NewsHiburan

Kabar Baik, Inilah Daftar Negara yang Sudah Boleh Lepas Masker di Tempat Umum

Hobring.com – Pandemi Covid-19 masih menjadi isu kesehatan yang begitu prioritas diberbagai negara di dunia termasuk juga di Indonesia.

Setiap harinya, Indonesia selalu melaporkan jumlah data terkini mengenai penderita Covid-19 baik yang terkonfirmasi positif, sembuh dan meninggal dunia.

Hal serupa juga dilakukan oleh negara-negara lainnya. Di mana dunia saat ini seakan sedang bersama-sama menghadapi Covid-19 untuk dapat kembali pulih seperti sedia kala.

Salah satu cara untuk menekan laju pertumbuhan penderita Covid-19 adalah dengan memakai masker di tempat umum yang sudah menjadi bagian dari peraturan yang wajib dipatuhi oleh semua orang.


Baca Juga:


Meskipun ada banyak negara yang sampai sekarang masih berjuang untuk ‘melepas’ maskernya dan terbebas dari Covid-19.

Namun ada beberapa negara yang kini tengah menuju ‘kebebasan’ untuk mulai melepas masker terutama saat beraktivitas di tempat umum.

Tentu saja hal ini adalah dambaan bagi semua negara di dunia. Lalu negara mana saja yang sudah diperbolehkan untuk melepas masker?

Berikut ini adalah daftar negara di dunia yang sudah boleh lepas masker. Apakah Indonesia termasuk?

Italia

Italia
Foto: Freepik/vwalakate

Pertama kalinya dalam sejarah, hari ini Senin (28/6) Italia menandai dirinya telah menjadi zona bebas masker atau berisiko rendah untuk virus corona.

Kementerian Kesehatan Italia mengklasifikasi untuk masing-masing dari 20 wilayah di negara Italia sebagai area bebas Covid-19. Itu artinya, Italia menjadi salah satu negara di dunia yang tidak lagi mewajibkan masker untuk digunakan di tempat publik.

Meski demikian, Roberto Speranza, Menteri Kesehatan Italia tetap mendesak agar warga Italia maupun non warga negara Italia tetap waspa dan menggunakan masker agar tidak timbul klaster baru di wilayah mereka.

Amerika Serikat

amerika serikat
Foto: Freepik/kzibert

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS pada 13 Mei kemarin mengumumkan bahwa negaranya mencabut persyaratan mengenakan masker bagi orang yang telah menjalani vaksin Covid-19 secara penuh.

Menurut Rochelle Walensky, Direktur CDC mengatakan bahwa warga Amerika Serikat yang telah mendapatkan vaksinasi dapat berpartisipasi di dalam maupun di luar ruangan tanpa menggunakan masker.

Denmark

denmark
Foto: Freepik/wirestock

Pada 14 Juni kemarin, pemerintah Denmark mengumumkan bahwa penggunaan masker tidak diwajibkan kembali kecuali bagi mereka yang berada di tempat umum maupun transportasi umum.

Langkah itu dilakukan sesuai dengan kesepakatan dalam hal melonggaran aturan lockdown. Sementara untuk benar-benar menghapus persyaratan bebas masker baru akan diberlakukan pada 1 September mendatang.

Prancis

prancis
Foto: Freepik/ake1150sb

Serupa dengan Denmark, negara Prancis juga baru-baru merayakan ‘kebebasanya’ pada 17 Juni kemarin setelah pemerintah setempat mengumumkan untuk tidak mewajibkan warganya menggunakan masker khususnya bagi mereka yang berada di luar ruangan.

Perdana Menteri Prancis, Jean Castex mengumumkan bahwa penggunaan masker secara wajib di luar ruangan akan dihapus. Namun masker tetap harus dipakai di sebagian besar tempat kerja, pertokoan, transportasi umum, ruang terbuka dengan jumlah orang yang banyak seperti stadion.

Yunani

yunani
Foto: Freepik/wirestock

Pada 24 Juni kemarin, Yunani mengakhiri persyaratannya dalam penggunaan masker di luar ruangan. Selain itu juga, Yunani melonggarkan pembatasan lainnya untuk menekan laju pertumbuhan Covid-19 dinegara tersebut.

Dengan infeksi yang semakin berkurang, pihak berwenang pun mengatakan bahwa penggunaan masker tidak diwajibkan di dalam ruangan tanpa adanya kerumumnan .

Islandia

iceland
Foto: Freepik/wirestock

Negara Islandia mengumumkan bahwa mereka menjadi salah satu negara yang tidak lagi menerapkan pembatasan apapun mengenai Covid-19 termasuk penggunaan masker di tempat umum.

Mereka telah memerangi pandemi Covid-19 dengan cukup baik melalui sistem pengujian dan penelusuran yang begitu ketat.

Selain itu juga, mereka menerapkan lockdown beberapa kali dalam satu tahun terakhir sebagai upaya agar tidak meningkatnya angka penderita Covid-19 di negara Islandia.

Spanyol

spain
Foto: Freepik bearfotos

Serupa dengan Islandia, pemerintah Spanyol juga melakukannya sejak 26 Juni kemarin. Kini masyarakat Spanyol tidak lagi diwajibkan menggunakan masker di tempat umum.

Meski demikian, pihak berwenang dari Spanyol tetap menganjurkan agar masyarakat membawa masker di mana pun mereka berada agar dapat mempertahankan keberhasilan mereka dalam memerangi pandemi Covid-19.

Korea Selatan

korea selatan
Foto: Pinterest

Bulan Juli mendatang, Negeri Gingseng, Korea Selatan akan menyusul negara lainnya dalam melepaskan maskernya di luar ruangan. Hal itu hanya berlaku bagi mereka yang telah menerima vaksinasi Covid 19.

Nah itulah daftar negara -negara di dunia yang kini sudah memperbolehkan masyarakatnya untuk melepaskan masker di tempat umum. Lalu, bagaimana dengan Indonesia? Apakah akan segera menyusul negara-negara tersebut?

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button