OtomotifNews

Karburator Motor Banjir dan Cara Mengatasinya

Hobring.com – Motor bersistem bahan bakar karburator sering sekali mengalami masalah seperti banjir, atau bisa disebut rembesan bensin. Jika kalian ingin mengetahui cara mengatasinya, simak tuntas artikel kali ini.

Ingatlah, andai menemukan persoalan karburator motor banjir dan dibiarkan begitu saja, itu bisa mengganggu performa kuda besi kalian. Memang, ketika terdapat rembesan bensin di dalamnya tidak secara langsung berdampak pada kinerja mesin.

Kendati demikian, apabila bensin mengucur terus, maka bahan bakar akan terbuang sia-sia. Setjatinya, seperti diolah dari laman Astra Motor, ada beberapa penyebab karburator banjir, misalnya usia pakai karburator yang terlalu lama dan tidak dipernah diservice.

Baca juga:

Mengingat karburator berperan sangat penting terhadap sistem pembakaran motor, penting bagi para pengguna motor semacam ini untuk selalu memperhatikannya supaya performa motor selalu prima dan panjang umur.

Penyebab Karburator Banjir

  1. Setelah diservice pemasangan sistem pelampung karburator kurang pas
  2. Pemasangan untuk pembuangan yang kurang kencang

Ciri-Ciri Karburator Banjir

  1. Mesin sudah dihidupkan
  2. Ketika motor dipanaskan akan mati dengan sendirinya
  3. Muncul bau bensin yang dikeluarkan knalpot
  4. Bakal terasa lebih boros, karena bensin terbuang begitu saja
  5. Saluran ventilasi karburator meneteskan bensin
  6. Karburator banjir menyebabkan tetesan ke ruang udara

Cara Mengatasi

  1. Lakukan pembongkaran agar bisa mengetahui di mana yang mengalami kerusakan atau karena salah setting. Kemudian, cek bagian needlve valve atau sistem pelampung supaya dapat bekerja seperti semula
  2. Lepaskan mangkuk karbu yang terletak di bawah karburator. Lalu, cek apakah pelampung masih layak dipakai atau tidak.
  3. Tekan pelampung ke bawah dengan hati-hati, karena apabila berlebihan bisa mengakibatkan kebengkokan pada lengan nedle valve, pastikan cek kondisi nelde valve memiliki permukaan rata

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button