NewsLifestyle

Mengenal 12 Jenis Ikan Koi Cantik dan Populer di Kalangan Pecinta Ikan Hias

Hobring.com – Bagi penghobi ikan hias, tentu tidak asing lagi dengan jenis ikan koi. Ikan yang juga dikenal dengan sebutan karper ini sudah banyak yang memelihara baik itu dirumah makan, atau dijadikan hiasan untuk mempercantik tampilan rumah Anda.

Koi adalah salah satu ikan hias yang paling banyak dipelihara, bahkan populer di dunia. Selain indah dan merupakan ikan yang jinak, ikan koi juga dipercaya sebagai pembawa keberuntungan.

Maka, tak heran, jika kolam ikan koi tak hanya ditemukan di rumah-rumah. Tetapi, juga dapat kamu jumpai di pertokoan, kantor, atau mall.

Pada mulanya, ikan koi berasal dari dataran Tiongkok, lalu pada abad ke 17, ikan koi dibawa ke Jepang untuk dijadikan bahan makanan.

Dalam bahasa Jepang ikan koi berarti ikan karper atau nishikigoi yang berarti ikan karper yang bersulam emas atau perak.

Di Jepang sendiri ikan hias ini dilambangkan sebagai cinta dan persahabatan. Kini ikan koi sudah banyak dibudidayakan, termasuk di Indonesia.

Jenis ikan koi yang bagus dapat dilihat dari warna, corak, pola, dan ukurannya. Selain itu, kamu tentunya juga perlu memperhatikan garis punggungnya yang lurus, sirip sempurna, panjang serta tinggi seimbang, dan selalu aktif.

Selain enak dipandang dan bikin stres hilang, ternyata ada fakta menarik lho tentang ikan koi, berikut ulasannya.

ikan koi

Fakta ikan Koi

Simbol keberanian

Di Jepang, ikan ini sangat dihargai. Selain itu juga kerap kali sebagai simbol keberanian. Pasalnya, memang ikan ini sangat pemberani.

Raja ikan hias air tawar

Ikan koi merupakan ikan hias terbesar di air tawar dan merupakan ikan bergengsi. Mereka memiliki kepala yang besar dan berkumis.

Hal inilah yang membedakan antara ikan koi dan ikan mas. Ikan koi terbesar yang pernah dicatat memiliki berat sekitar 40 dan panjang 120 cm.

Pemakan sagalanya

Ikan koi termasuk ikan pemakan segalanya atau omnivora sehingga ikan koi dapat makan berbagai buah dan sayuran seperti semangka.

Memiliki jenis yang beragam

Ikan koi memiliki jenis yang beragam. Hal ini dapat dibedakan dari warna dan ukuran tubuh. Keberagaman dan kecantikan tubuhnya yang membuat masyarakat tertarik memelihara ikan koi.

Mudah menyesuaikan diri

Ikan ini tidak memiliki karakter yang mudah stress. Karena hal ini lah mengapa ikan ini dikatakan mudah untuk menyesuaikan diri walaupun ditempat baru sekalipun.

Ramah dan Jinak

Tidak banyak ikan hias yang jinak. Beberapa diantaranya mungkin akan agresif dan tidak ramah dengan manusia. Berbeda dengan ikan koi, ia malah lebih terlihat ramah bahkan bersahat dengan manusia.

Berumur panjang

Tak perlu khawatir jika memelihara ikan yang satu ini. Pasalnya ia memiliki umur yang cukup panjang. Di negara asalnya yakni Jepang, ikan koi dapat hidup sampai dengan 226 tahun. Umur tersebut terbilang panjang untuk hewan, apalagi air tawar.

Ikan koi
Dok/Foto: Ikan Koi Kohaku (fullserviceaquatics.com)

Jenis-jenis ikan koi

Ikan koi kohaku

Jenis ikan koi yang pertama ialah Kohaku. Ikan koi kohaku memiliki warna dasar putih dan corak merah besar di atasnya.

Jenis ikan koi Kohaku pun dibedakan berdasarkan bentuk corak yang ada di punggungnya, yakni maruten, nidan, dan inazuma.

Koi kohaku maruten memiliki dasar putih dan corak bundar di kepala dan punggungnya, sementara kohaku nidan memiliki dua corak di sepanjang punggung.

Sedangkan kohaku inazuma hanya memiliki satu corak di sepanjang punggungnya dengan bercak yang berbentuk petir.

Namun, banyak penggemar ikan koi yang merasa bahwa kohaku terlalu mirip dengan ikan mas. Di pasaran harganya berkisar Rp300 ribu hingga Rp1 juta.

Ikan Koi Tancho

Ikan Koi Tancho

Ikan koi Tancho adalah variasi kohaku yang sangat populer, di mana satu-satunya pola merah muncul sebagai satu titik merah di kepalanya.

Tancho sangat dihormati di industri koi Jepang karena kemiripannya dengan Grus japonensis, atau red-crowned crane.

Ikan yang satu ini memang unik, harganya sendiri terbilang mahal, mulai Rp500 ribu hingga Rp1 juta. Jenis ikan koi ini dianggap sebagai pembawa keberuntungan sehingga digemari banyak orang.

Ikan Koi Goromo

Ikan Koi Goromo

Ikan ini pada dasarnya adalah kohaku dengan tepi biru atau hitam. Ada tiga sub jenis ikan koi goromo yang diketahui, yakni budo goromo, ai goromo, dan sumi goromo.

Budo goromo memiliki tepi biru di luar skala yang menciptakan efek cluster seperti anggur. Ai goromo memiliki tepian biru hanya di bagian dalam sisik merah.

Sementara sumi goromo memiliki tepi hitam pada sisik yang dapat membuat polanya tampak hampir sepenuhnya hitam. Ikan ini dihargai mulai dari Rp1,8 jutaan.

Ikan Koi Sanke
Dok/Foto: lintar.net

Ikan Koi Sanke

Salah satu ikan koi yang memiliki warna dasar putih yang dikombinasikan dengan pola warna merah dan hitam. Ikan koi Sanke juga ikan berkualitas, sebab ikan ini memiliki pola warna seperti Kohaku, namun terdapat warna pelengkap yakni warna hitam.

Banyak juga yang bilang bahwa sanke secara sekilas terlihat hampir mirip dengan kohaku, yang membedakan hanya pola warna yang dikombinasikan dengan warna hitam. Di pasaran, ikan koi Sanke dibanderol berkisar antara Rp300 ribu hingga Rp1,5 juta.

Ikan Koi Hikarimono

Hikarimono mempunyai warna dasar putih pucat dengan pola hitam blur di punggungnya. Pola itu berbentuk seakan-akan seperti tulang yang tergambar pada ikan tersebut.

Jenis ikan koi ini cukup susah untuk kamu dapatkan. Selain itu ikan ini juga terbilang mahal sekitar Rp700 ribu per ekornya.

Ikan Koi Hariwake

Ikan Koi Hariwake

Bisa dibilang Doitsu Hariwake adalah jenis ikan Koi paling mewah. Pasalnya, tubuh dan siripnya berwarna putih keperakan layaknya mutiara. Ada corak kuning muda yang menyebar di punggungnya.

Bola matanya yang satu sisi berkelopak putih dan kelopak yang satunya lagi kuning. Dari harganya juga sudah terlihat ikan satu ini cukup ekslusif, yaitu mencapai Rp700 ribu.

Ikan Koi Showa

Ikan Koi Showa

Showa termasuk dalam salah satu jenis ikan koi yang terkenal. Meskipun secara warna terlihat mirip dengan Sanke, namun bedanya terdapat warna pola yang berkebalikan dengan sanke, di mana corak showa akan menunjukkan warna putih dan merah yang menutupi warna dasar hitam.

Selain itu, tidak seperti sanke, warna hitam pada showa juga bisa menutupi kepalanya. Menariknya, pada beberapa jenis showa yang berkualitas tinggi, coraknya bisa terlihat seperti tanda petir.

Bahkan, tak jarang akan terlihat seperti berbentuk bunga. Yang tak kalah takjub lagi, jenis ikan Showa ini pernah terjual seharga Rp2,1 milyar tahun 2013 lalu.

Ikan Koi Ogon
Dok/Foto: lintar.net

Ikan Koi Ogon

Berwarna kuning keemasan ikan ini diminati oleh para kolektor ikan koi. Koi Ogon adalah jenis persilangan antara Koi berpunggung kuning dengan jenis Shiro-Fuji.

Awal percobaan belum menghasilkan warna emas seluruh tubuh, namun setelah 6 kali generasi keturunan dari Koi yang disilangkan itu, jadilah si Ogon emas yang eksotis. Ikan ini cukup mahal untuk didapatkan, namun masih di bawah goromo, yaitu sekitar Rp 1,5 juta.

Ikan Koi Matsuba

Ikan Koi Matsuba

Matsuba adalah jenis ikan koi yang memadukan dasar berwarna metalik yang solid dengan pola jaring hitam.

Warna dasar matsuba dapat bervariasi. Gin natsuba memiliki warna dasar putih, sedangkan koi matsuba memiliki warna dasar kuning, dan aka matsuba memiliki warna dasar merah.

Sementara itu, ada satu-satunya variasi matsuba adalah doitsu matsuba. Jenis matsuba biasa ditemukan di pasaran dengan kisaran harga Rp500 ribu.

Ikan koi Asagi

Ikan koi Asagi

Ikan koi Asagi memiliki pola berwarna biru, seperti jaring di bagian atas tubuh mereka dengan warna merah-oranye di perut, sirip, pelat insang, dan tubuh.

Jenis ikan ini tubuhnya lebih merah dari biasanya disebu Hi Asagi, jenis lainnya yang populer ialah Taki Asagi.

Ikan ini memiliki pola jaring berwarna biru dan warna merah yang khas dengan garis sisik berwarna putih yang membentang di antara area berpigmen merah dan biru pada tubuh ikan. Warna kepala biasanya putih atau biru pucat.

Harga ikan koi asagi ditaksir kurang lebih Rp 1,1 juta per ekor. Tetapi, semakin banyak dominan warna birunya, maka ikan koi asagi akan semakin mahal.

Ikan Koi Goshiki

Ikan Koi Goshiki

Goshiki sendiri berarti lima warna. Ikan ini memiliki tubuh yang solid, berwarna putih dengan pola jaring hitam-biru, seperti Asagi yang menyebar ke seluruh tubuhnya.

Jenis ikan ini adalah hasil persilangan antara ikan Asagi dan Kohaku koi. Jika dirawat dengan benar dan warna berkembang dengan benar, ikan koi Goshiki adalah ikan hias yang menakjubkan.

Ikan Koi Kinginrin

Ciri-ciri ikan koi kinginrin memiliki tubuh seperti ikan mas. Warna kulitnya kuning, tidak menampakkan bahwa ia jenis ikan koi.

Namun, rupanya memang ia salah satu jenis koi hasil persilangan. Anda dapat menemukannya dengan harga cukup mahal, yaitu Rp900 ribu per ekornya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button