NewsLifestyle

Khasiat Kopi Untuk Tanaman Hias Indoor

Jenis tanaman hias indoor

Hobring.com – Menghias interior rumah dengan tanaman hias indoor adalah salah satu alternatif pilihan yang bisa Anda lakukan untuk membuat suasana rumah menjadi lebih sehat dan alami.

Tak hanya menyehatkan untuk sirkulasi udara dalam rumah tetapi juga membuat interior rumah Anda menjadi tampak menarik dan estetika.

Meski demikian, perlu Anda ketahui bahwa ada ancaman lain yang dapat membuat tanaman hias indoor menjadi tidak tumbuh subur dengan baik.

Adapun beberapa persoalan yang umumnya ditemukan pada tanaman hias di dalam ruangan adalah daun yang menguning, dihinggapi hama dan penyakit musiman sampai layu dan mati. Padahal Anda telah berusaha semaksimal mungkin untuk merawatnya dengan baik.

Jika sudah terjadi, lalu apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya?

Indoor Home Garden mengatakan bahwa salah satu cara untuk menjawab permasalahan tersebut dengan cara melakukan perawatan menggunakan sebuah kopi. Mungkin saat ini, Anda sedang bertanya-tanya mengapa harus kopi?

1.Kopi Kaya Nutrisi

Kopi yang telah diseduh mengandung sumber nitrogen dan nutrisi lain yang bermanfaat untuk membantu tanaman hias indoor agar tumbuh dengan subur. Selain itu juga, kopi memiliki kandungan magnesium yang baik untuk memberi warna hijau segar pada daun tanaman Anda.


Baca Juga:


Menurut Indoor Home Garden, magnesium dibutuhkan klorofil untuk dapat membantu daun berfotosintesis. Jika kopi yang telah diseduh digunakan sebagai air siraman dan pupuk, maka hal itu bisa mencegah tanaman hias indoor menjadi cepat layu dan mati.

Selain magnesium dan nitrogen, kopi yang telah diseduh juga memiliki kalium yang tidak hanya membantu tanaman hias indoor tumbuh dengan cepat. Namun juga dapat melawan hama dan penyakit yang umumnya dihadapi oleh tanaman hias indoor.

Oleh karena itu, kopi tanpa krim, perasa maupun gula adalah nutrisi untuk tanaman hias indoor yang tepat karena memiliki zat aditif yang baik untuk tanaman Anda.

Tanaman hias indoor
Foto: Azerbaijan Stock

2.Waktu Terbaik Untuk Menyiram

Jika biasanya kita setiap hari menyiram tanaman hias indoor dengan air pada umumnya. Lain cerita jika menyiramnya dengan kopi yang telah diseduh. Anda harus membatasi jumlah takaran dalam penyiramannya sekitar seminggu sekali.

Alasannya karena kopi yang sudah diseduh mengandung tingkat asam yang cukup tinggi. Jika Anda sengaja melakukannya, maka dampak yang terjadi adalah pertumbuhan tanaman hias indoor akan melambat dan daun mulai menguning.

Oleh karenanya, jika tanaman hias Anda perlu disiram setiap hari dengan air, maka penggunaan air kopi bisa diaplikasikan seminggu sekali.

Apabila tanaman hias indoor Anda tidak membutuhkan banyak siraman air, maka penggunaan kopinya juga bisa lebih lama.

Tamanan hias indoor
Foto: Freepik

Jika suatu hari, tanaman hias indoor Anda mulai memberikan tanda-tanda kurang sehat, itu artinya Anda harus mulai menguranginya atau bahkan berhenti menyiraminya dengan air kopi.

Cara mensiasati untuk membantu mengurangi asam pada tanah, Anda bisa menambahkan air perasan jeruk nipis ke pot tanaman. Tujuannya adalah memperbaiki pH tanah yang terlalu asam akibat air kopi.

Namun jika hal itu tidak berfungsi dengan baik dan tanaman hias indoor Anda tetap tidak tumbuh dengan baik. Ada baiknya Anda menggantikannya tanahnya dengan tanah yang baru.

Meskipun ada tanaman hias indoor yang tidak mampu menghadapi air dan ampas kopi yang terlalu banyak. Akan tetapi ada beberapa tanaman yang justru tetap tumbuh dengan baik dalam kondisi tanah yang lebih asam.

Adapun tanaman hias indoor yang dapat berkembang dalam tanah yang cenderung asam adalah:

-Abutilon
-Violet Afrika
-Lidah Buaya
-Amarilis
-Azalea
-Begonia
-Pakis
-Gardenia

Sementara beberapa tanaman hias indoor yang tidak dapat bekerja dengan baik pada tanah yang terlalu banyak mengandung air kopi adalah:

-Bee balm
-Canna
-Crocus
-Hibiscus

Pastikan takaran air kopi yang Anda siram pada tanaman hias indoor Anda sesuai dan tepat. Air kopi memang dibutuhkan untuk tanaman Anda. Namun jika terlalu banyak air kopi membuat tanaman hias tidak tumbuh dengan sehat.

3.Manfaat Bubuk Kopi

Sama seperti air kopi, bubuk kopi yang tidak diseduh memiliki kandungan nitrogen yang baik untuk pertumbuhan tanaman hias indoor milik Anda.

Kopi yang telah diseduh memiliki tingkat keasaman yang cenderung tinggi. Sementara bubuk kopi tanpa seduh memiliki pH netral atau kandungan asam yang terbilang rendah.

Tamanan hias indoor
Foto: lesterman

Apakah bubuk kopi diperbolehkan jika dicampur dengan siraman air kopi yang telah diseduh? Jawabannya adalah boleh.

Alasannya karena bubuk kopi memiliki kandungan asam yang cenderung netral. Sehingga tidak masalah untuk mencampurnya ke dalam tanah tanaman setelah Anda menyiram tumbuhan hias Anda dengan kopi.

Perlu Anda ketahui bahwa pH pada bubuk kopi berada dikisaran angka 6,5-6,8 yang membuatnya sedikit memiliki basa atau asam. Sementara tanaman lebih menyukai pH antara 5,8-7 dan kopi yang telah diseduh memiliki pH 5,2-6,9.

Dalam membaca skala pH, kategori netral berada dikisaran angka 6-9. Jika angka pH 5,8 menunjukkan tingkat asam tertinggi yang disukai oleh tanaman. Maka, semakin angkanya mengecil, maka tingkat keasamannya justru semakin tinggi.

Sementara jika angkanya membesar seperti angka 7, itu artinya tanaman hias indoor menyukai tingkat keasaman yang netral seperti yang dimiliki oleh bubuk kopi. Dan asam akan lebih banyak muncul dalam kopi yang telah diseduh karena asam yang dimiliki ampas kopi larut bersamaan dengan air yang tercampur.

Sehingga, menyiram tanaman hias indoor Anda dengan air dan menambahkan ampas kopi dapat membantu mencegah tingkat asam yang dilepaskan oleh cairan tambahan pada kopi.

4.Manfaat Bubuk Kopi Dengan Campuran Seduhan Kopi

Bubuk kopi dan seduhan kopi memiliki khasiat yang baik untuk tanaman hias Anda. Selain menambah nutrisi, kopi tersebut dapat mencegah binatang kecil seperti siput, gigitan kucing dan juga kelinci.

Jika Anda memiliki hewan peliharaan di rumah yang senang menggigit tanaman hias indoor. Maka bubuk kopi merupakan solusi yang tepat untuk Anda.

tamanan hias indoor
Foto: Freepik

Nah itulah khasiat yang akan Anda dapatkan dari bubuk dan seduhan kopi untuk tanaman hias indoor Anda. Jika hari ini Anda membuang ampas kopi secara percuma. Tidak ada kata terlambat untuk mengubah kebiasaan tersebut.

Sesuatu hal yang Anda anggap tidak berguna seperti ampas kopi, nyatanya bisa menjadi sumber nutrisi yang baik untuk tanaman hias Anda.

Pastikan Anda selalu memerhatikan waktu terbaik untuk menyiram tanaman Anda dengan air seduhan kopi atau mencampurkan tanah dengan bubuk kopi Anda.

Selain itu, ingatlah bahwa tidak semua tanaman hias indoor dapat bertahan dengan tingkat pH keasaman yang tinggi. Jadi, perbanyaklah pengetahuan Anda mengenai tanaman hias indoor yang cocok dengan perawatan kopi.

Perawatan yang tepat dalam mengoptimalkan bubuk dan air serta ampas kopi untuk tanaman hias indoor dapat membantu mencerahkan daun agar tampak lebih segar. Selain itu juga dapat memperkuat batang pada tanaman.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button