NewsFoodLifestyle

Kasus Covid-19 Melonjak, Ini 5 Buah yang Bisa Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Hobring.com – Mengonsumsi makanan tertentu, seperti buah bisa meningkatkan sistem imun tubuh, khususnya di tengah pandemi Covid-19 yang saat ini masih meningkat.

Adanya pandemi covid-19, membuat siapa saja khawatir dan saling menjaga diri masing-masing.

Menjalankan protokol kesehatan adalah upaya terbaik untuk mencegah penularan virus corona penyebab Covid-19.

Selain itu, konsumsi sejumlah makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh juga penting agar kebal dari virus corona penyebab Covid-19.

Baca Juga:

Sering kali buah menjadi makanan yang diabaikan tetapi ampuh untuk tingkatkan imunitas Anda dan membuatnya tetap kuat sepanjang tahun.

Seperti diketahui sistem kekebalan yang kuat sangat membantu menjaga seseorang tetap sehat. Berikut ini beberapa buah-buah yang bisa meningkatkan imun tubuh.

Jeruk dapat meningkatkan sistem imun tubuh

jeruk
Foto: Istimewa

Sudah tidak diragukan khasiat dari jeruk. Banyak orang selama ini langsung mencari sumber vitamin C ketika terserng flu.

Melansir Health Line, Vitamin C diduga dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang merupakan kunci untuk melawan infeksi.

Hampir semua buah jeruk mengandung vitamin C yang tinggi. Dengan berbagai pilihan, mudah untuk menambahkan perasan vitamin ini ke makanan apa pun.

Menurut National Institutes of Health, untuk wanita dewasa butuh 75 miligram vitamin C dan pria dewasa 90 miligram tiap hari. Jika Anda memilih suplemen, hindari mengonsumsi lebih dari 2.000 miligram (mg) sehari.

Pepaya mengandung berbagai vitamin yang bermanfaat untuk daya tahan tubuh

pepaya
Foto: Istimewa

Vitamin C tidak hanya diperoleh dari buah saja. Pada kenyataannya, buah pepaya juga menyimpan cukup vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Makan satu pepaya ukuran sedang sama saja dengan memberikan asupan vitamin dua kali kebutuhan vitamin C harian.

Selain itu, buah yang memiliki rasa manis ini mengandung enzim cerna bernama papain yang memiliki efek anti-inflamasi.

Pepaya juga mengandung kalium, magnesium, dan folat yang semuanya bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Apel kaya akan serat

apel
Foto: Istimewa

Masuk dalam daftar buah top untuk tingkatkan imunitas tubuh. Apel adalah sumber serat dan gula alami yang bagus untuk tubuh.

Bahkan tidak hanya buahnya saja, namun kulit apel yang mengandung quercetin, yakni jenis pigmen tumbuhan flavonoid mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan.

Jambu biji juga dikenal dapat meningkatkan sistem imun tubuh

jambu biji
Foto: Istimewa

Selain jeruk, jambu biji juga menjadi buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Jambu biji sudah banyak disarankan oleh dokter dan ahli kesehatan sebagai salah buah yang sangat baik dikonsumsi.

Dalam satu buah jambu biji, bisa terkandung 126 mg vitamin C atau 140 persen dari jumlah kebutuhan vitamin C harian orang dewasa.

Tak hanya itu, zat likopen juga ditemukan dalam jambu biji terutama yang berbiji merah. Zat ini berfungsi sebagai antioksidan untuk melawan kanker.

Selain itu, konsumsi buah jambu biji diyakini bermanfaat pula untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Kiwi memiliki kandungan nutrisi tinggi

Salah satu buah yang memiliki kandungan nutrisi tinggi adalah kiwi. Berkat kandungannya yang beragam, buah kiwi aman dikonsumsi bagi siapa saja.

Dalam kiwi kaya akan vitamin C, E, K, asam amino, folat, dan kalsium. Selain itu juga terdapat banyak kandungan antioksidan dan serat.

Satu buah kiwi berukuran sedang dapat mengandung 71 mg vitamin C atau 79 persen dari kebutuhan vitamin C harian orang dewasa.

Buah semangka mengandung antioksidan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh

Siapa di sini yang gemar makan semangka? Tak hanya rasanya yang segar, buah semangka juga mengandung sejumlah nutrisi, seperti vitamin A, C, B1, B5, dan B6.

Ada pula kandungan likopen yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Berkat kandungan air dan elektrolit di dalam semangka, tubuh juga bisa terhindar dari resiko dehidrasi.

Leci

leci
Foto: Istimewa

Buah leci juga termasuk makanan yang mengandung vitamin C tinggi. Pasalnya, satu buah leci bisa menyediakan hampir 7mg vitamin C.

Sementara, satu cup 145gram buah leci bisa mencukupo kebutuhan vitamin C harian hingga 151 persen. Buah ini tentunya bermanfaat untuk sintesis kolagen dan kesehatan pembuluh darah.

Belum lagi kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6 yang bermanfaat bagi otak jantung, dan pembuluh darah. (Fid)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button