News

Mau Kuliah Gratis di Rusia? Daftarkan Diri Anda Sekarang Juga

Jangan sampai terlambat untuk mendaftarkan diri ke dalam program beasiswa dari pemerintah Rusia, biar Anda bisa kuliah gratis di sana. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, periode pendaftaran tahun ini cukup singkat.

Secara resmi pemerintah Rusia membuka pendaftaran program kuliah berbeasiswa untuk para mahasiswa asing. Lewat laman Facebook, Pusat Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan Rusia (PKR) di Jakarta mengumumkan agar para pelajar yang berminat mendaftarkan diri di mana hanya dibuka selama satu bulan saja.

“Kami ingin memberi tahu Anda bahwa mulai 20 Januari hingga 20 Februari, pendaftaran beasiswa tahun 2021 akan dibuka. Harap dicatat bahwa periode pendaftaran tahun ini sangat singkat,” tulis PKR, sebagaimana dilansir dari laman Russia Beyond.

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, periode pendaftaran kali ini terbilang cukup singkat. Biasanya, masa-masa untuk mendaftarkan diri bisa berlangsung antara 1,5—2 bulan, namun, dalam kesempatan kali ini berbeda.

Dalam publikasi tersebut, PKR menegaskan bahwa pendaftaran tidak dapat dilakukan setelah batas waktu yang telah ditentukan berakhir. Bagi para pelajar Indonesia yang berminat kuliah di Rusia, bisa mengisi aplikasi pendaftarannya melalui situs education-in-russia.com atau edu.rs.gov.ru.

PKR menerangkan, pihaknya belum dapat memastikan apakah dalam pendaftaran tahun ini bakal ada prosedur yang berubah. Karena itu, mereka sejauh ini belum bisa mengeluarkan panduan pendaftaran.

Perlu diketahui, setiap tahun pemerintah Rusia membuka pendaftaran program kuliah berbeasiswa untuk para mahasiswa asing. Program-program beasiswanya dibuka untuk jenjang pendidikan S-1 (empat tahun), S-2 (dua tahun), dan Spesialis (lima tahun).

Masing-masing jenjang pendidikan tadi sebelumnya didahului dengan program bahasa Rusia di fakultas persiapan (podgotovitelny fakultet atau podfak) selama setahun (gratis sebagai bagian dari program beasiswa).

Garisbawahi ini, jumlah kuota yang diberikan untuk pelajar Indonesia selama beberapa tahun terakhir sebanyak 161 orang. Jumlah tersebut sudah mencakup jenjang pendidikan S-1, S-2, dan S-3.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button