NewsTechToys

Mau Buat Kuis Online Interaktif? Inilah Cara Membuat Kahoot yang Paling Mudah

Hobring.com – Belajar online kini telah menjadi sesuatu hal yang lumrah dalam dunia pendidikan. Demi menciptakan suasana belajar mengajar yang menyenangkan, maka diperlukan metode yang interaktif salah satunya adalah menggunakan aplikasi Kahoot. Tidak hanya mudah membuatnya, ternyata cara membuat Kahoot juga bisa terbilang cukup sederhana.

Aplikasi Kahoot merupakan sebuah platform pembelajaran dengan basis permainan seperti kuis yang biasa digunakan oleh guru dan murid. Hal ini adalah bagian dari perkembangan teknologi pendidikan di sekolah dan institusi pendidikan lainnya.

Para guru biasanya menggunakan Kahoot untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan para murid mereka dengan memberikan kuis pilihan ganda. Nantinya para murid pun akan mengakses kuis tersebut melalui penjelajah web atau aplikasi Kahoot yang tersedia.

Tak hanya diperuntukan bagi guru saja, permainan kuis Kahoot bisa dimain oleh siapapun bahkan bagi para orang tua yang ingin melatih pengetahuan buah hatinya. Cara membuat Kahoot yang mudah dan cenderung sederhana, dinilai bisa memberikan dampak positif bagi anak-anak.


Baca Juga:


Sebelum melakukan proses tahap cara membuat kuis dalam Kahoot, perlu diketahui bahwa Anda wajib membuat akun Kahoot dengan cara masuk melalui laman https://create.kahoot.it/.

Cara membuat Kahoot
Tampilan saat Anda Log In Akun Kahoot

Setelah berhasil, Anda bisa langsung membuat kuis Kahoot sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Nah, berikut ini adalah langkah-langkah untuk cara membuat Kahoot yang mudah dan sederahana:

1. Klik tombol Membuat atau Create di sudut kanan atas layar atau klik salah satu jenis aktivitas Kahoot untuk mulai membuat.

Cara membuat Kahoot

2. Untuk membuat kuis pilihan ganda, klik Ulangan atau Quiz.

Cara membuat kahoot

 

3. Pengaturan dalam Kuis Kahoot:
– Masukkan nama kuis, deskripsi tentang kuis tersebut, status privasi, preferensi bahasa, dan audiens.
– Anda dapat mengunggah gambar sampul Anda sendiri atau memilih gambar dari perpustaakaan gambar milik Kahoot! yang telah disediakan.
– Jika Anda ingin audiens Anda melihat video pengantar saat mereka menunggu Kahoot! untuk memulai, maka Anda dapat tambahkan tautan video YouTube di kotak ‘Video intro’.

4. Klik OK, Go dan kemudian Add Question atau Tambahkan Pertanyaan ketika layar Pertanyaan muncul.

Cara membuat kahoot

5. Pengaturan pertanyaan dalam Kuis Kahoot:
– Masukkan pertanyaan dan pilihan jawaban, di mana pertanyaan memiliki batas maksimal 120 karakter. Anda juga dapat mengupload pertanyaan melalui spreadsheet menggunakan template spreadsheet Kuis atau The Quiz spreadsheet template.
– Tunjukkan pilihan jawaban yang benar. Anda dapat memiliki dari 1 sampai semua jawaban yang benar.
– Sesuaikan batas waktu dan nyalakan atau matikan poin.
– Tambahkan gambar atau video YouTube ke pertanyaan sebagai prompt.
6. Pertanyaan dapat disusun ulang dengan menyeret ke lokasi yang diinginkan.
7. Setelah Anda selesai menambahkan semua pertanyaan, klik Simpan atau Save.
8. Klik Saya Selesai atau I’m Done.

Selanjutnya Anda dapat mengedit, memainkan, atau membagikan Kuis Kahoot kepada semua orang. Nah bagaimana? mudah sekali bukan bermain Kuis Kahoot? Tak hanya mudah, ternyata cara bermain Kahoot juga bisa dimainkan oleh siapa saja.

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button