NewsTraveling

Menelusuri 10 Tempat Wisata di NTT yang Unik nan Eksotis

Ternyata 'Green Canyon' ini adalah satu dari tempat wisata di NTT yang unik dan eksotis, lho!

Hobring.com – Nusa Tenggara Timur tak hanya dikenal sebagai provinsi yang terletak di bagian timur Indonesia. Selain popular dengan Taman Nasional Komodo, ternyata ada banyak destinasi tempat wisata di NTT yang tak kalah menarik dan sayang sekali jika Anda lewatkan.

Sebagai bagian dari Kepulauan Nusa Tenggara, Provinsi NTT merupakan salah satu destinasi wisata yang paling banyak diburu oleh para pelancong di seluruh dunia.

Tak hanya tentang panorama alamnya yang memesona. Ternyata, Provinsi NTT memiliki tempat wisata yang unik dan juga eksotis.

Nah, berikut ini adalah daftar tempat wisata di NTT yang wajib Anda kunjungi dan masukkan ke dalam bucket listmu!

1. Manupeu-Tanah Daru

Taman Nasional Manupeu-Tanah Daru adalah salah satu taman nasional yang terletak di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur.


Baca Juga:


Sebagai kawasan hutan lindung, Taman Nasional Manupeu-Tanah Daru memiliki keanekaragaman hewani dan hayati yang masih asri dan sangat terjaga kelestariannya.

Tempat wisata di NTT yang satu ini terdapat banyak jenis satwa dan tumbuhan yang membuatnya semakin memiliki banyak spot yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata.

Adapun beberapa destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi saat berada di Taman Nasional Manupeu Tanah Daru yaitu, Air Terjun Matayangu, Air Terjun Lapoppu, Pantai Maloba, Pantai Aili, Pantai Marabakul, Pantai Hipi, Pantai Konda, Gua Kanabuwulang, Gua Liang Bakul dan masih banyak lagi.

Tak hanya panorama alam yang memukau, terdapat beberapa atraksi kebudayaan masyarakat setempat setiap bulan Februari di Lamboya dan Kodi serta bulan Maret di Gaura dan Wanukaka.

Atraksi yang nantinya akan Anda saksikan adalah Pasola. Bagi masyarakat lokal, atraksi ini merupakan ritual yang sangat menarik dan menegangkan.

Nantinya Anda akan melihat beberapa orang menaiki kuda yang telah dihias warna-warni. Kemudian mereka saling menyerang untuk merobohkan satu dengan lainnya dengan tombak kayu. Seru banget, kan? Catat bulannya ya!

2. Laiwangi Wanggameti

Tempat wisata di NTT berikutnya adalah Taman Nasional Laiwangi Wanggameti di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur.

Lokasi ini sangat cocok sekali untuk Anda yang ingin berpetualang seperti mendaki, trekking, menjelalah hutan, bahkan sekadar mengamati flora dan fauna yang ada di Taman Nasional Laiwangi Wanggameti.

Berbicara soal mengamati flora dan fauna, tahukah Anda bahwa taman nasional ini merupakan kawasan perlindungan flora dan fauna yang menyimpan aneka satwa langka, lho.

Adapun beberapa satwa langka adalah burung rangkong sumba, kakak tua jambul jingga, pungguk weni, sampai monyet ekor panjang.

Selain itu juga, di sekitar Taman Nasional Laiwangi-Wanggameti ada banyak makam kuno yang diukir dengan beberapa motif seperti gambar kuda, kerbau, sampai seorang pria dan wanita.

Kabarnya, tempat tersebut merupakan simbol dan status sosial dari keluarga yang ditinggalkan. Meski terkesan agak creppy tapi Anda tidak perlu takut.

Sebab, pesona alam Taman Nasional Laiwangi-Wanggameti merupakan daya tarik yang luar biasa bagi turis lokal maupun mancanegara bahkan takkan pernah terganti oleh apapun. Nggak percaya? Cobain sendiri deh.

3. Air Terjun Tanggedu

Keajaiban semesta alam yang luar biasa selanjutnya adalah hadirnya Air Terjun Tanggedu yang berada di Desa Tanggedu, Kecamatan Ndapayami, Kanatang, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

‘Green Canyon’ Sumba Timur ini bak oase di tengah savana Pulau Sumba. Bagaimana tidak, ketika Sumba lebih dikenal dengan hamparan padang savana yang cantik. Ternyata terdapat surga tersembunyi dikelilingi oleh tebing-tebing curam dengan air yang jernih dan warna kebiruan.

Sebelum Anda mengunjungi, pastikan Anda mendapatkan informasi yang jelas dan akurat agar memudahkan Anda selama petualangan.

4. Weekuri Lagoon

Danau Weekuri atau Weekuri Lagoon adalah sebuah danau air asin dan sedikit payau yang berada di Desa Kalena Rongo, Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.

Nama Weekuri sendiri berasal dari bahasa Sumba, ‘Wee’ yang artinya air sedangkan ‘Kuri’ yang berarti parutan atau percikan.

Dikelilingi oleh batu karang yang memisahkannya dengan laut, Weekuri Lagoon merupakan tempat wisata di NTT yang paling diburu oleh para pelancong.

Masyarakat Sumba setempat percaya bahwa Weekuri Lagoon terbentuk dari air laut yang terpercik melalui karang sehingga menembus ke daratan.

Danau Weekur bagaikan surga tersembunyi di Pulau Sumba dan sangat cocok bagi Anda yang punya hobi fotografi alam.

5. Gunung Egon

Tak hanya Pulau Jawa yang terdapat beragam gunung api yang aktif, ternyata Nusa Tenggara Timur juga memiliki gunung berapi aktif yaitu Gunung Egon.

Terletak di Kabupaten Sikka, Pulau Flores, provinsi Nusa Tenggara Timur, Gunung Ego memiliki ketinggian1.703 Mdpl.

Bagi Anda yang mempunyai olahraga ekstrem seperti mendaki, Gunung Egon merupakan salah satu gunung yang bisa Anda daki saat Anda di Pulau Flores.
Terdapat 2 akses Pendakian di Gunung Egon, yaitu dari Desa Egon Gahar bagian selatan dan Desa Blidit di bagian Utara.

Umumnya para pendaki melakukan aktivitas mendaki dengan melewati rute Desa Blidit dan membutuhkan waktu 2,5 jam – 3 jam untuk mencapai puncak Gunung Egon. Bagaimana? Anda tertarik mendakinya?

6. Gua Kristal

Tempat wisata di NTT yang unik dan eksotis berikutnya adalah Gua Kristal. Saat Anda mencapai tempat ini, Anda akan disambut dengan gradasi warna biru muda dan tua dari dalam kolam air Gua Kristal.

Terletak di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kupang, Nusa Tenggara Timur, Gua Kristal selalu menarik perhatian bagi para pelancong karena pesonanya yang menakjubkan.

Bak surga tersembunyi di dunia, sebuah kolam air yang terbentuk dari bebatuan karst gua seakan mengajak Anda untuk terjun dan menyelam ke dalamnya.

Meski sangat memukau, Anda harus tetap berhati-hati karena kondisi batuan yang licin dan penerangan yang tidak terlalu terang.

Sebagai bagian dari Hidden Paradise Kota Kupang, Gua Kristal telah menjadi salah satu tempat wisata di NTT yang paling diburu oleh wisatawan baik dalam negeri dan mancanegara. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda tertarik mengunjungi?

7. Bendungan Waikelo Sawah

Tempat unik nan eksotis selanjutnya adalah Bendungan Waikelo Sawah. Sekilas memang terlihat seperti dam. Tapi ketika Anda melihatnya lebih seksama lagi, sebuah gua dengan panorama alam yang cantik telah siap menyambut kedatangan Anda.

Terletak di Desa Tema Tana, Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur pada awalnya bendungan ini dibangun dan dirancang untuk tujuan irigasi sawah dan pembangkit listrik ditahun 1976.

Namun seiring berjalannya waktu, ternyata Bendungan Waikelo Sawah memiliki potensi wisata yang dapat menarik perhatian bagi para pelancong.

Berada tepat di kaki bukit serta dikelilingi oleh pepohonan rimbun dan sawah-sawah masyarakat setempat, membuat bendungan ini memancarkan suasana yang tenang, sangat teduh dan menyegarkan.

Air yang jernih dengan berwarna hijau kebiruan akan semakin menambah kesan eksotisme yang mengagumkan. Anda akan dimanjakan dengan panorama alam yang menakjubkan.

8. Kelabba Madja

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Andi Sadewo (@sadewoz)

Apa yang Anda bayangkan pertama kali saat mendengar kata tebing? Pasti cukup menyeramkan, bukan? Apalagi bagi Anda yang tak terbiasa dengan olahraga ekstrem seperti panjat tebing.

Tapi bagaimana kalau yang Anda lihat adalah tebing dengan warna-warni seperti Painted Hills di Oregon, Amerika Serikat. Pasti tidak terbayangkan, bukan?

Tak hanya memiliki ‘Grand Canyon’ ternyata Nusa Tenggara Timur tepatnya di Desa Wadumaddi, Kecamatan Hawu Mehara, Kabupaten Sabu Raijua juga memiliki Painted Hills yang pastinya sayang sekali jika Anda lewatkan.

Kelabba Maja memiliki ciri khas berupa tebing-tebing dilapisi warna biru, putih, coklat, dan merah di antara bebatuannya.

Masyarakat setempat khususnya warga Desa Gelanalalu menganggap bahwa Kelabba Maja adalah tanah milik dewa. Mereka pun percaya kalau bukit-bukit penuh warna itu adalah tempat berdiamnya dewa Maja.

Terlepas dari kepercayaan warga lokal, perlu kita akui bahwa Kelabba Maja memang sangat unik dan eksotis. Anda tidak perlu jauh-jauh ke Amerika hanya untuk melihat Painted Hills karena Nusa Tenggara Timur sudah menjawabnya.

9. Telaga Nirwana

Birunya air di Telaga Nirwana di Pulau Rote semakin menambah deretan tempat wisata di NTT yang kaya akan keindahan alam sekaligus eksotisme yang tak tertandingi.

Terletak di Desa Oeseli, Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur, Telaga Nirwana adalah salah satu surga tersembunyi di dunia.

Berada di tapal batas negeri, Telaga Nirwana seakan telah menjadi primadona bagi para turis yang berburu pesona alamnya.

Tak hanya eksotis, Telaga Nirwana juga menawarkan beragam panorama alam yang membuat Anda merasakan kedamaian dan ketenangan.

Ditemani dengan birunya air telaga membuat siapapun yang mendatanginya akan semakin jatuh cinta dan tak ada alasan untuk tidak kembali lagi ke bagian timur dari Kepulauan Nusa Tenggara.

10. Pantai Penggajawa

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Shana Fatina (@pickbird)

Tempat wisata di NTT yang tak kalah unik dan menarik adalah Pantai Penggajawa atau yang dikenal dengan Blue Stone Beach.

Berada di Desa Penggajawa, Kecamatan Nangapanda, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur, Blue Stone Beach adalah tempat yang paling favorit bagi para wisatawan yang berkunjung ke NTT.

Bagaimana tidak, sepanjang jalur pantai Penggajawa Anda akan menemui banyaknya batuan berwarna biru kehijauan yang layaknya seperti batu hias.

Padahal batu-batu tersebut terjadi karena kondisi alamiah yang terbawa dari arus ombak ke bibir pantai.

Karena warnanya yang cantik, tak jarang para wisatawan mengumpulkan batuan tersebut kemudian membawanya pulang ke rumah sebagai ‘suvenir’ ketika berkunjung ke Pantai Penggajawa.

Namun, jika batu-batu ini dieksploitasi habis-habisan oleh para pengepul dikhawatirkan tempat wisata di NTT ini akan kehilangan keunikannya. Jadi, sebaiknya sebagai wisatawan yang baik, kita harus tetap menjaga kelestarian alamnya ya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button