LifestyleNews

Ketahuilah Ini 5 Simbol Valentine’s Day Beserta Maknanya

HobringHari Valentine menjadi salah satu yang paling ditunggu pada Februari di setiap tahunnya. Simbol Valentine’s Day yang akan sering dijumpai menjelang hari yang spesial bagi sebagian orang ini adalah hati. 

Meski sudah menjadi rahasia umum bahwa tanggal 14 Februari adalah hari Valentine yang identik dengan menunjukkan kasih sayang kita pada pasangan. Namun kamu juga dapat melakukan hal itu pada setiap harinya tanpa menunggu Valentine.

Tanggal 14 sendiri ditetapkan sebagai hari kasih sayang karena cerita cinta yang melegenda, yakni Santa Valentine seorang Martir asal Roma, Italia dengan berbagai kisah yang menceritakan alasannya dipenggal.

Ada yang menjelaskan bahwa sebelum Valentine dipancung alias 14 Februari ia mengirimkan surat yang isinya adalah menyatakan perasaan cintanya pada anak sipir yang ia sukai.

Baca juga:

Namun versi lainnya menyebutkan Valentine menikahkan pasangan Katolik, yang sejatinya pernikahan waktu dilarang oleh Kaisar Claudius II karena pria wajib berfokus pada militer bukan keluarga.nya.

Dan sebagai penghormatan atas pengorbanan dan keabadian kisah Valentine, mulai mencuat beberapa simbol Valentine. 

Berikut inilah simbol Valentine’s Day yang jarang diketahui:

  1. Cupid

Dalam mitologi Yunani terkenal dewi cinta bernama Eros putra Aphrodite atau sering dikenal sebagai Cupid. Cupid sendiri diambil dari bahasa Latin yang berarti keinginan. 

Sementara itu dalam mitologi Yunani dan Romawi, Cupid tidak melulu tampil dengan bayi gemuk dengan sayap, Cupid pun tampil sebagai anak muda.

Dan dijelaskan siapapun yang ditembak panah cinta milik Cupid akan jatuh hati pada lawan jenisnya meski itu adalah kali pertama melihatnya.

  1. Simbol hati terpanah

Valentine’s Day identik dengan hati yang tertancap panah. Adapun panah yang mengenai hati dipercaya adalah panah Cupid. Sedangkan jantung diartikan sebagai simbol cinta. 

Diyakini dengan menyerahkan sesuatu yang berbentuk hati, maka ia telah menyerahkan dirinya pada seseorang yang ia berikan barang atau makanan yang berbentuk hati tersebut.

Maka dari itu, jangan heran bila simbol Valentine’s Day adalah hati, dan akan sering kamu jumpai saat menjelang tanggal 14 Februari itu.

  1. Burung merpati dan lovebird

Burung merpati dan lovebird sebenarnya bukanlah hal aneh sebagai sebuah simbol cinta atau Valentine’s Day. 

Pasalnya simbol hati Valentine’s Day berdasarkan kepercayaan zaman dahulu adalah pada tanggal 14 Februari burung akan saling menemukan pasangannya.

Alasan lainnya adalah burung merpati dan lovebird identik dengan Valentine’s Day, yakni kedua burung tersebut menggambarkan kepolosan, kerendahan hati, dan kemurnian kisah cinta sejoli.

  1. Simpul cinta

Simpul cinta merupakan bentuk lain dari hati Valentine’s Day. Simpul ini sebenarnya adalah jalinan loop atau sesuatu yang diulang secara konsisten untuk mencapai tujuan tertentu, yakni keabadian cinta.

  1. Bunga mawar

Hari Valentine memiliki ikatan kuat dengan bunga mawar. Pasalnya cerita dahulu kala menyebutkan ada seorang gadis cantik bernama Rodanthe yang dikejar banyak laki-laki.

Namun Rodanthe menolak mereka, bukannya menyerah para laki-laki yang menyukai Rodanthe justru semakin mengganggu dirinya. Mereka diceritakan sampai mendobrak pintu rumah Rodanthe.

Sayang karena eloknya paras Rodanthe membuat Dewi Diana merasa terusik sehingga ia mengubah Rodanthe sebagai mawar berduri di depan hadapan para laki-laki yang mengganggunya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button