NewsOlahraga

Latihan Untuk Membangun Otot Tanpa Harus Menggunakan Beban

Hobring.com – Membentuk massa otot biasanya dilakukan dengan melakukan latihan angkat beban yang berat. Namun ternyata, ada cara lain untuk membangun otot tanpa harus menggunakan beban. Selain praktis, tentu saja latihan ini bisa dilakukan di mana saja. 

Dikutip dari laman Pinkvilla, menurut Pendiri PMFTraining sekaligus pelatih kebugaran, Mukul Nagpaul mengatakan bahwa beban tubuh bisa dioptimalkan dengan baik dan mengubahnya menjadi massa otot.

Alasannya karena tubuh kita mengikuti prinsip overload untuk mendapatkan otot dan itu bisa dilakukan tanpa beban. Selain itu juga, karena tubuh kita tidak tahu apa jadinya jika mengangkat 10 kg atau 15 kg yang menjadikannya beban dalam mengolah otot.

Berikut ini, Hobring.com akan rekomendasikan latihan sederhana dan mudah yang dapat membangun otot tanpa harus menggunakan beban yang berat. Yuk simak ulasannya.

1. Squat

Cara untuk membangun otot tanpa beban yang paling mudah dilakukan dan berdampak besar adalah dengan melakukan squat secara rutin.

Untuk memulai squat, Anda bisa menggunakan kursi dan berdiri tegak dengan kaki terbuka selebar bahu dan lengan di belakang leher.


Baca Juga:


Kemudian, duduk kembali di kursi lalu dorong tumit untuk berdiri lagi. Lakukan secara bertahap dengan kontrol melepaskan kursi dan lakukan variasi yang lebih menantang untuk membangun otot.

Tak hanya mendapatkan otot yang kuat, Anda bisa juga mengubah lemak dalam tubuh dan membakar kalorinya.

2. Lunges

Lunges adalah latihan yang bagus untuk membangun otot di dalam tubuh bagian bawah bersama dengan melakukan latihan Squat.

Untuk lunges sendiri, Anda bisa mulai dengan berdiri tegak lalu melangkah maju dengan satu kaki dan melakukannya secara bergantian dengan kaki Anda lainnya.

Lakukan hingga mencapai mencapai sudut 90 derajat. Di mana lutut belakang Anda harus tetap sejajar dengan lantai dan lutut depan Anda tidak boleh melebihi jari-jari kaki Anda.

3. Trisep Dips

Cara membangun otot tanpa harus menggunakan beban berikutnya adalah dengan melakukan trisep dips.

Latihan yang satu ini sangat bagus untuk membangun trisep Anda. Lakukanlah di atas meja, di mana hal ini adalah cara termudah untuk memulainya.

Anda juga berdiri di dekat kursi menghadap ke depan seperti sedang ingin duduk. Lalu letakkan telapak tangan Anda di kursi dan jatuhkan tubuh Anda serendah mungkin dan kemudian dorong tubuh Anda ke atas.

Dengan lebih banyak pengalaman dan kekuatan dalam otot, maka Anda dapat meningkatkan level kesulitan dengan menjauhkan kaki Anda dari tubuh dan bahkan bisa mengistirahatkannya di bangku. Menarik, bukan?

4. Push Up

Olahraga push up adalah latihan paling mudah dan sederhana untuk membangun otot tanpa harus menggunakan beban yang berat.

Anda hanya perlu membutuhkan lantai yang tidak licin. Bisa menggunakan matras yang nyaman ataupun tidak sesuai dengan selera Anda.

Kemudian, lakukan dengan benar agar otot Anda terbentuk dengan baik. Caranya dengan mendorong tubuh ke arah atas bersamaan dengan luruskan lengan dan kembali lagi ke posisi awal.

Jika dilaksanakan secara rutin, ternyata bisa berdampak baik bukan hanya membangun otot tanpa harus menggunakan beban tetapi juga membakar kalori jahat dalam tubuh Anda.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button