LifestyleNews

Jangan Asal Pencet Jerawat Karena Bisa Menyebabkan Kematian

Terutama bagi orang-orang yang memiliki kulit sensitif, jerawat sering kali merepotkan mereka dan terkadang menurunkan rasa percaya diri, namun, ingatlah baik-baik bahwa benjolan pada wajah yang mengganggu ini bisa membunuhmu!

Ketika kalian masi beranjak remaja, barangkali sempat menghabiskan beberapa waktu di depan cermin, tidak lain untuk menatap jerawat yang disadari bakal terlahir di wajah. Tentu, hal itu cukup mengganggu dan dapat menurunkan rasa percaya diri.

Kalian pasti telah menemukan satu atau dua jerawat selama hidup, dan bahkan mungkin masih merasakannya sebagai orang dewasa. Misalnya, kalian melihat benjolan terbentuk tepat di atas bibir, atau mungkin itu di dagu atau hidung.

Setelah itu, kalian akan merasakan gumpalan nanah dan beberapa orang di antaranya sangat tidak sabar untuk segera mengeluarkan keberadaannya dari wajah dengan memencetnya secara paksa misalnya, namun, pada dasarnya ilmu dermatologi menegaskan kalau keinginan itu mesti ditolak.

Kenapa demikian? Hal ini karena jerawat yang dipecahkan begitu saja bisa bikin kalian terluka, atau lebih buruk lagi mengalami infeksi. Ketika kalian berusaha menekannya hingga meletus, secara harfiah itu benar-benar merobek kulit.

Kemudian, kalian juga telah memaparkan bakteri dari tangan ke luka terbuka akibat memaksa jerawat pecah, dan hal itulah yang dapat membuat kalian terinfeksi, meninggalkan bekas luka permanen, atau merasakan sakit.

Perlu diketahui, dalam dunia medis ada istilah yang dikenal sebagai “segitiga kematian” di waja kita semua, disebut demikian karena infeksi di daerah wajah sangatlah berbahanya dan mungkin mengancam nyawa kita. Artinya, sembarangan memencet jerawat sampai meletus di area segitiga kematian dapat membunuhmu.

Sebab, pembuluh darah di sekitar hidung, mulut, dan mata begitu dekat dengan otak, bakteri yang masuk ke wajah pada dasarnya memberikan kebebasan pada bakteri untuk mendatangkan malapetaka.

Adapun kemungkinan terjadinya gejala infeksi kulit yang disebut selulitis, di mana infeksi ini disebabkan oleh bakteri seperti staph atau strep dan biasanya ditandai dengan kulit merah, bengkak dan nyeri. Namun, bisa jadi kalian juga memiliki gejala seperti lecet dan bintil.

Ingatllah, mencoba meletuskan jerawat bisa menyebarkan bakteri berbahaya ke seluruh tubuh, dan mengakibatkan komplikasi yang lebih serius. Demikian laporan dari Treehugger.

Memecahkan Jerawat

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button