NewsTraveling

Lewat Wisata Gelangprojo, Tumpeng Menoreh Milik Erix Soekamti Semakin Popular

Hobring.com – Gelangprojo atau Magelang, Kulon Progo dan Purworejo adalah sebuah zona kawasan wisata yang terletak di tiga kabupaten dan dua provinsi yang berbeda.

Keberadaan Gelangprojo tak lepas dari peran Erix Soekamti, seorang musisi tanah air yang telah lama bergabung dengan grup band musik asal Yogyakarta yaitu Endank Soekamti.

Upaya Erix Soekamti dalam memperkenalkan Gelangprojo ternyata mendapat respon yang positif serta antusiasme dari masyarakat baik yang berada di sekitaran wilayah Gelangprojo maupun di luar dari wilayah tersebut.

“Gelangprojo bikin zona secara mandiri artinya gerakan masyarakat tanpa bantuan pemerintah. Kita swadaya menggerakan semuanya bikin zona. Jadi biar tidak bertabrakan, tidak ada ego sentral (dan) semua bisa bersinergi dengan cara membuat zoning sesuai dengan potensinya,” kata Erix Soekamti kepada Helmy Yahya pada Rabu, (28/04) melalui laman YouTube Helmy Yahya Bicara.

Tumpeng Menoreh

Salah satu destinasi wisata dari Gelangprojo yang baru-baru ini menjadi sorotan bagi para pelancong untuk berburu sunrise adalah tempat wisata Tumpeng Menoreh.


Baca Juga:


Berada di kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, Tumpeng Menoreh dahulu merupakan bagian dari tempat wisata Gunung Kukusan yang jarang diketahui oleh banyak orang.

Kemudian Erix Soekamti bersama warga setempat menyulap tempat tersebut menjadi zona wisata dengan menyajikan pemandangan alam Kulon Progo dan sekitarnya dari ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut.

tumpeng menoreh
Foto: Instagram/erixsoekamti

“Ini kita namakan Tumpeng Menoreh karena di belakang itu ada ikonnya seperti piramid,” ujar Erix Soekamti.

Pemilihan kata Tumpeng tak lepas dari sebuah bukit yang berbentuk piramida. Alasannya lebih memilih nama tumpeng daripada nama piramid karena menurut Erix tumpeng memiliki makna bersyukur atau syukuran.

Sementara Menoreh diambil dari nama lokasi yang berada di kawasan Bukit Menoreh. Sehingga, lokasi tersebut dinamakan Tumpeng Menoreh.

Adapun tujuan dibangunnya Tumpeng Menoreh oleh Erix Soekamti bersama murid-murid dari DOES University sekaligus warga Gelangprojo adalah untuk membangun swadaya masyarakat lokal agar dapat hidup mandiri secara perekonomian.

Rute Menuju Tumpeng Menoreh

Bagi para pelancong yang ingin menuju Tumpeng Menoreh ada beberapa alternatif jalan dengan kendaraan pribadi.  Salah satunya dari Tugu Pal Putih Kota Yogyakarta, pelancong bisa lewat Jalan Godean dan menuju ke arah barat Kulon Progo dengan jarak sekitar 33 km dan waktu tempuh sekitar 1 jam menggunakan mobil.

Sementara dari arah Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), pelancong bisa menggunakan kendaraan mobil ke arah utara sekitar 42 km dengan waktu tempuh 1-1,5 jam untuk sampai ke tempat wisata Tumpeng Menoreh.

tumpeng menoreh
Foto: Instagram/erixsoekamti

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk, Tumpeh Menoreh mematok harga Rp 50.000 per orang dan sudah termasuk voucher makan dan minum sebesar Rp 25.000.

Sementara untuk pengunjung yang memiliki kendaraan pribadi akan dikenakan biaya parkir Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

tumpeng menoreh
Foto: Instagram/erixsoekamti

Fasilitas Tumpeng Menoreh

Adapun fasilitas yang sudah dapat dinikmati bagi para pengunjung di antaranya tempat parkir, mushola, toilet, smoking area, warung makan, stop kontak dan jajanan kuliner lainnya.

Tak hanya menikmati matahari terbenam, para pelancong juga dapat menikmati matahari terbit atau sunrise karena Tumpeng Menoreh dibuka selama 24 jam mulai dari hari Senin-Minggu.

Selain membangun tempat wisata Tumpeng Menoreh, Erix Soekamti juga mendirikan DOES University sebuah sekolah non formal gratis yang memberikan pelatihan animasi, compositor dan 3D modeller.

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button