NewsLifestyle

Mengenal Budidaya Tanaman Hias Anggrek Monyet Untuk Pemula

cara budidaya tanaman hias anggrek

Hobring.com – Dracula Simia atau yang lebih popular dikenal dengan nama Anggrek Monyet adalah sejenis tanaman hias yang berasal dari hutan di Amerika Selatan. Bagi sebagian orang budidaya tanaman hias yang satu ini bisa terbilang cukup rumit tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan oleh mereka yang pemula.

Alasan mengapa Dracula Simia disebut Anggrek Monyet karena bunganya tampak seperti miniatur wajah monyet. Sebagai salah satu tanaman hias yang unik, banyak orang yang memilih untuk belajar membudidayakan tumbuhan yang satu ini.

Bagi Anda yang baru saja memulai budidaya tanaman hias Anggrek Monyet, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui dan pertimbangkan. Diawali dari kondisi lingkungan yang cocok untuk Dracula Simia.

1.Habitat

Sebagai tumbuhan yang dapat tumbuh dengan setinggi 2 kaki, Anggrek Monyet dapat tumbuh pada kondisi suhu yang lembab. Area yang teduh dengan temperatur dingin dan kelembaban yang tinggi adalah habitat yang cocok untuk tanaman hias yang satu ini.

Pada awalnya Anggrek Monyet berasal dari lereng gunung yang curam di wilayah Ekuador dan Peru. Umumnya, Dracula Simia dapat tumbuh pada dataran tinggi yang tropis dengan ketinggian antara 1.000-2.000 Mdpl.


Baca Juga:


Seorang ilmuwan sekaligus ahli botani, Carlyle August Luer pertama kali menemukannya pada area pegunungan di akhir tahun 1970-an.

Penulis buku The Native Orchids of The United States and Canada Excluding Florida ini bekerja sebagai kurator senior di Missouri Botanical Garden.

Karena tanaman ini membutuhkan suhu kelembaban yang tinggi, maka tempat yang tepat untuk Anggrek Monyet adalah di dalam ruangan.

Bagi Anda yang baru saja memulai budidaya tanaman hias yang satu ini, cobalah untuk melakukannya di dalam rumah Anda.

Demi menjaga udara dalam ruangan agar tetap lembab, maka para petani anggrek biasanya meletakan pot mereka di atas sebuah nampan air yang dangkal. Selanjutnya memindahkannya untuk dapat di gantung bersama bunga anggrek.

Menurut Indoor Home Garden, tempat lain seperti outdoor atau luar ruangan juga dapat ditumbuhi Anggrek Monyet. Hanya saja, perlu diperhatikan kondisi suhu diluar rumah khususnya pada siang hari.

Jika di siang hari suhu udara di luar ruangan rumah Anda tampak lembab, kemungkinan besar Dracula Simia dapat tumbuh dengan baik. Namun jika suhu udara terlalu panas, maka hal itu akan menyulitkan Anggrek Monyet untuk tumbuh dengan optimal.

2.Tanah

Selain faktor lingkungan, tanah yang khusus juga dapat memengaruhi pertumbuhan Dracula Simia agar dapat tumbuh sesuai harapan. Indoor Home Garden mengatakan bahwa tanah yang dibutuhkan adalah tanah yang mampu menahan kelembaban.


Tak hanya itu saja, tanah untuk Anggrek Monyet juga dapat mengering dengan cepat serta memberikan sirkulasi dan aliran udara yang memadai. Berikut ini adalah resep yang bisa Anda coba untuk tanah khusus Dracula Simia:

-Empat bagian kulit kayu cemara medium (jenis apa saja seperti Douglas, Redwood California, dll)
-Satu bagian bahan penahan kelembaban (seperti sphagnum moss, serpihan sabut kelapa, atau perlite)
-Satu bagian arang sedang
-Pasir sebagai opsional untuk memadatkan pot.

Anda bisa menambahkan material lepas seperti batu atau potongan terakota ke dalam dasar pot sebelum memasukan campuran tanah. Tujuannya adalah untuk membuat drainase agar lebih baik lagi.

3.Pupuk

Supaya budidaya tanaman hias Anggrek Monyet dapat tumbuh secara optimal. Maka Anda juga harus memerhatikan nutrisi ekstra melalui pupuk tanaman.

Beberapa nutrisi yang bisa Anda berikan adalah pupuk yang mengandung nitrogen untuk menyuburkan pertumbuhan dan kesehatan tanaman hias. Kemudian fosfor untuk membuat akar dan bunga agar lebih sehat.

Tak hanya itu saja, Anda juga perlu pupuk dengan kandungan kalium untuk menguatkan batang dan daya tahan tanaman.

Perlu Anda ketahui bahwa campuran pupuk dengan lebih dari 20% nitrogen atau yang mengandung urea wajib dihindari. Sebab hal itu dapat merusak tanaman hias Anggrek Monyet.

4.Waktu Penyiraman

Pada umumnya, menyiram Dracula Simia atau Anggrek Monyet dilakukan seminggu sekali dan disiram secara teratur setiap pagi. Hal ini tentu saja untuk dapat membantu habitat aslinya yaitu lingkungan yang lembab.

Terlalu berlebihan dalam menyiram tanaman pada Anggrek Monyet dapat berdampak pada kematian tanaman. Oleh karena itu, Indoor Home Garden menyarakan agar membuat Anggrek Monyet tetap lembab dengan memberikannya sedikit air di bawah pot dan jangan dibiarkannya mengering.

Selain itu, ketika Anda sedang melakukan budidaya tanaman hias yang satu ini dan menyiramkannya secara berlebihan. Maka yang terjadi adalah pembusukan pada struktur tanah karena terlalu basah.

5.Periksa Berkala

Agar tanaman hias ini tetap mendapatkan kelembabannya, Anda harus memeriksanya secara berkala. Adapun beberapa metode yang dapat Anda lakukan adalah:

-Melihat

Lihatlah akarnya melalui sisi pot transparan yang Anda gunakan. Perhatikan warna akar setelah penyiraman agar Anda tahu apa yang harus dilakukan.

Jika warnanya putih atau keabu-abuan itu artinya Anggrek Monyet harus segera disiram. Sementara jika warnanya hijau atau belang-belang artinya tanaman hias ini memiliki kadar kelembaban yang cukup.

-Merasa

Selain melihat, Anda juga dapat merasakan dengan memeriksa tanah Anggrek Monyet menggunakan jari Anda. Caranya sangat sederhana, letakan jari Anda pada tanah dan raba.

Hal ini memang membutuhkan sedikit latihan secara rutin untuk dapat mengidentifikasi apakah tanah yang Anda rasakan cukup lembab atau tidak. Jika tanah kering, Anda harus segera menyiramnya dan begitupun sebaliknya.

Sebelum memutuskan melakukan budidaya tanaman hias Anggrek Monyet, Anda harus memiliki pengetahuan akan tanaman yang satu ini.

Sebagai tanaman yang hidup di area lembab, cahaya matahari bisa menjadi pertimbangan juga untuk Anda. Sebaiknya Anda mencari area yang redup dari cahaya atau cenderung gelap.

Nah itulah cara melakukan budidaya tanaman hias Anggrek Monyet yang bisa dilakukan oleh para pemula. Meski terkesan agak rumit, tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan sama sekali, bukan?

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button