NewsLifestyle

Inilah Daftar 12 Jenis Tanaman Hias Merambat

Macam-macam tanaman hias merambat

Hobring.com – Tanaman hias merambat merupakan jenis tanaman yang tak hanya membuat lingkungan menjadi tampak estetika tapi juga membuatnya menjadi lebih asri dan sehat.

Ada banyak ragam jenis tanaman hias merambat yang bisa diaplikasikan di rumah maupun lingkungan sekitar.

Perlu diketahui bahwa setiap tanaman hias merambat memerlukan perlakuan yang berbeda-beda. Ada yang tahan terhadap panas, tapi ada juga yang membutuhkan banyak air.

Sebelum memutuskan untuk menanam tanaman hias merambat seperti apa. Ada baiknya Anda memahami terdahulu jenis tanaman hias merambat apa yang cocok dan sesuai kebutuhan.

Berikut ini Hobring.com merangkum 12 jenis tanaman hias merambat yang perlu Anda ketahui.

Eichornia Crassipes

tanaman hias merambat
Foto: Flowgrow

Eceng gondok atau Eichornia Crassipes adalah salah satu jenis tanaman hias yang hidup di air dan berasal dari lembah Amazon.


Baca Juga:


Sebagai tanaman merambat, eceng gondok biasanya dapat tumbuh sebagai tanaman liar yang berada di lingkungan seperti waduk, kali atau sungai.

Selain itu juga, eceng gondok adalah tanaman yang dapat tumbuh dengan cepat. Sehingga, setiap tanaman eceng gondok dapat menghasilkan ribuan benih setiap tahunnya.

Beberapa eceng gondok ditemukan tumbuh antara dua dan lima meter dalam sehari. Oleh karena itu, jika Anda memiliki kolam yang cukup luas, tanaman merambat seperti eceng gondok adalah alternatif pilihan yang tepat.

Sirih (Piper Betle)

tanaman hias merambat
Foto: Nurserylive

Jika rumah Anda cenderung minimalis dengan ruangan yang terbatas. Bukan berarti Anda tidak bisa menghadirkan tanaman hias merambat di tengah-tengah lingkungan Anda.

Piper betle atau sirih adalah salah satu jenis tanaman hias merambat yang umumnya mudah ditemukan di kawasan Asia.

Sirih juga dikenal sebagai tanaman menjalar di tembok. Sehingga, sangat cocok sekali menjadikan sirih sebagai tanaman hias merambat untuk space rumah yang minimalis.

Hedera Helix

tanaman hias merambat
Foto: Pinterest

Dikenal dengan nama Englis Ivy, Hedera Helix adalah jenis tanaman hias merambat yang sebagian besar berasal dari Eropa dan Asia Barat.

Selain bisa dijadikan sebagai tanaman hias merambat, Hedera Helix juga dapat ditemukan sebagai tanaman liar yang tumbuh di pohon, area tebing dan dinding.

Bahkan tanaman ini juga bisa menjadi penutup tanah yang tumbuh secara vertikal. Sebelum membudidayakannya, perlu Anda ketahui bahwa Hedera Helix akan tumbuh subuh pada area yang lembab dan teduh.

Diharapkan untuk hindari paparan sinar matahari secara langsung. Anda bisa menanamnya sebagai tanaman hias merambat di dalam rumah atau di dinding rumah Anda.

Morning Glory

Tanaman hias merambat
Foto: Sunset Magazine

Morning Glory adalah jenis bunga rambat yang memiliki akar tebal dan cenderung tumbuh di semak-semak yang begitu lebat.

Sebagai salah satu jenis tanaman hias merambat, Morning Glory biasanya cepat menyebar melalui batang yang panjang.

Sesuai dengan namanya, bunga rambat ini hanya akan mekar secara penuh pada pagi hari. Adapun beberapa jenis spesies lain dari Morning Glory adalah Argyreia, Astripomoea, Calystegia, Convolvulus dan masih banyak lagi.

Perlu Anda ketahui bahwa Morning Glory akan lebih bersahabat pada cuaca dan suhu yang cenderung dingin. Sehingga, usahakan bunga rambat ini tumbuh pada area yang tidak terkena matahari langsung.

Mandevilla

tanaman hias merambat
Foto: Pinterest

Bunga rambat selanjutnya adalah Mandevilla. Jika Morning Glory menoleransi suhu yang dingin, lain ceritanya dengan Mandevilla.

Bunga yang berasal dari beberapa wilayah seperti Meksiko, Hindia Barat, Amerika Selatan dan Amerika Tengah ini merupakan genus berbunga tropis dan sub tropis.

Tanaman hias merambat ini sangat membutuhkan iklim yang begitu hangat. Selain mengeluarkan aroma harum di suhu hangat, Mandevilla juga memiliki berbagai macam warna termasuk putih, merah muda, kuning dan merah.

Ada banyak sekali spesies lain dari bunga rambat Mandevilla. Jadi, sebelum Anda memilihnya untuk menghiasi rumah Anda, pastikan Anda mengenal jenis tanaman hias ramat apa yang Anda butuhkan.

Pothos Scandens

tanaman hias merambat
Foto: Garden Design

Pothos Scandes adalah jenis tanaman hias merambat tahan panas karena hidup di hutan triopis dan bagian dari keluarga Araceae.

Umumnya Pothos Scandens dapat menjalar di tembok atau dinding. Sehingga tanaman hias rambat ini cocok sekali bagi Anda yang memiliki ruangan terbatas.

Lantana

Tanaman hias merambat tahan panas berikutnya adalah Lantana yang berasal dari wilayah tropis di Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Bunga rambat ini tumbuh di daerah dengan ketinggian sekitar 1.700 mdpl dan memiliki banyak percabangan dengan tinggi kisaran 0,5 sampai 4 meter.

Lantana juga cocok jika diletakan sebagai tanaman hias gantung. Bunganya yang berwarna-warni membuat hunian rumah Anda menjadi lebih cantik dan estetik.

Zinnia

Bunga rambat selanjutnya adalah Zinnia. Meskipun berasal dari semak belukar dan padang rumput kering di daerah yang berada di Barat Daya Amerika Serikat sampai Amerika Selatan. Namun tanaman yang satu ini bisa dijadikan sebagai tanaman hias merambat.

Zinnia umumnya tinggi berkisar 10 sampai 100 cm. Daunnya bersebrangan dan tidak bertangkai atau sesil dengan bentuk mulai dari linier hingga bulat seperti telur. Selain itu, tanaman hias merambat tahan panas ini dapat hidup dalam kondisi iklim yang tropis.

Karena Zinnia mudah tumbuh dan berpotensi mekar dengan volume yang lebat dan warna yang cerah. Maka tidak ada salahnya menjadikan bunga rambat yang satu ini sebagai tanaman hias di lingkungan Anda.


Baca Juga:


Jasminum Sambac

tanaman hias merambat
Foto: The Spruce

Anda pasti tidak asing dengan tumbuhan yang satu ini namanya Jasminum Sambac atau yang umumnya lebih dikenal dengan nama bunga melati.

Selain bentuknya yang cantik, bunga rambat ini juga memiliki aroma yang harum dan sangat cocok dijadikan tanaman hias.

Sebagian orang mungkin percaya bahwa bunga melati mempunyai beberapa khasiat untuk kesehatan. Oleh karena itu, tak sedikit juga yang menjadikannya sebagai bagian dari obat herbal.

Jasminum Sambac hanya akan tumbuh sekitar 0,5 – 3 meter. Sehingga, diperkirakan tanaman hias merambat ini tidak akan memakan space yang terlalu banyak khususnya untuk hunian rumah Anda.

Alamanda

Bunga Alamanda adalah tanaman hias yang umumnya disebut sebagai terompet emas atau bunga lonceng kuning. Bunga rambat yang satu ini berasal dari Amerika Tengah dan Selatan dan tumbuh dengan subur di wilayah Indonesia.

Alamanda biasanya ditemukan pada area sekitar sungai atau tempat terbuka yang terkena sinar matahari. Tanaman hias tahan panas ini tampak begitu cantik dan cocok bagi Anda yang ingin membudidayakan di rumah.

Sebagai tanaman rambat yang dapat hidup dengan iklim daerah tropis. Alamanda justru tidak tahan pada suhu yang rendah. Suhu -1 derajat membuat Alamanda mati karena terlalu sensitif terhadap suhu dingin.

Bauhinia

tanaman hias merambat
Foto: Expat Living Hong Kong

Tanaman hias merambat berikutnya adalah Bauhinia. Umumnya, bunga rambat ini tumbuhan ini tumbuh di Hawaii, pesisir California, Texas, Louisiana dan Florida.

Bagi Anda yang pernah melihat bendera negara Hong Kong mungkin tidak asing saat melihat bunga rambat yang satu ini.

Bauhinia adalah bunga yang menyukai sinar matahari langsung dan juga menyukai suhu yang cenderung lebab. Sehingga bisa dikatakan bahwa tanaman hias tahan panas ini cocok untuk Anda yang tinggal di kawasan sub tropis.

Ada banyak sekali spesies dari Bauhinia. Jadi sebelum Anda mulai membudidayakannya pastikan Anda mengetahui spesies apa yang Anda butuhkan untuk mempercantik hunian rumah Anda.

Nymphaea

tanaman hias merambat
Foto: Eol.org

Teratai dengan nama ilmiahnya Nymphaea adalah tanaman hias merambat yang hanya akan tumbuh di air. Dikenal sebagai waterlily, Teratai sangat cocok jika dibudidayakan pada sebuah kolam yang besar.

Bunga dari Teratai memiliki diamter antara 5-10 centimeter. Meskipun membutuhkan banyak air, bunga rambat ini dapat hidup di wilayah tropis dan sub tropis di seluruh dunia bahkan di daerah Mesir yang terkenal dengan gurunnya.

Nah itulah deretan tanaman hias merambat yang bisa dijadikan referensi sebelum memulai budidaya tanaman hias. Pastikan untuk memahami tanaman hias merambat apa yang Anda butuhkan untuk dibudidayakan. Selamat mencoba!

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button