OtomotifNews

Ketahui Batas Kekuatan Motor Dahulu Bila Ingin Terobos Banjir

Belakangan ini curah hujan di Indonesia cukup tinggi dan tidak sedikit ruas jalan di beberapa daerah terendam banjir. Maka jika kalian para pengendara motor ingin menerjang banjir harus mengetahui batas kekuatan motor terlebih dahulu.

Terbaru sedang viral pengemudi motor yang diunggah melalui akun instagram @agoez_bandz4. Pada video itu pengendara motor CBR 150R terlihat menerjang banjir dan menghiraukan ketinggian air sehingga motornya mati.

Maka untuk mengatasi permasalah tersebut, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), Endro Sutarno menjelaskan bahwa motor memang dapat melintasi kawasan yang terkena banjir, namun jika ingin menerjang banjir tersebut ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu.

“Apabila ketinggian air (banjir) berada di bawah ujung knalpot maka aman untuk sepeda motor melintasi kawasan tersebut,” ujar Endro Sutarno dikutip dari Kompas.

Endro menambahkan pengendara motor juga harus memastikan apakah ia dapat melewati daerah tersebut atau tidak, sebab jangan sampai motor mati dan terjebak di daerah yang banjir itu.

“Bila memang terpaksa atau nekat melintasi jalan yang melebihi ketentuan tadi dan sepeda motornya mati, sebaiknya jangan dinyalakan langsung. Jika memiliki kemampuan untuk melihat kondisi motor, dapat diperiksa kelistrikan, busi, saringan udara, baterai, karburator, dan knalpot kalau motornya belum injeksi,” tambahnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button