FoodNews

Kopi Brasil Ini Miliki Harga Mulai Belasan Hingga Puluhan Juta Rupiah

Hobring.comBrasil menjadi sorotan dunia karena miliki kopi yang mahal. Pasalnya terdapat salah satu jenis kopi Brasil yang dibanderol puluhan juta.

Dilansir Odditycentral, kopi tersebut diklaim menjadi salah satu yang termahal di dunia. Bahan dasar kopi tersebut pun dibuat dari sisa kotoran burung jacu yang memang memakan biji kopi.

Semua berawal sekitar awal tahun 2000-an pada sebuah perkebunan kopi Camocim Estate di Brasil yang memiliki luas sekitar 50 hektar dan terdapat banyak buruk jacu di lahan tersebut.

Burung jacu sendiri merupakan spesies langka dan dilindungi oleh pemerintah negeri samba itu. Dahulu belum diketahui bahwa burung langka ini memakan biji kopi, namun mereka memakan kopi yang terdapat di ladang milik Henrique Sloper de Araujo itu.

Baca juga:

Melihat kopi yang ditanam di ladangnya dimakan oleh unggas tersebut sebenarnya membuat Henrique merasa putus asa dan ingin mengusir burung-burung jacu yang terdapat di ladang miliknya.

Tak tanggung-tanggung Henrique bahkan sempat menghubungi polisi lingkungan berkat ulah burung jacu, namun karena status hewan yang memiliki jengger merah tersebut dilindungi hukum membuat polisi lingkungan tidak bisa berbuat banyak.

Namun kerugian yang dialami Henrique menjadi sebuah pembayaran yang lebih dari yang diharapkan kala ia mengingat kopi luwak asal Indonesia. Sudah menjadi rahasia umum bila kopi luwak juga menjadi salah satu kopi termahal di dunia.

Kopi luwak sendiri dibanderol mulai Rp 100.000 hingga Rp 300.000 untuk secangkir kopi, sedangkan untuk harga kemasan bubuk hingga per biji kopi luwak memiliki harga mulai Rp 1 juta ke atas.

Kopi yang terbuat dari kotoran musang itu membuat Henrique berfikir untuk memanfaatkan kotoran burung jacu menjadi sebuah kopi seperti kopi luwak.

“Saya menyadari hal tersebut (kopi luwak) dan dapat mencobanya pada Camocim serta burung jacu. Namun tantangan yang paling besar adalah saat dimana saya harus meyakinkan para petani kopi untuk merelakan biji kopi mereka menjadi tahi burung (jacu) ini,” ucap Henrique pada Modern Farmer.

Namun hal yang mengejutkan bagi Henrique adalah pada saat dia mengetahui bahwa burung jacu hanya memakan biji kopi yang berkualitas saja yang terdapat di kebunnya.

“Mengejutkan rasanya saat saya melihat burung (jacu) ini hanya memakan biji kopi yang matang, burung ini akan meninggalkan biji kopi yang setengah matang bahkan yang belum matang,” tambahnya.

Kopi Brasil Ini Miliki Harga Mulai Belasan Hingga Puluhan Juta Rupiah
Sumber: jacucoffee.co.uk

Apa yang membuat kopi Brasil mahal?

Selain karena burung jacu hanya mengkonsumsi biji kopi yang sudah matang, faktor lainnya yang membuat kopi burung jacu mahal adalah karena prosesnya.

Pasalnya para petani kopi harus mengeluarkan biji kopi dari kotoran burung jacu dan langsung dengan tangan, mengupasnya dari selaput, dan mencucinya.

kalian yang ingin mencicipi kopi burung jacu, Henrique selaku pemilik ladang kopi tersebut membanderol untuk per kilogram dengan harga Rp 14 juta atau sekitar 1.000 dolar.

Pencernaan yang cepat milik burung jacu juga membuat kopi tidak larut oleh protein hwan sehingga rasa yang dihasilkan memiliki keunikan sendiri seperti kacang dengan rasa manis dari adas.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button