Life Style

Kumis Kucing Tidak Boleh Dipotong, Ini Faktanya!

Kucing tampaknya sedang gemar dipelihara oleh masyarakat belakangan ini. Selain karena tingkahnya kerap kali menggemaskan, wajahnya yang ditumbuhi dengan kumis pun membuatnya semakin lucu.

Tapi tahukah kamu, kumis kucing ternyata memiliki peran mendalam untuk dirinya sendiri, selain untuk menjadi radar, kumis kucing pun digunakan agar dapat merasakan lingkungan sekitar. Maka dari itu kumis kucing sejatinya tidak boleh dipotong.

Bagaimana tidak, setiap kumis terdapat saraf kecil yang super sensitive untuk dapat menilai ruang serta jarak.

Bagian itu membuat kucing dapat mengambil keputusan seperti, seberapa jauh harus melompat untuk mencapai suatu tempat, apakah lubang yang dimasuki terlalu kecil, dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, dengan kumisnya, kucing dapat mendeteksi lingkungan sekitar dan benda-benda. Bahkan faktanya, kucing buta sekalipun dapat mengetahui keadaan di ruangan yang ia masuki.

Maka dari itu, kumis memiliki peran penting untung kucing. Kumis kucing sendiri memiliki beberapa bagian dan perannya masing-masing. Berikut fakta-fakta seputar kumis kucing:

1.  Sensitif

Tidak seperti rambut yang terdapat pada manusia, kumis kucing langsung terhubung ke saraf sehingga menjadi sangat sensitif.

Ujung kumis dilengkapi dengan organ sensorik yang disebut proprioseptor. Ini membantu kucing untuk menentukan bahan tekstur permukaan benda, arah, dan jarak.

2.  Dapat stress

Perlu diketahui kumis kucing juga dapat mengalami stress. Hal ini terjadi ketika kucing menggunakan wadah makanan atau minuman yang sempit.

3.  Lebih tebal dari bulu

Vibrissae atau bulu taktil, biasanya kumis kucing memiliki dua sampai tiga kali ketebalan dari bulunya.

4.  Sesuai ukuran kucing

Ukuran kumis kucing biasanya akan menyesuaikan lebar tubuhnya karena digunakan untuk mengukur luas suatu ruangan.

Dengan begitu kucing bisa tahu apakah dapat masuk ke ruang tertentu atau tidak. Sudah menjadi rahasia umum semakin gemuk kucing, semakin lebar kumisnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button