Traveling

Kemenparekraf Targetkan Percepat Pembangunan 5 Destinasi Super Prioritas di 2021

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) anyar, Sandiaga Uno telah memastikan pembangunan lima Destinasi Super Prioritas (DSP) akan dipercepat. Hal itu disampaikan kala dirinya mengadakan kunjungan kerja di Bali pada Minggu (27/12).

Pada saat kunjungan kerjanya itu, Sandiaga mengadakan pertemuan dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko), Luhut Binsar Panjaitan. Sandiaga Uno menegaskan pengembangan dan pembangunan DSP akan menjadi target utama dari program Kemenparekraf di tahun 2021 nanti.

“Kita harus bergerak cepat, untuk dapat mengatasi pandemi sekaligus upaya membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif team work harus betul-betul kuat,” ucap Menparekraf, Sandiaga Uno.

Sandiaga menambahkan bahwa Menko Luhut telah meminta secara khusus supaya pembangunan DSP dapat segera disiapkan. Maka dari itu, Kemenparekraf akan segera menghubungi kementrian atau lembaga yang terkait untuk penyiapan infrastruktur.

Seperti Kementerian PUPR soal infrastruktur, Kementerian ESDM terkait jaringan listrik, maupun Kementerian Perhubungan perihal kesiapan bandara dan interkoneksi menuju destinasi tujuan wisata.

“Agar semua dapat berjalan dengan baik, saya diminta untuk melakukan koordinasi terkait penyiapan infrastruktur serta sarana dan prasarana lainnya,” tambahnya.

Di samping infrastruktur, destinasi dan kesiapan Kemenparekraf seperti fashion, kuliner, dan lainnya di lima destinasi super prioritas juga menjadi fokus pengembangan. Hal ini pun sesuai dengan pesan dari Presiden Joko Widodo, untuk membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, termasuk menciptakan lapangan kerja.

“Labuan Bajo tentu sudah menjadi destinasi investasi yang cukup memikat, begitupun destinasi seperti Borobudur, dan Mandalika harus segera dimatangkan dalam persiapan karena akan digunakan untuk penyelenggaraan Moto GP,” ujarnya.

Untuk kesiapan sumber daya manusia sendiri Kemenparekraf diklaim akan berkolaborasi dengan Kemendikbud.

“Hasil diskusi saya dengan Presiden Joko Widodo kita harus mempersiapkan 5 Destinasi Super Prioritas dengan fasilitas yang lengkap,” pungkas Sandiaga.

Seperti yang diketahui lima destinasi super prioritas adalah Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button