NewsOtomotif

Jenis-jenis Motor Custom yang Bikin Kalian Tambah Kece!

Sebagian pengguna sepeda motor merasa bosan dengan tampilan asli dari pabrik. Oleh sebabnya mereka memilih jalan dengan cara memodifikasi kendaraannya agar mempunyai ciri khas dan tampilan baru sesuai dengan seleranya.

Sebelum memodifikasi motornya, pemilik kendaraan biasanya sudah menentukan pilihan model yang akan dipakai. Hal tersebut untuk kenyamanan mereka saat berkendara kemanapun.

Bicara jenis model motor custom, ada beberapa pilihan yang tersedia di pasar otomotif Indonesia. Berikut ini jenis-jenis motor custom yang sering kita jumpai dijalanan Indonesia.

Cafe Racer

Cafe Racer
Sumber Foto: Bike EXIF

Cafe Racer menjadi salah satu pilihan yang digemari pecinta motor custom di tanah air. Gaya klasik dan memiliki tampilan seperti motor balap menjadi salah satu alasannya.

Aliran motor custom asal Inggris ini terinspirasi dari motor balap yang dipakai pada jaman dahulu. Ciri khas dari Cafe Racer ini memiliki tampilan jok belakang yang menyerupai buntut tawon. Pada bagian depan, stang yang digunakan adalah model stang jepit, sehingga pengendara akan merasakan sensasi seperti mengendarai motor balap.

Chopper

Chopper Cycle Trader
Sumber Foto: Cycle Trader

Jenis motor custom satu ini memiliki ciri khas stang yang panjang ketimbang jenis motor custom lainnya, yang membuat pengendara harus meluruskan tangannya saat mengendarainya.

Pada bagian bodi, Chopper identik dengan bodi yang kecil dan jok yang lebih rendah. Selain itu, pilihan ukuran ban di Chopper juga berbeda dengan jenis motor custom yang lain. Ban depan di motor Chopper biasanya memiliki ukuran yang lebih besar ketimbang ban belakang.

Motor jenis ini sangat cocok bagi kalian yang senang berjalan santai untuk menikmati pemandangan ibu kota.

Brat Style

Brat Style Pinterest
Sumber Foto: Pinterest

Motor custom satu ini hampir mirip dengan Cafe Racer. Bedanya, jok di motor Brat Style lebih panjang dan berbentuk lurus dengan dilapisi kulit jok yang bergelombang.

Pada bagian kemudi, Brat Style memiliki stang seperti keluaran pabrik, hanya saja sedikit lebih panjang.

Aliran Brat Style sendiri pertama kali dikenal di Jepang. Dengan tampilan seperti ini, pemilik akan merasa kenyamanan meski melakukan perjalanan jauh.

Tracker

Tracker Bike EXIF
Sumber Foto: Bike EXIF

Aliran motor ini pertama dikenal di bagian negara Amerika pada tahun 1900-an saat balapan menjadi salah satu kegiatan populer.

Tracker sendiri memiliki identitas yang unik, dimana pada bagian depan memiliki nomor seperti motor balap. Selain itu, jenis motor custom satu ini menggunakan ban yang berbentuk kotak seperti tahu yang cocok digunakan di lintasan tanah maupun aspal.

Lanjut, tangki bensin di motor Tracker juga lebih kecil dibandingkan jenis motor custom lainnya. Jadi, buat kalian yang ingin melakukan perjalanan jauh, jangan lupa siapkan bensin cadangan di tas kalian!

Bobber

Bobber Pinterest
Sumber Foto: Istimewa

Bobber merupakan jenis motor custom yang memakai ban besar di depan dan belakang. Ciri khas pada motor Bobber juga terlihat di bagian jok yang menggunakan single seater.

Memiliki bentuk yang cukup besar dan padat, namun Bobber menjadi salah satu motor custom yang cukup nyaman ketika dikendarai. Bahkan dengan bentuknya yang besar, akan membuat pengendara motor ini terlihat gagah dan sangar.

Jika kalian memiliki hasrat ingin memodifikasi seperti ini, kalian juga memiliki opsi dengan menambahkan tas di bagian belakang agar terlihat lebih keren.

Demikian rangkuman dari Hobring tentang jenis motor custom yang sering beredar di Indonesia. Buat kalian yang ingin tampil beda, bisa langsung memikirkan untuk memodifikasi kendaraan pribadi anda agar terlihat lebih maco!

Link Youtube

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button