NewsOlahraga

Inilah Cara Bermain Hoki, Salah Satu Olahraga Tertua di Dunia

Teknik cara bermain hoki

Hobring.com – Hoki merupakan olahraga yang biasanya dimainkan oleh dua tim yang saling melawan satu sama lain dengan berusaha memasukan bola ke gawang lawan menggunakan tongkat hoki.

Sebagian besar negara di dunia memainkan hoki di sebuah lapangan hijau. Sementara negara-negara lainnya seperti Amerika Serikat, Rusia, Kanada dan beberapa negara di wilayah Eropa Timur justru memilih bermain hoki di sebuah lapangan es.

Penggunaan istilah hoki pertama kali tercatat dalam buku Juvenile Sports and Pastimes yang terbit pada tahun 1773 karya Richard Johnson.

Dalam buku tersebut tertulis bahwa permainan Hoki sudah ada sejak tahun 1363 yang diperkenalkan oleh Raja Edward III dari Inggris dengan menggunakan bahasa latin.

Sementara sejarawan asal Inggris, John Strype tidak menggunakan kata istilah hoki dalam menerjemahkan apa yang disampaikan oleh Raja Edward III pada saat itu.


Baca Juga:


Ia justru mengacu pada istilah Cambuck yakni sebuah permainan yang lebih mirip seperti bermain golf atau helipad.

Seiring berjalannya waktu, ada banyak sekali catatan sejarah yang mengarah kepada permainan hoki namun tidak dapat dipastikan apakah permainan itu adalah olahraga hoki yang sesungguhnya atau tidak.

Karena masih belum diketahui secara pasti darimana asal olahraga hoki, di abad ke 19 mulai banyak bermunculan permainan-permainan yang serupa dengan hoki dan membentuk organisasinya masing-masing.

Di dunia ada beberapa subtipe yang secara sekilas mirip dengan olahraga hoki tapi memiliki penyebutan yang berbeda-beda.

olahraga hoki
Foto: Freepik/Master1305

Misalnya olahraga Bandy yakni sebuah permainan yang dilakukan di lapangan es berukuran sepak bola dengan aturan yang mirip dengan olahraga sepak bola.

Olahraga Bandy begitu popular di Eropa terutama di Rusia. Sekilas mirip dengan hoki es, tapi sayangnya para pelaku olahraga Bandy mengklaim bahwa Bandy berbeda dengan hoki es.

Terlepas dari asal usul olahraga Hoki dan keberagaman tipe serta penyebutan dari olahraga yang satu ini. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda pahami sebelum bermain hoki es.

Aturan Dasar

Peralatan Hoki

Sebelum memulai permainan hoki ada baiknya Anda memahami aturan dasar bermain hoki. Karena hoki adalah olahraga dengan kontak penuh. Maka Anda harus melindungi tubuh agar tidak cedera.

Ada perlu mengenakan bantalan pelindung dan helm agar saat terjatuh hal itu membantu Anda untuk melindungi dari cedera serius. Pastikan Anda mengetahui bantalan dan helm apa yang cocok untuk tubuh Anda.

Selain itu, Anda memerlukan sepasang sepatu hoki yang bagus untuk melindungi pergelangan kaki dan membuat Anda bergerak bebas tanpa takut cedera.

Tata Letak Arena

olahraga hoki
Foto: NHL Style Ice Hockey Rink

Di dalam arena hoki terdapat tiga bagian yang ditandai dengan garis biru di atas es. Pada bagian tengah terdapat garis tebal yang disebut dengan zona netral. Sementara garis merah tipis di ujung arena adalah garis gawang atau tempat gawang berada.

Setengah lingkaran pada setiap garis gawang artinya lipatan atau area tempat kiper bermain. Selain itu terdapat beberapa lingkaran di arena merupakan tempat masing-masing pemain untuk saling berhadapan. Dan lingkaran face-off biasanya digunakan untuk penalti.

Cetak Poin

Tim akan mendapatkan poin sebagai bagian dari tujuan utama permainan dengan cara memasukan keping ke gawang lawan dengan menggunakan tongkat.

Seorang kiper bertugas untuk menjaga gawang agar keping lawan tidak masuk ke area pertahanan. Oleh karena itu kiper berkewajiban untuk mempertahankan gawang dari musuh atau lawan.

Setiap pemain yang memasukan keping ke gawang lawan itu artinya tim mendapatkan satu poin. Tidak ada batasan berapa poin yang bisa di cetak selama pertandingan.

Waktu Permainan

Terdapat tiga periode dalam pertandingan. Satu periode terdiri dari 12-20 menit tergantung dari liga yang dimainkan.

Saat satu periode berakhir, permainan akan secara otomatis berhenti atau istirahat sejenak. Kemudian di periode kedua, lawan akan saling berganti posisi tempat.

Di periode ketiga, tim yang mendapatkan banyak poin dialah pemenangnya. Jika kedua tim seri pada periode ketiga, maka akan dilakukan perpanjangan waktu guna mendapatkan pemenang dalam pertandingan.

Larangan Permainan. Seperti permainan pada umumnya, hoki memiliki hukuman bagi para pemain yang melanggar peraturan saat bermain hoki.

Adapun beberapa hukum yang biasanya dilakukan dalam permainan hoki adalah:

  • Penggunaan tongkat hoki yang berbahaya misalnya mengarahkan ke arah wajah atau di atas kepala.
  • Sengaja mencelakai pemain lainnya dengan membuatnya tersandung.
  • Mengganggu pemain lainnya yang sedang tidak memegang keping hoki
  • Berusaha mencelakakan lawan dengan menargetkannya ke arah kepala.

Teknik Cara Bermain Hoki

Cara Memegang Stik Hoki

Sebelum mulai memainkan keping hoki, ada baiknya Anda memegang stik hoki dengan cara yang benar. Pertama letakan tangan kanan di bagian tengah stik. Selanjutnya gunakan tangan kiri untuk memegang stik yang sama dengan posisi berada di bagian bawah stik atau ujung stik.

Pastikan posisi memegang stik dengan benar yakni membentuk huruf V dengan sejajarkan antara ibu jari dan telunjuk. Selanjutnya kepala stik hoki harus diletakan di permukaan tanah dengan ujung stiknya yang mengarah ke atas.

Cara Menggiring Bola

hoki
Foto: Freepik/Dusanpetkovic

Istilah dribble bukan hanya ada dalam permainan bola basket saja tapi juga ada dalam permainan hoki. Ada dua macam dribble atau menggiring bola yang dapat dilakukan dalam permainan hoki.

  • Dribble Buka Tutup adalah mendorong keping hoki secara menyerong ke arah kiri depan menggunakan forehand.

Setelah itu dorong kembali secara serong ke arah kanan depan dengan menggunakan backhand. Saat dilakukan secara berulang, keping akan tampak seperti dimainkan secara zig zag.

  • Dribble Lurus adalah cara mendorong keping hoki ke arah depan tanpa menyerong ke kanan maupun ke kiri. Jika dilakukan secara berturut-turut istilah tersebut dinamakan short tap.

Cara Memukul

olahraga hoki
Foto: Freepik/Dusanpetkovic

Langkah selanjutnya adalah memukul keping hoki dengan tujuan untuk mengoper kepada teman satu tim ataupun untuk memasukkan ke dalam gawang lawan.

Meski terlihat biasa saja, Anda tetap membutuhkan konsentrasi yang tinggi dan fokus kepada sasaran Anda. Hal-hal yang tidak terduga saat memukul keping adalah menyerahkan keping kepada lawan atau menembak keping dengan meleset dan tidak masuk gawang.

Cara Menghentikan

Teknik menghentikan keping hoki yang datang menghampiri kita mungkin sekilas tampak sederhana dan mudah. Tapi bagaimana kalau tiba-tiba lawan sudah merebutnya terlebih dahulu. Meskipun tampak sederhana dan mudah tapi pastikan Anda menguasai keping hoki sebelum direbut oleh lawan Anda.

Memang tidak mudah karena bola bergerak sangat cepat. Meskipun pasti akan meleset berkali-kali tapi tidak ada salahnya untuk terus melatih diri bermain hoki.

Cara Mendorong

Pushing atau mendorong dalam teknik bermain hoki bertujuan untuk menyerang atau menembak keping ke gawang. Supaya keping bola tidak direbut oleh lawan, Anda harus bergerak dengan cepat ke gawang lawan untuk dapat mencetak poin bagi tim Anda.

Nah itulah teknik cara bermain hoki yang bisa Anda coba ikuti. Jika Anda ingin menguasainya lebih dalam lagi tentang teknik bermain hoki, cobalah untuk bergabung dengan komunitas atau klub hoki disekitarmu. Selamat mencoba!

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button