NewsLifestyle

Jangan Tertipu Penampilan Cantiknya, Berikut 5 Tanaman Hias Beracun

Hobring.com – Memiliki tanaman hias bisa membuat rumah menjadi lebih nyaman. Namun, tahukah kalian bahwa ada beberapa tanaman hias yang beracun?

Meletakkan tanaman hias bisa dilakukan di luar maupun dalam rumah, tergantung selera pemiliknya. Selain itu, memiliki tanaman hias diyakini mampu membuat sudut rumah yang polos menjadi lebih berwarna.

Tapi, sebelum memilih tanaman hias untuk mewarnai rumah, kalian harus pastikan bahwa tanaman hias yang kalian sukai bebas dari racun. Sebab ada beberapa tanaman hias berkarakter cantik, namun ternyata mengandung racun.

Hobring kali ini merangkum beberapa tanaman hias yang beracun. Berikut lima tanaman hias beracun yang memiliki tekstur cantik.

Baca Juga:

1. Foxglove

Tanaman hias pertama yang beracun adalah Foxglove. Tanaman hias cantik satu ini memiliki bunga yang berbentuk seperti lonceng dan berwarna ungu.

Meski memiliki penampilan cantik, seluruh bagian Foxglove ternyata mengandung glikosida, yang dapat menyebabkan seseorang keracunan.

Diketahui reaksi keracunan dari Foxglove berupa mulai dari mual, muntah, diare, sakit perut, halusinasi, sakit kepala hingga delirium.

2. Rhubarb

Rhubarb
Dok. foto: Istimewa

Daun dari tanaman Rhubarb mengandung asam oksalat tingkat tinggi, sehingga mengandung racun dan tidak bisa dimakan. Bentuk daunnya sendiri seperti segitiga besar dengan warna hijau.

Berbeda dengan daunnya, batang Rhubarb bisa untuk dikonsumsi dengan cara dimasak maupun di makan mentah-mentah dan rasanya pun enak.

3. Tanaman Dolar (ZZ Plant)

dolar
Dok. foto: Istimewa

Tanaman beracun lainnya yaitu tanaman Dolar atau (ZZ Plant). Tanaman ini biasanya diletakkan di sudut ruangan agar tidak terlihat terlalu kosong.

Namun, jika kalian ingin memiliki Dolar, kalian sangat dianjurkan untuk meletakkannya di bagian yang sedikit tinggi.

Sebab, tanaman Dolar mengandung racun berupa senyawa oksalat yang bisa membuat kulit iritasi dan gatal-gatal. Oleh sebabnya, bila ada keluarga yang menyentuh tanaman ini, bergegaslah untuk segera mencuci tangan.

4. Wisteria

wisteria
Dok. foto: Istimewa

Tanaman hias Wisteria cukup populer di Jepang dan Tiongkok. Tanaman satu ini memiliki daun yang cantik menjuntai berwarna ungu.

Kendati cantik, biji dari Wisteria diketahui mengandung racun zat saponin. Seseorang yang tidak sengaja menelan bijinya, akan mengalami gejala pusing, kebingungan, mual, muntah, sakit perut hingga pingsan.

5. Lili

lilies
Dok. foto: Orchid Republic

Tanaman hias Lili memiliki tampilan yang cantik dengan daun berwarna merah. Akan tetapi, tanaman ini diklaim mengandung racun yang cukup serius, terutama kepada hewan peliharaan kalian.

Menurut US Food and Drug Administration, seekor kucing yang memakan atau menjilat bunga ini disebut bisa mengalami gagal ginjal akut, serem ya!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button