NewsOlahraga

Jadi Lebih Bugar, Inilah Olahraga Untuk Meningkatkan Endurance

Hobring.com – Endurance diartikan sebagai daya tahan dalam tubuh. Untuk meningkatnya, kita perlu melakukan olahraga agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

Manfaat dari meningkatkan daya tahan tubuh adalah menjadi lebih bugar, mengurangi risiko cedera, menghasilkan otot dan tulang yang lebih sehat dan kuat serta membentuk berat badan ideal.

Tak hanya itu saja, manfaat lainnya yang dapat diperoleh jika rutin melakukan olahraga endurance adalah dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik bahkan meningkatkan kepercayaan diri. Oleh karena itu meningkatkan endurance sangat penting untuk tubuh.

Bagi Anda yang saat ini sering kali merasa kelelahan dan kurang bersemangat, cobalah untuk melakukan olahraga endurance.

Hobring.com akan rekomendasikan daftar olahraga untuk meningkatkan endurance berdasarkan catatan dari Top End Sports pada 2019. Yuk simak ulasannya.

Orienteering

olahraga endurance
Foto: Mudstacle

Olahraga urutan teratas dari Top End Sports untuk meningkatkan endurance adalah orienteering. Olahraga yang satu ini membutuhkan keterampilan untuk memahami navigasi peta dan kompas dari titik satu ke titik lainnya.


Baca Juga:


Biasanya peserta diberikan peta topografi khusus orienteering sesuai dengan medan yang beragam. Selain itu orienteer (sebutan untuk atlet orienteering) akan bergerak dengan kecepatan dan ketepatan.

Di Indonesia sendiri, atlet orienteering sudah dipayungi oleh Federasi Orienteering Nasional Indonesia atau FONI. Dipopularkan pertama kali untuk kebutuhan dunia militer. Kini orienteering dapat dilakukan oleh berbagai kalangan.

Manfaat dari olahraga orienteering adalah meningkatkan pembacaan peta, memberikan tantangan mental dan fisik, mengajarkan olahraga seumur hidup, membangun percaya diri dan tentunya meningkatkan daya tahan tubuh.

Triathlon

olahraga endurance
Foto: Seaview Resort Mooloolaba

Olahraga untuk meningkatkan endurance berikutnya adalah triathlon. Pertama kali muncul pada awal 1900-an di Prancis, triathlon dianggap sebagai alternatif olahraga endurance untuk mengatasi rasa bosan.

Triathlon semakin berkembang pada tahun 1970-an dan semakin popular di Amerika Serikat. Sesuai dengan namanya, olahraga triathlon melakukan tiga jenis olahraga sekaligus.

Mengacu standar dari International Triathlon Union atau ITU yang dibentuk di Perancis bahwa ada tiga jenis lomba yang dimainkan dalam olahraga triathlon.

Adapun tiga jenis tersebut diantaranya tingkat standar yakni renang 1.500 m, balap sepeda 40 km dan lari 10 km. Selanjutnya tingkat sprint yakni renang 750 m, balap sepeda 20 km dan lari 5 km.

Dan kategori jenis lomba terakhir dari olahraga triathlon adalah jenis estafet yang terdiri dari renang 300 m, balap sepeda 7,5km dan lari 1,5 km yang dilakukan sebanyak 4 kali.

Bagi Anda yang tertarik untuk meningkatkan endurance, tidak ada salahnya untuk mencoba olahraga yang satu ini. Pastikan untuk menyiapkan fisik dan mental Anda sebelum melakukan olahraga triathlon.

Mendayung

olahraga endurance
Foto: Burlington Country

Olahraga untuk meningkatkan endurance yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga Anda, namanya mendayung.

Biasanya, mendayung dapat dilakukan di atas sungai, danau dan laut. Tekniknya sendiri dikenal dengan dua macam yakni mendayung maju dan mendayung mundur.

Manfaat dari mendayung tentu saja membuat tubuh menjadi lebih bugar. Selain itu juga dapat membangun kekuatan otot dan mengurangi risiko cedera.

Dalam segi kesehatan mental, mendayung dapat membantu menurunkan tingkat setres. Manfaat lainnya adalah meningkatkan kekuatan dan stabilitas inti. Jadi, cobalah untuk memulai olahraga yang satu ini.

Anda tak hanya mendapatkan kesehatan pada tubuh, tapi juga berkhasiat untuk kesehatan mental Anda. Baik mendayung sendiri dengan kano atau mendayung bersama teman-teman Anda, cobalah untuk melakukannya untuk merasakan manfaatnya.

Seni Bela Diri

olahraga endurance
Foto: Vidooly

Seni bela diri termasuk dalam jenis kesenian yang popular di Indonesia. Meskipun masuk ke dalam kategori kesenian tapi bukan berarti seni bela diri tidak dapat menjadi olahraga untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau endurance.

Manfaat umum sudah diketahui oleh banyak orang dari seni bela diri adalah melindungi diri sendiri atau orang lain dari serangan lawan. Hal ini tentu saja sangat berguna bagi siapa saja terutama kaum hawa.

Adapun manfaat lain dari seni bela diri adalah untuk kesehatan jantung, membentuk otot, meningkatkan stabilitas dan koordinasi tubuh, serta menurunkan berat badan. Bagi Anda yang sedang melakukan program diet tak ada salahnya menerapkan olahraga yang satu ini.

Squash

olahraga endurance
Foto: Penn Racquet Sport

Squash atau yang lebih popular dengan nama tenis dinding merupakan olahraga yang menggunakan raket dan bola yang dimainkan oleh dua pemain di sebuah lapangan berdinding tertutup.

Cara mainnya, dua orang tersebut akan bermain di dalam ruangan tertutup. Mereka harus saling berbalas memukul bolas squash ke sisi ruangan yang ada di hadapan mereka. Kegiatan tersebut dengan nama rally.

Sebagai olahraga internasional, para atlet squash dunia dapat bergabung dengan Federasi Squash Dunia atau WSF sebagai badan pengatur squash sedunia.

Karena olahraga ini sangat menyenangkan, manfaat yang bisa didapatkan bagi Anda yang tertarik bermain squash adalah dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Selain itu juga, olahraga yang satu ini juga dapat menjaga berat badan, meningkatkan kelincahan dan fleksibilitas serta meningkatkan kebugaran dan kekuatan.

Otot-otot yang akan bekerja saat bermain squash adalah dada, deltoids, gluteals, paha belakang dan depan, bisep dan trisep serta fleksor dan ekstensor. Jadi bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk melakukan olahraga yang satu ini?

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button