TravelingNews

Mengenal Lebih Dekat Sejarah Istana Pagaruyung di Batusangkar

Pernah terbakar sebanyak tiga kali, kemudian dibangun kembali. Istana Pagaruyung yang sekarang berdiri kokoh bukanlah bangunan aslinya, melainkan sebuah replika. Lokasinya yang sekarang pun berubah.

Sejarah dari Istana Pagaruyung di Batusangkar menarik untuk dikenali lebih dekat, bagi bumi Minangkabau di Sumatera Barat keberadaannya seperti tidak boleh hilang, meski terbakar habis beberapa kali ia dibangun kembali, tidak peduli juga lokasinya berubah.

Peninggalan Kerajaan Pagaruyung

Salah satu peninggalan sejarah yang masih tersisa dari Kerajaan Pagaruyung adalah Istana Pagaruyung yang dalam Bahasa minang disebut sebagai Istano Basa Pagaruyuang di mana punya arti Istana Besar Kerajaan Pagaruyung.  Dahulu, ia merupakan kediaman dari Raja Alam sekaligus pusat pemerintahan kerajaan.

Bangunannya berbentuk rumah panggung berukuran besar dengan atap gonjong yang menjadi ciri khas dari arsitektur tradisional Minangkabau. Ia memiliki tiga tingkat di mana masing-masing tingkat punya fungsi yang berbeda, dengan 72 tonggak yang menjadi penyangga utamanya.

Terbakar Tiga Kali

Sebenarnya, Istana Pagaruyung dibangun di Bukit Batu Patah, namun, terbakar saat terjadi Perang Paderi pada tahun 1804. Kemudian, dibangun kembali dan terbakar lagi pada tahun 1966. Lalu, dibangun lagi pada tahun 1975 sebagai replika, tetapi, lokasinya pindah ke Batusangkar. Dan, ia lagi-lagi terbakar pada tahun 2007, pembangunan ulang dilakukan setahun setelahnya.

Meski telah mengalami pembangunan ulang beberapa kali, gaya aristektur aslinya tetap dipertahankan, walaupun sebagian besar peninggalan barang-barang berharga keluarga kerajaan musnah dilahap api. Kira-kira Cuma 15 persen yang masih tersisa.

Sekarang, Istana Pagaruyung sudah berubah menjadi tempat wisata. Lokasinya berada di Jl. Sutan Alam Bagagarsyah, Pagaruyung, Kec. Tanjung Emas, Kab. Tanah Datar. Berbentuk rumah gadang, tempat wisata di Batusangkar ini berjarak kira-kira lima kilometer dari pusat kota di mana memiliki ukiran dinding dan langit-langit serta kain-hiasan yang indah yang memikat para pengunjungnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button