode belajar serta bermain dengan Kahoot pun dapat diterapkan orang tua untuk mengulas pelajaran sang anak. Selain bentuk kepedulian terhadap wawasan anak, orang tua sendiri dapat berperan sebagai teman kala membawakan Kahoot dengan asyik.

Dan inilah beberapa peralatan yang diperlukan untuk mewujudkan Kahoot

Koneksi internet

Kahoot dapat kamu sajikan pada anak-anak, keponakan, hingga murid kalian apabila kawasan tempat tinggal kalian sudah didukung dengan koneksi internet yang baik. Sebab di zaman ini hampir semua kehidupan kita berhubungan dengan internet.

Kahoot sendiri dapat dibuat bila memang perangkat hp atau laptop kita selaku admin yang terkoneksi dengan internet. Selain itu, kita juga dapat searching materi yang akan kita sajikan pada Kahoot.

Perangkat peserta

Perlengkapan lainnya adalah perangkat untuk para peserta, rasanya cukup kurang mendukung apabila kawasan kamu tinggal didukung oleh internet namun perangkat kurang memadai.

Untuk perangkat peserta tidak harus handphone ya, bila peserta memiliki laptop juga dapat dimaksimalkan untuk bermain kuis interaktif Kahoot ini.

Laptop

Laptop digunakan untuk penyelenggara kuis, entah guru maupun orang tua. Fungsi laptop sendiri adalah membuat sekaligus memeriksa kuis Kahoot yang dikerjakan apakah sudah sesuai dengan jawaban atau belum.

Proyektor

Sedangkan proyektor berfungsi untuk menampilkan materi atau kuis yang disampaikan agar para peserta kuis Kahoot dapat melihat hasil kuis mereka.

Bila perlengkapan untuk bermain Kahoot sudah lengkap, maka selanjutnya adalah memahami langkah-langkah memulai kuis Kahoot agar dapat dinikmati oleh murid atau anak kalian.

Kahoot
Sumber: Hobring

Berikut adalah langkah-langkah cara bermain Kahoot:

  1. Buka https://kahoot.com dan pada menu di atas situs klik Log in. Kalau kalian belum pernah memainkan ini, maka dapat Sign up alias daftar lebih dahulu. Namun kalau kamu sudah melakukan registrasi, kamu hanya perlu Log in dengan akun tersebut.
  1. Langkah kedua adalah klik pada menu. Setelah kamu klik menu, nanti akan tampil jenis kuis yang ingin atau sudah kalian buat.
  1. Setelah kalian dihadapkan pada jenis kuis yang akan kalian mainkan, kalian akan hanya perlu klik pilihan Play, dan kembali akan dihadapkan dengan dua pilihan, yaitu Team Mode atau Classic.

Team Mode sendiri direkomendasikan untuk beberapa peserta yang tidak memiliki perangkat untuk memainkan Kahoot. Tapi seandainya semua peserta memiliki perangkat sendiri, maka dapat memilih mode Classic.

  1. Setelah kalian menentukan mode yang akan dimainkan, nantinya akan ada PIN yang harus dimasukan peserta agar dapat mengikuti kelas kuis yang sudah dibuat.
  1. Selanjutnya untuk dapat mengakses kuis Kahoot para peserta harus memasukan PIN yang tampil pada perangkat mereka diikuti dengan menuliskan nama mereka.
  1. Total peserta akan ditampilkan pada layar sebelah kiri, dan langkah terakhirnya adalah klik Start untuk segera memulai kuis Kahoot ini. Sementara itu untuk penyelenggara kuis, tampilan layar akan langsung dapat mengontrol jawaban dari para peserta kuis.
  1. Setiap jawaban dari para siswa juga akan ditampilkan untuk mengetahui berapa banyak yang memilih pada jawaban tertentu.
  1. Sebelum melanjutkan pada pertanyaan selanjutnya, peserta kuis akan diberitahukan hasil yang benar dari soal yang sebelumnya mereka kerjakan.
  2. Lakukan langkah-langkah tadi hingga semua soal selesai dikerjakan. Adapun nilai yang muncul adalah skor benar plus kecepatan dalam menjawab pertanyaan tersebut.

Setelah kamu menyelesaikan semua langkah untuk memulai Kahoot, maka langkah selanjutnya adalah cara membuat Kahoot.

Baca juga : Belum Banyak Yang Tahu, Ini Tempat Wisata di Indonesia yang Jarang Dikunjungi

Berikut cara membuat Kahoot:

  • Kunjungi situs https://getkahoot.com. Setelah website loading, pilih menu Log in.
  • Jika kamu sudah memiliki akun, kamu dapat mengisi identitas dan password sesuai dengan data yang kamu daftarkan. Bagi kamu yang belum memiliki akun ini, dapat langsung daftar dengan memilih Sign up, dan isi data.
  • Setelah kamu Log in atau Sign up, kamu akan langsung berhadapan dengan beberapa pilihan seperti Basic, Plus, Pro, dan Kahoot 360 Pro. Untuk pemakaian yang tidak terlalu sering dan menginginkan gratis, kalian dapat memilih Basic. Pada Basic sendiri maksimal jumlah peserta kuis Kahoot sebanyak 10 orang saja.
  • Namun bila kebutuhan kalian untuk kuis sangat intens, kalian dapat memilih Plus, Pro, dan Kahoot 360 Pro karena berbayar jelas fitur yang terdapat di dalamnya sangat berbeda dari jenis Basic.
  • Bila sudah menentukan pilihan jenis Kahoot, maka tekan “Create Kahoot” yang berada di pojok tengah pada website Kahoot.
  • Selanjutnya masukan pertanyaan yang akan diajukan kepada para peserta.
  • Simpan perubahan, dan bagikan kode kuis pada para peserta kuis interaktif Kahoot.

Itulah beberapa langkah-langkah bermain Kahoot. Mudah sekali untuk diikuti bukan? Semoga membantu untuk variasi kegiatan belajar mengajar ya!

Baca juga :

Cara Merawat Action Figure Agar Tetap Kinclong

7 Daftar Action Figure Termahal di Dunia, no.6 Bisa Buat Beli Rumah

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button