NewsTraveling

Megah, Inilah Tampilan Bandara Internasional Chengdu Tianfu Tiongkok

Hobring.com – Bandara Internasional Chengdu Tianfu, Tiongkok telah resmi beroperasi sejak Minggu (27/6) yang ditandai dengan penerbangan perdananya oleh Sichuan Airlines pada pukul 11.10 waktu setempat dari Chengdu menuju Beijing.

Chengdu merupakan ibu kota dari provinsi Sichuan yang sekarang menjadi kota ketiga di negara Tiongkok yang memiliki dua bandara internasional dan bergabung dengan Kota Shanghai dan Beijing.

Dilansir dari laman CNN, Bandara Chengdu memiliki tiga landasan pacu dan dua terminal dengan luas total sebesar 710.000 meter persegi. Xinhua melaporkan bahwa Bandara Chengdu dapat menangani 120 juta penumpang setiap tahunnya.

Dikenal sebagai negara Panda, Bandara Chengdu dianggap sebagai pilihan yang menarik bagi para pelancong yang ingin menghabiskan liburannya dengan menikmati panorama alam sekaligus wisata kulinernya yang menjanjikan.

Menurut Analisis Penerbangan, Brendan Sobie Bandara Internasional Chengdu Tianfu sebagai lokasi yang strategis mengingat pasar domestik Tiongkok kini telah pulih sepenuhnya dari pandemi Covid-19.

“Pasar domestik China telah sepenuhnya pulih dari pandemi dan akan terus tumbuh dengan cepat. Mengingat ukuran kota dan lokasi pusatnya di China, Chengdu berada pada posisi yang sangat baik untuk diuntungkan,” katanya pada Senin (28/6) yang dikutip dari laman CNN.


Baca Juga:


Berdasarkan data terbaru dari Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA), lalu lintas domestik Tiongkok saat ini naik 6,8% pada bulan April 2021 jika dibandingkan dengan April 2019.

Bandara Internasional Baiyun misalnya di kota Guangzhou berhasil menggeser Bandara Hartsfield-Jackson di Atlanta menjadi bandara tersibuk di dunia pada tahun 2020 lalu.

Bandara Internasional Chengdu
Foto: Sam Chui

Bandara Internasional Chengdu Tianfu hanyalah salah satu dari banyaknya bandara yang rencananya akan dibuka di Tiongkok pada tahun-tahun yang akan datang.

Tiongkok berencana akan memiliki 400 bandara yang akan beroperasi pada tahun 2035 berdasarkan perencanaan dari Transportation Network Planning Outline yang dibuat oleh pemerintah Tiongkok pada awal tahun 2021.

Adapun fasilitas yang paling terkenal dalam beberapa tahun terakhir berada di Bandara Internasional Daxing yang terbesar di Beijing. Dirancang oleh mendiang arsitek Zaha Hadid dan mitranya, bandara itu kini memiliki terminal yang seukuran dengan 97 lapangan sepak bola.

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button