NewsFood

Jenis-Jenis Kerupuk Indonesia yang Bisa Bikin Kamu Makan Lebih Nikmat

Hobring.com – Bisa dibilang bagai sayur kurang garam, jika sesi makanan Indonesia tidak dilengkapi dengan kerukupuk dan sambal sebagai makanan pelengkap.

Seperti diketahui, kerupuk telah lama jad bagian penting dalam kuliner Indonesia. Begitu populernya, kamu bisa menemukan kerupuk di mana saja.

Kerupuk yang gurih dan renyah ini hampir selalu hadir jadi pelengkap makanan apapun. Indonesia memiliki beragam jenis kerupuk dan hampir setiap daerah memiliki jenis kerupuknya.

Jenis-jenis kerupuk

Kerupuk bawang

Seperti namanya, kerupuk ini terbuat dari tepung tapioka dan campuran bawang putih. Kerupuk ini memiliki aroma dan rasa yang khas dengan rasa gurih yang nikmat.

Kerupuk ini sering kali kamu temukan sebagai makanan pendamping nasi goreng yang ada di kaki lima. Bentuknya yang bulat kecil, dan biasanya berwarna putih dengan sisinya berwarna-warni.

kerupuk uyel

Kerupuk uyel

Jenis kerupuk ini pasti sudah tidak asing dan paling banyak ditemui. Nggak hanya di warung-warung perumahan, tapi dibeberapa tempat makan juga sering menyediakannya.

Biasanya kerupuk ini disediakan di kaleng besi yang tentunya ikonik banget. Dijamin, kamu gak akan menemukan tempat kerupuk serupa di belahan dunia manapun.

kerupuk kulit

Kerupuk kulit

Sesuai namanya, kerupuk ini berasal dari kulit sapi atau kerbau. Kulit yang sudah bersih kemudian digoreng, dijemur sampai kering, lalu diberi bumbu dan digoreng.

Kerupuk kulit juga populer di berbagai daerah Indonesia, biasanya paling sering kita jumpai dalam restoran padang. Teksturnya yang sangat renyah, dengan rasa gurih yang khas cocok disiram dengan kuah rendang atau gulai.

kerupuk gendar

Kerupuk gendar

Kerupuk ini terbuat dari adonan nasi yang dibumbui dengan aneka rempah, sehingga rasanya sangat gurih dan teksturnya yang renyah.

Cara membuatnya, yakni nasi kering ditumbuk kasar dan diberi bumbu, lalu digiling tipis. Selanjutnya, adonan dijemur, lalu digoreng jadi kerupuk. Rasanya yang gurih dan cocok dinikmati sebagai makanan pendamping.

kerupuk udang

Kerupuk udang

Kerupuk yang dibuat dari tepung, rebon dan remah ikan asin serta dibumbui berbagai rempah ini biasanya kita temukan dalam acara-acara hajatan.

Baik itu hajatan sunat maupun pernikahan. Jarang banget orang yang menyediakan kerupuk “blek” di acara hajatan. Pasti kerupuk ini yang jadi sasarannya.

kerupuk kemplang

Kerupuk kemplang

Kerupuk yang satu ini berasal dari Palembang, Sumatera Selatan. Dibuat dari campuran tepung kanji, aneka bumbu, dan ikan tenggiri yang aroma dan rasanya khas.

Bisanya kerupuk kemplang disantap sebagai pendamping untuk menikmati pempek. Terkadang kerupuk ini juga dinikmati dengan sambal terasi khas bangka.

Kerupuk melarat

Kerupuk melarat

Kerupuk pasir atau yang sering disebut dengan kerupuk melarat berasal dari daerah Kediri, Jawa Timur.

Kenapa bisa dikatakan “melarat”? Karena proses menggorengnya tidak menggunakan minyak, melainkan menggunakan pasir.

Kerupuk ini berwarna-warni yang disebut-sebut sebagai kerupuk sehat karena tidak mengandung lemak, dan rendah kolesterol.

kerupuk mi

Kerupuk mi

Kerupuk mi punya warna kuning dengan jalinan yang tebal. Biasanya bentuknya bulat lebar, rasanya gurih dan biasa disantap jadi pelengkap asinan Betawi atau sekadaar dicocol ke sambal kacang.

kerupuk emping

Kerupuk emping

Lebih dikenal dengan sebutan emping, kerupuk ini terbuat dari buah melinjo yang digeprek sehingga menjadi gepeng.

Setelah melalui proses penjemuran, barulah emping ini digoreng. Emping ini sering banget menghiasi mangkok-mangkok soto betawi atau nasi kuning.

Bagi yang punya penyakit asam urat dianjurkan untuk tidak makan ini secara berlebihan, daripada kumat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button