FoodNews

Lezat! 8 Makanan Khas Indonesia yang Mendunia dengan Harga Fantastis

Hobring.com – Indonesia tak hanya terkenal karena keindahan alamnya saja, namun kaya akan kuliner khas dari setiap daerahnya. Nyatanya, ada banyak sekali makanan khas Indonesia yang mendunia, apa saja ya?

Indonesia memang memiliki aneka ragam kekayaan kuliner, termasuk rempah-rempah dan bumbu-bumbu masakan lainnya. Memiliki cita rasa yang khas, tak heran masyarakat Internasional pun menyukainya.

Uniknya, kebanyakan makanan khas Indonesia yang mendunia adalah menu masakan sederhana namun memiliki harga yang cukup fantastis di mancanegara.

Kira-kira makanan apa saja makanan khas Indonesia yang sudah mencapai pasar Internasional? Yuk, simak jawaban lengkapnya di bawah ini!

Baca Juga:

makanan khas indonesia yang mendunia

Rendang jadi makanan khas Indonesia yang mendunia

Rendang merupakan makanan khas Sumatera Barat yang paling populer tidak hanya di Indonesia tetapi juga di mancanegara. Rendang yang kaya akan rasa rempah lokal ini berada di posisi pertama dalam jajaran 50 makanan dunia terenak versi CNN yang diadakan di Jerman beberapa waktu lalu.

Rendang asli Indonesia ini tentu berbeda dengan rendang Malaysia. Rendang Indonesia khas Minang memiliki tampilan yang kehitaman dan kering.

Di tempat asalnya, rendang diolah dengan daging sapi, santan serta rempah-rempah khas Indonesia yang dimasak hingga 7 jam. Tak heran, rasanya yang khas dan dagingnya yang empuk menjadi faktor penting dari rendang itu sendiri.

tempe

Tempe

Salah satu makanan yang tidak asing bagi masyarakat Indonesia adalah Tempe. Makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini bisa disajikan dengan berbagai macam cara yang bervariatif ternyata juga sudah mendunia!

Konon tempe termasuk makanan yang cukup mewah di mancanegara. Selain itu, tempe juga termasuk sumber protein yang baik. Banyak kaum vegetarian yang sangat menyukai tempe dan mengonsumsinya sebagai pengganti daging.

Bahkan salah satu warga Inggis yang bernama Willia Mithell adalah salah satu pengusaha tempe yang cukup terkenal. Dia sudah jatuh cinta dengan tempe untuk pertama kalinya ke Indonesia pada tahun 1995 silam.

gado gado

Gado-gado

Jika biasanya salad sayur dipadukan dengan lumuran saus mayonaise, Indonesia juga tak kalah nikmat memiliki salad sayurnya sendiri yang biasa disebut gado-gado.

Hanya saja di Indonesia sayuran yang dibuat untuk gado-gado terdiri dari bayam, labu siam, kentang, tempe, tahu hingga telur. Makanan khas Jawa ini cukup terkenal di luar negeri, terutama di Napoli, Italia.

Hal ini dikarenakan gado-gado pernah diikutsertakan dalam kompetisi yang bersaing dengan hidangan dari negara-negara lainnya dan meraih juara pertama pada tahun 2010 lalu.

Bosan dengan salad sayur yang dipadukan dengan mayonaise, saatnya mencoba salad asal Indonesia yang dilumuri dengan bumbu kacang yang nikmat!

sate ayam

Sate ayam

Tak hanya bagi masyarakat Indonesa, sate ayam pun termasuk makanan khas yang mendunia. Rasanya yang lezat apalagi disantap dengan saus kacang dan lontong.

Faktanya, sate ayam sudah mendunia, salah satunya di New York, Amerika Serikat terdapat sebuah restoran bernama Satay Junction yang menyediakan sate ayam sebagai hidangan andalannya.

Belakangan, tidak hanya wisatawan asing yang mencari dan ingin mencoba sate, tetapi sejumlah restoran internasional juga telah memasukkan sate dalam menunya.

bakso

Bakso

Makanan khas Indonesia yang mendunia selanjutnya, ialah Bakso. Makanan kaki lima yang terbuat dari daging dan campuran tepung yang disiram dengan kuah gurih ini memang sangat mengguirkan.

Bahkan, Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama pernah bercerita tentang kedekatannya dengan Indonesia dan Jakarta.

Obama pun pernah mengatakan, “Ke mana pun saya pergi, orang-orang pasti seperti ini, ‘Wei, sate Obama. Bakso, tempe, nasi goreng, Pak’,” Obama.

soto ayam

Soto

Berkunjung ke Indonesia, rasanya kurang lengkap jika tidak menyantap hidangan soto. Soto dengan aneka ciri khas dari berbagai daerah Indonesia, mampu membuatnya mendunia sampai negeri Sakura Jepang.

Soto ayam memang memiliki kuah yang segar dan gurih yang dibuat dari rebusan ayam kampung dengan tambahan bumbu, seperti bawang putih, bawang merah, kemiri, kunyit, merica, serai hingga garam.

Makin enak dinikmati bersama dengan nasi atau lontong. Jangan lupa disantap dengan sambal, kucuran air jeruk nipis dan bawang goreng.

nasi goreng

Nasi goreng

Nasi goreng termasuk makanan khas Indonesia yang mendunia lho! Membuat nasi goreng memang sangat mudah.

Tetapi banyak orang bule penasaran dengan sajian yang satu ini karena berbeda dengan nasi goreng yang berasal dari Jepang ataupun negara lainnya.

Nasi goreng hanyalah makanan sederhana yang terbuat dari bahan dasar nasi. Nasi ini dimasak di atas wajan yang kemudian diberi tambahan bumbu rempah.

Bagi beberapa orang Indonesia, memasak nasi goreng banyak macamnya. Ada yang diberi tambahan telur, kecap, sosis, dan lain sebagainya.

Bakwan

Siapa sangka, bakwan termasuk jenis makanan Indonesia yang populer di mancanegara. Bakwan ini sudah sampai ke New York, Amerika Serikat. Bahkan, dalam sebuah festival kuliner, satu porsi bakwa dibandrol dengan harga Rp 70 ribu.

Harga ini melambung cukup tinggi meski dibuat dengan bahan-bahan sederhana, seperti jagung manis, wortel, daun bawang, dan rempah tambahan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button