NewsOlahraga

Korsel Kembali Taklukan Indonesia dengan Skor 104-81

Hobring.com – Indonesia harus berbesar hati dan kembali menelan kekecewaan setelah mengalami kekalahan saat melawan Korea Selatan pada laga Kualifikasi Piala Asia FIBA 2021 Windows 3 yang diselenggarakan pada Kamis (17/06) di di Angeles City Foundation Gym, Filipina.

Pada Quarter 1, Indonesia menurunkan lima pemain andalannya yakni Abraham Damar Grahita, Andakara Prastawa Dhyaksa, Kevin Yonas Argadiba Sitorus, Agassi Yeshe Goantara dan Lester Prosper.

Sementara Korea Selatan menurunkan pemain andalannya yaitu Hyunjung Lee, Seonggon Moon, Guna RA, Seounghyun Lee dan Daesung Lee.

Pada laga pembuka jump ball, Indonesia berhasil mengawali dan merebut bola pertama sebagai penyerang atau offense.

Saat Lester Prosper berusaha mencetak angka di menit awal Q1, ia kehilangan kendali dan Seounghyun Lee dari Korsel berhasil melakukan rebound sebagai defensive.


Baca Juga: 


Tak ingin kehilangan peluang, Seounghyun Lee berhasil mencetak 2 point pertama di menit-menit awal untuk menungguli Timnas Basket Korsel di Quarter 1.

Beberapa kali Timnas Indonesia berusaha mencetak seperti Argadiba dan Prosper. Tapi sayangnya bola terus meleset yang menyebabkan berhasil direbut lawan dan berpindah tangan.

Saat Korea Selatan telah mendapatkan 12 point pada Q1, Abraham Damar Grahita mengawali three pointnya dan berhasil mencetak 3 angka pada 7 menit terakhir sebelum Q1 berakhir.

Jalannya pertandingan antara kedua negara semakin sengit. Timnas Basket Korea Selatan masih unggul daripada Indonesia.

Pada 5 menit terakhir, Argadiba memberikan point tambahan yakni 2 point. Disusul 3 point dari Hardianus Lakudu dan 4 point free throws dari Lakudu.

Kualifikasi Piala Asia FIBA Asia 2021
Foto: FIBA

Total skor sementara pada Q1 dalam laga pertandingan antara Indonesia – Korea Selatan adalah 27-12. Indonesia masih tampak jauh dan tertinggal.

Pada Quarter 2, Vincent Rivaldi Kosasih dari Indonesia berhasil menambah 2 point yang membuat timnas kembali semangat untuk bangkit.

Arki Dikania Wisnu tak mau tinggal diam, ia ikut menyumbang angka dengan layup dan menjadikan Indonesia memperoleh skor 27-16 untuk sementara.

Timnas Korea Selatan nyatanya tinggal diam. Yungi Ha berhasil menambah 2 point untuk timnya. Vincent Rivaldi berusaha menyusul dan menambah dua point dengan free throw.

Penutup pada Q2, Hardianus Lakudu berhasil mencetak 3 point dan itu artinya menambah angka untuk Indonesia.


Baca Juga:


Tapi sayangnya, sepertinya Indonesia harus lebih giat lagi mencetak angka sebab Korea Selatan masih lebih unggul dengan perolehan skor sementara 52-35 di Q2.

Pertandingan Indonesia melawan Korea Selatan nampaknya semakin alot. Pemain naturalisasi Lester Prosper berhasil menambah 2 point pada menit-menit awal pertandingan di Quarter 3.

Grahita melihat peluang Indonesia untuk mencetak angka, ia pun menyumbangkan 2 point selanjutnya. Sepertinya Agassi Yeshe Goantara tak mau kalah, ia juga berhasil menambahnya menjadi 52-42 pada Q3.

Pada menit-menit terakhir di Q3, Lester Prosper menutupnya 2 kali tembakan free throw yang meleset dari ring.

Alhasil Indonesia harus menelan angka yang cukup jauh dari Korea Selatan yakni 77-58.

Perbedaan 20 point lebih antara Indonesia dan Korea Selatan membuat timnas tanah air harus lebih giat lagi untuk mengejar ketertinggalan.

Kualifikasi Piala Asia FIBA Asia 2021
Foto: FIBA

Pada menit pembuka di Quarter 4, Daesung Lee dari Korea Selatan gagal menambah 3 point untuk negaranya.

Hal itu justru berbanding terbalik dengan Indonesia. Widyanta Putra Teja berhasil menambah 2 point melalui layupnya. Kemudian disusul assist oleh Arki Dikania Wisnu.

Pertandingan Kualifikasi Piala Asia FIBA 2021 Windows 3 semakin tidak terkendali saat dua menit terakhir Korea Selatan kembali menembus angka 100 dan membuat Indonesia jauh tertinggal.

Sampai berakhirnya laga pertandingan, Indonesia semakin kesulitan untuk mengejar ketertinggalan dan menyusul Korea Selatan.

Maka dengan demikian perolehan skor dari Kualifikasi Piala Asia FIBA 2021 Windows 3 antara Korea Selatan melawan Indonesia secara resmi dimenangkan oleh Korsel dengan skor 104-81.


Baca Juga:


Dalam jumpa pers pada Kamis (17/06) ketika Abraham Grahita menyampaikan tanggapan mengenai pertandingan kali ini. Ia menyadari bahwa hasil yang diperoleh pada laga pertandingan yang telah berlangsung tidaklah memuaskan.

Sementara Rajko Toroman selaku pelatih Timnas Basket Indonesia mengaku bahwa ada beberapa permasalahan yang dihadapi oleh timnya terutama dalam menghadapi pertandingan.

Ia bahkan mengakui bahwa pada awal-awal pertandingan terutama di Quarter 1 dan 2, timnya bermain dengan sangat buruk.

Tapi timnas terus berusaha semaksimal mungkin untuk mengejar ketertinggalan.

Rajko Toroman menyayangkan Brandon Jawato tidak dapat hadir dalam laga pertandingan tersebut. Ia pikir mungkin itu salah satu penyebab kenapa timnya mengalami kekalahan.

Meskipun pertandingan Indonesia melawan Korea Selatan telah usai. Namun Indonesia masih akan menghadapi dua laga pertandingan lagi.

Pada Jumat 18 Juni 2021, Indonesia akan menghadapi Filipina pada pukul 17.00 WIB. Selain itu pada Minggu 20 Juni, Indonesia akan bertemu dengan Thailand pada pukul 10.30 WIB.

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button