NewsTraveling

Korea Selatan Buka Travel Bubble, Apakah Indonesia Termasuk?

Hobring.com – Korea Selatan kembali membuka perbatasannya untuk para turis mancanegara yang telah melakukan vaksinasi di negaranya. Hal ini tujukan oleh negara-negara yang memiliki tingkat pandemi rendah atau mereda.

Adapun beberapa negara yang diperbolehkan untuk melakukan perjalanan dalam konsep travel bubble adalah Singapura, Taiwan, Thailand, Saipan dan Guam.

Meskipun membuka perjalanan bagi turis mancanegara tapi tidak berlaku untuk Indonesia. Sampai saat ini, Indonesia masih belum mendapatkan izin dari pemerintah Korea Selatan untuk melakukan perjalanan antar negara.

Kementerian Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi bersama Kementerian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata Korea Selatan mengumumkan terkait rencana travel bubble bebas karantina seperti yang dilansir dalam laman Korea JoongAng Daily.

“Ini adalah langkah pertama menuju pemulihan pertukaran internasional dan pariwisata,” pernyataan dalam konferensi pers pada Rabu (09/06).

Daftar izin negara yang tergabung dalam travel bubble masih dapat berubah. Hal itu tergantung dari situasi tiap-tiap negara.


Baca Juga:


Jika negara yang semula mengalami penurunan dan tiba-tiba didapati meningkat dalam jumlah kasus Covid 19. Maka pemerintah Korea Selatan berhak membatalkannya.

Menurut Yoon Tae-ho, seorang pejabat senior dari Departemen Kesehatan Korea Selatan mengatakan bahwa sistem travel bubble memungkinkan seseorang untuk melakukan kunjungan sesuai dengan tujuan perjalanan.

Pemerintah setempat akan membatasi tiap individu dalam suatu kelompok. Mereka tidak diperbolehkan menemui keluarga atau kenalan yang menetap di Korea Selatan.

Sehingga, bagi mereka yang berpergian bersama kelompoknya hanya diperbolehkan untuk bersama dengan kelompok.

Mereka dilarang bertemu warga sipil lainnya dan orang lain selain kelompok mereka sendiri.

“Kami berencana membatasi tur grup untuk bepergian pada rute yang ditentukan dan tidak akan mengizinkan mereka mengunjungi tempat lain untuk tujuan lain seperti untuk saat ini,” kata Yoon.

Kebijakan Travel Bubble Korea Selatan Untuk Wisatawan

korea tourism
Foto: Daily Travel Pill

Para wisatawan yang sudah berada di masing-masing negara keberangkatan diwajibkan untuk tidak berpergian keluar negeri minimal 14 hari sebelum perjalanan dimulai.

Selain itu, wisatawan juga wajib dites Covid 19 dan menujukkan hasil negatif dalam kurun waktu 3 hari sebelum berpergian.

Tak hanya itu saja, otoritas kesehetan memerlukan dokumen yang menyatakan bahwa wisatawan telah divaksin sepenuhnya.

Setibanya di Korea Selatan, wisatawan akan kembali melakukan tes Covid 19 dan otoritas kesehatan setempat akan memeriksa bukti hasil vaksinasi di negara asal.

Bagi mereka yang dites Covid 19 dan hasilnya negatif maka mereka dibebaskan dari karantina mandiri dan diperbolehkan untuk melakukan kegiatan liburan mereka.

Sebaliknya jika dinyatakan positif, otoritas kesehatan akan segera menindaklanjuti.

Kebijakan Travel Bubble Korea Selatan Untuk Agen Perjalanan

korea tourism
Foto: Hand Luggage Only

Bagi para pelaku agen perjalanan, nantinya penerbangan langsung dengan maskapai domestik akan dibatasi. Bandara-bandara di Korea Selatan akan membatasi rombongan dalam jumlah tertentu.

Agen perjalanan juga tidak boleh memiliki riwayat pelanggaran administrasi selama kurun waktu 2 tahun sebelum berlakunya paket perjalanan.

Tak hanya itu saja, agen perjalanan juga wajib menunjuk seorang pengelola untuk bertanggung jawab atas langkah-langkah keamanan Covid 19 yang diterapkan oleh pemerintah Korea Selatan.

Berdasarkan data dari Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA) pada hari Rabu (09/06) kemarin, Korea Selatan melaporkan adanya 602 kasus baru Covid 19 termasuk 581 infeksi lokal. Sehingga totalnya menjadi 145.692 dan total kematian menjadi 1.977 orang.

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button