NewsHiburan

Larangan Mudik Lebaran 2021, Inilah Wilayah yang Diperbolehkan Mudik Lokal!

Hobring.com – Mudik lebaran adalah ritual tahunan yang umumnya dilakukan oleh para perantau untuk kembali ke kampung halaman demi merayakan hari raya dengan penuh suka cita.

Namun, semenjak pandemi Covid 19 melanda wilayah Indonesia seluruh kegiatan menjadi serba terbatas termasuk adanya pelarangan mudik lebaran tahun 2021.

Dalam upaya pengendalian dari penyebaran Covid 19, maka Satgas Penanganan Covid 19 mengeluarkan Surat Edaran No 13 Tahun 2021 yang berisi tentang pengetatan bagi Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN). Hal itu tentu saja berlaku bagi para pemudik yang hendak pulang ke kota asalnya masing-masing.

Peniadaan mudik sendiri telah disampaikan oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. dalam laman instagram @poldametrojaya bahwa pemberlakuan aturan tersebut akan dilaksanakan secara ketat pada tanggl 6-17 Mei 2021.

“Pemerintah sepakat melakukan peniadaan mudik dalam rangka Idulfitri 1442 H/2021 pada 6-17 Mei 2021, sebagaimana tertuang dalam SE Satgas Covid 19. Terbitanya SE terebut untuk mewaspadai lonjakan kasus Covid 19 seperti di India akibat mobilitas masyarakat yang tidak taat protokol kesehatan,” ujar Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melalui laman instagram @poldametrojaya.


Baca Juga:


Hal serupa juga disampaikan oleh Doni Monardo selaku Ketua Satgas Penanganan Covid 19 yang mengimbau para pemudik agar bersabar dan jangan pulang ke kampung halaman karena mengingat angka Covid 19 yang masih sangat tinggi.

“Mohon bersabar, jangan pulang kampung dulu. Kerinduan terhadap keluarga bisa menimbulkan hal yang tragis,” tutur Ketua Satgas Penanganan Covid 19, Doni Monardo melalui instagram @poldametrojaya.

Kendati demikian, ternyata masih ada beberapa wilayah di Indonesia yang memperbolehkan untuk melaksanakan mudik lokal pada tanggal 6-17 Mei 2021.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Polda Metro Jaya (@poldametrojaya)

Adapun wilayah tersebut merupakan wilayah aglomerasi yakni beberapa kabupaten atau kota yang saling berdekatan satu sama lainnya. Berikut ini daftar 8 wilayah aglomerasi yang diperbolehkan untuk mudik lebaran 2021.

1.Wilayah Sumatera Utara:
-Medan
-Binjai
-Deli Serdang
-Karo

2.Wilayah Jabodetabek:
-Jakarta
-Bogor
-Depok
-Tangerang
-Bekasi

3.Wilayah Jawa Barat:
-Kota Bandung
-Kabupaten Bandung
-Kota Cimahi
-Kabupaten Bandung Barat

4.Wilayah Jawa Tengah (Bagian 1):
-Semarang
-Kendal
-Ungaran
-Purwodadi

5.Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta:
-Kota Yogyakarta
-Sleman
-Bantul
-Kulon Progo
-Gunung Kidul

6.Wilayah Jawa Tengah (Bagian 2):
-Kota Solo
-Sukoharjo
-Klaten
-Boyolali
-Wonogiri
-Karanganyar
-Sragen

7.Wilayah Jawa Timur:
-Gresik
-Bangkalan
-Mojokerto
-Surabaya
-Sidoarjo
-Lamongan

8.Wilayah Sulawesi:
-Makassar
-Sungguminasa
-Takalar
-Maros

Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk melaksanakan mudik lebaran 2021 nanti. Pastikan Anda mengetahui apakah daerah tujuan Anda termasuk wilayah aglomerasi atau tidak. Mari bersama-sama menjaga protokol kesehatan untuk keluarga tercinta.

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button