NewsOtomotif

Krisis Chip Pengaruhi Pasokan Mobil Dunia

Hobring.com – Baru-baru ini kabar mengejutkan datang dari dunia automotive mengenai berkurangnya chip semikonduktor yang memiliki peran penting dan dibutuhkan dalam sistem kendaraan listrik.

Dilansir dari Car and Driver, Automotive News telah melakukan survei penelitian pada bulan lalu dan menemukan bahwa mereka yang bergerak dalam industri otomotif menganggap hal ini sebagai masalah yang besar.

Selain itu, survei tersebut juga menjelaskan ada 53 persen responden memilih untuk mengambil chip dari luar Amerika Serikat. Sedangkan 55 persen mencari sumber chip alternatif di luar negeri.

Perubahan ini menyebabkan produski mobil terhenti sementara dan terjadinya peralihan ke model kendaraan lain yang banyak diminati atau yang membutuhkan lebih sedikit chip.

Sebuah masalah besar yang menjadi sorotan dari kekurangan chip ini bagi para pelaku industri otomotif adalah kerugian sebesar $ 110 miliar yang ditandai dengan hilangnya pendapatan.


Baca Juga:


Peran chip sebagai suatu komponen pendukung yang digunakan mobil, komputer dan produk lainnya mengalami permintaan yang meningkat di seluruh dunia di tengah pandemi Covid 19.

Namun persoalan lain datang seperti perencaan yang tidak memadai untuk memasok chip dalam jangak waktu yang panjang.

Dalam sebuah kendaraan baru setidaknya dibutuhkan sekitar 100 chip semikonduktor. Chip ini digunakan dan dibutuhkan dalam berbagai komponen mulai dari layar sentuh atau touch screen sampai transmisi lainnya seperti yang dilansir dari New York Times.

“Banyak produsen mobil (38%) menghentikan sementara manufaktur. Sepertiga lainnya (32%) telah mengalihkan produksi ke kendaraan atau komponen yang tidak terpengaruh oleh kekurangan chip. Sementara setengahnya (46%) telah memprioritaskan pembuatan produk dengan permintaan tinggi,” dikutip berdasarkan laporan dari Car and Driver (24/05)

Adapun beberapa perusahaan mobil yang mulai membatasi produksi mobil atau menghentikan sementara akibat kekurangan chip adalah Mercedes-Benz C-class, Volkswagen, Hyundai, Mitsubishi, Nissan, dan lainnya.

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button