NewsLifestyle

Inilah Gerakan Sederhana dan Manfaat Yoga Asana Bagi Wanita

Hobring.com – Yoga dikenal sebagai olah spiritual terbaik dan pertama kali diperkenalkan oleh ajaran Hindu. Sementara Asana, merupakan bagian dari pose yoga saat sedang bermeditasi. Jika keduanya digabungkan, maka seseorang akan merasakan manfaat yoga asana yang baik untuk kesehatan tubuh dan juga mental.

Pada umumnya, wanita akan mengalami siklus periode menstruasi. Hal ini bukan hanya memengaruhi kesehatan dalam tubuh tetapi juga kondisi kesehatan mental termasuk suasana hati.

Perlu Anda ketahui bahwa dengan melakukan yoga asana, hal tersebut dapat membantu mengatasi rasa nyeri pada tubuh dan bisa memeperlancarkan sirkulasi darah.

Berikut ini adalah macam-macam gerakan sederhana dan manfaat yoga asana yang baik bagi wanita seperti yang dikutip dari Bright Side.

1. Pose Lilin di Dinding

manfaat yoga asana
Ilustrasi by Bright Side

Dalam yoga asana, pose lilin di dinding dilakukan dengan cara berbaring sambil telentang dengan mengangkat kaki dan luruskan dengan meletakkannya di dinding serta merentangkan kaki selebar bahu.


Baca Juga:


Sementara tangan Anda dapat direntang ke masing-masing sisi dengan cara menyamping. Tarik nafas secara perlahan dan jatuhkanlah tubuh Anda dengan rileks dan santai.

Lakukanlah selama 1 sampai 3 menit dan rasakanlah khasiatnya. Manfaat yoga asana yang satu ini adalah meningkatkan sirkulasi cairan getah bening, mengurangi pembengkakan pada kaki, menstimulasi organ-organ perut, serta menghilangkan rasa lelah dan suasana hati yang buruk.

2. Pose Downward Facing Hero

manfaat yoga asana
Ilustrasi by Bright Side

Cara sederhana melakukan yoga asana selanjutnya adalah dengan duduk di atas matras. Kemudian biarkan panggul bertumpu pada tumit serta rentangkan lutut ke arah samping dengan kondisi kaki tetap rapat.

Tak lupa condongkan tubuh ke arah depan setara dengan posisi dada. Reggangkan tangan Anda ke depan sejauh yang Anda bisa dan letakkan dahi Anda ke lantai.

Bertahanlah sekitar 1 menit pada pose downward facing hero. Anda akan merasakan manfaat yoga asana yang satu ini dengan rasa rileks di area punggung bagian bawah dan leher serta melancarkan sirkulasi darah di area panggul kecil.

3. Pose Shoulder Bridge

manfaat yoga asana
Ilustrasi by Bright Side

Cara sederhana selanjutnya dalam yoga asana adalah dengan cara melakukan pose shoulder bridge.

Anda bisa memulainya dengan berbaring telentang, kemudian menekuk lutut, renggangkan kaki selebar bahu, dan letakkan lengan di sepanjang tubuh.

Angkatlah panggul dan tekuk punggung Anda, tanpa harus mengangkat bahu, leher, atau kepala dari lantai matras.

Manfaat yoga asana yang ini dapat menghilangkan rasa sakit pada punggung, membuat perut Anda menjadi lebih kuat dan mencegah menstruasi yang menyakitkan.

Jika dilakukan selama kurang lebih 1 menit, pose ini juga dapat mengurangi jumlah lemak pinggang dan memperlancar pencernaan. Bermanfaat sekali, bukan?

4. Pose Downward Facing Dog

manfaat yoga asana
Ilustrasi by Bright Side

Pose yoga asana ini dimulai dari posisi duduk di atas tumit dengan lutut terbuka ke samping. Selanjutnya, letakkan tangan sejauh mungkin ke arah depan dan renggangkan dengan baik.

Tak lupa untuk mengangkat panggul Anda dan luruskan lengan serta kaki Anda.

Pindahkan beban tubuh ke bagian kaki dan cobalah untuk letakkan tumit di lantai. Tetapkanlah posisi lurus pada kaki dan punggung Anda tanpa menekuk atau membulatkan punggung

Lakukan selama 1 menit dengan membaginya ke dalam dua kali waktu. Dalam satu kali waktu hitunglah selama 30 detik.

Manfaat yoga asana ini dapat memperbaiki sel-sel dalam otak, memberi warna pada wajah Anda, meregangkan pinggul bagian belakang, mengurangi tanda-tanda selulit, meregangkan punggung, dan menghilangkan tegang pada leher.

5. Pose Relaxation

manfaat yoga asana
Ilustrasi by Bright Side

Lakukan dengan cara berbaring secara telentang. Untuk membuat agar lebih nyaman, Anda bisa letakkan bantal kecil atau selimut di bawah kepala Anda. Kemudian tekuklah lutut Anda dan tarik kaki Anda sedekat mungkin ke arah panggul.

Rentangkan lutut ke samping dan satukan kedua kaki Anda. Letakkan tangan Anda di samping tubuh Anda sambil menghembuskan napas secara dalam dan pelan-pelan.

Anda bisa melakukan pose relaxation selama 3 menit. Manfaat yoga asana dengan pose ini adalah dapat mengendurkan otot, meregangkan punggung bawah dan bagian dalam pinggul secara perlahan, melancarkan sirkulasi darah di area panggul kecil dan meningkatkan suasana hati Anda.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button