GamesNews

Inilah Cara Bermain Egrang Yang Benar

Hobring – Egrang adalah salah satu permainan khas Indonesia, dan sudah dimainkan sejak dahulu kala. Namun tahukah kamu cara bermain Egrang itu seperti apa? Jika kamu belum tahu. Maka Hobring akan mengulas secara menyeluruh tentang permainan tradisional ini.

Perkembangan zaman pun membuat perubahan di segala aspek dalam kehidupan kita. Salah satu yang terdampak adalah Egrang. Perkembangan zaman yang pesat membuat Egrang berevolusi dengan segala bahan dasar. Bahkan diketahui terdapat Egrang yang terbuat dari karet maupun besi.

Darimana asal permainan Egrang?

Sebelum membahas lebih jauh mungkin kalian akan bertanya darimana asal permainan Egrang. Egrang sendiri merupakan permainan yang sudah dikenal oleh para orang tua kita. Namun meski sudah dimainkan sejak lama, tidak ada daerah pasti yang mengklaim permainan ini.

Baca juga:

Egrang sendiri diketahui telah menyebar di Indonesia. Tak hanya itu, tiap daerah pun memiliki nama tersendiri untuk penyebutan permainan yang mengutamakan keseimbangan ini.

Jika kamu berkunjung ke Lampung, maka kamu tidak akan menjumpai Egrang. Sebab di kota yang terkenal dengan keripik pisangnya itu Egrang dinamai Terompah Pancung. 

Bahkan Egrang dengan penyebutan Terompah Pancung juga berbeda saat berada di Kota Padang dan daerah Sumatera Barat lainnya. Pasalnya permainan dengan bahan dasar bambu atau kayu ini dikenal dengan Tengkak-tengkak.

Hal menarik lainnya adalah Egrang sangat bermanfaat untuk pos. Diklaim Egrang menjadi kendaraan para kurir pos di zaman dahulu lho. Kebayang dong dengan banyak surat yang dibawanya pak pos juga harus pandai menjaga keseimbangan.

Apa manfaat permainan Egrang?

Meski tampak hanya sekedar permainan, namun Egrang memiliki manfaat tersendiri untuk tubuh. Berikut manfaat permainan Egrang yang bisa kamu dapatkan:

  1. Melatih kekuatan tubuh

Gerakan dasar Egrang adalah melangkah maju. Namun untuk melangkah maju pemain Egrang harus membuat gerakan tangan dan kaki yang seirama. Gerakan ini pun yang melatih kekuatan tubuh khususnya tangan dan kaki.

Saat melangkah maju tangan harus mengangkat Egrang maju. Mengangkat Egrang yang terbuat dari bambu membuat bagian tangan ikut bergerak. Hal serupa pun diikuti oleh kaki.

  1. Fokus

Meski hanya permainan, namun Egrang harus dimainkan dengan fokus yang tinggi. Bila kamu tidak fokus kamu bisa saja terjatuh saat diperjalanan menuju finish.

  1. Kejujuran

Manfaat lainnya dari Egrang, yakni kejujuran. Sudah menjadi rahasia umum bila Egrang akan lebih menarik bila dimainkan di outdoor dan ditonton oleh penonton.

Maka seandainya salah satu pemain jatuh dapat mengikuti peraturan yang sudah disepakati bersama, seperti mengulang dari garis start.

Sikap jujur yang diterapkan sejak dini membuat anak-anak kita memiliki kepribadian yang dan tentunya akan sangat berpengaruh untuk kehidupan mereka di masa depan.

Sebelum kejujuran diterapkan tentunya para pemain harus mengetahui peraturan-peraturan yang ada di dalam Egrang tujuannya tentu agar semua pemain dapat bermain dengan fair. 

Peraturan permainan Egrang

Semua permainan tampaknya memiliki peraturannya sendiri, seperti sepakbola yang tidak boleh menggunakan tangan kecuali sepak bola, dan olahraga lainnya beserta aturannya. Hal itu pun sama dengan Egrang.

Pasalnya dengan para pemain mengikuti peraturan yang diterapkan akan membuat permainan menjadi lebih menantang dan seru. 

  1. Peserta Egrang minimal terdiri dari tiga orang
  2. Sebelum mulai permainan, peserta harus tidak memegang atau berada di posisi siap di atas Egrang
  3. Berjalan pada lintasannya masing-masing
  4. Sebelum pergantian pemain, pemain sebelumnya harus melewati garis pergantian beserta dengan Egrang nya
  5. Pemain selanjutnya berada di luar garis pergantian
  6. Tim yang menang adalah tim yang ketiga anggotanya berhasil melewati garis finish

Adapun peraturan di atas hanya berlaku untuk regu. Jika permainan dengan sistem saling menjatuhkan, maka peserta yang terlebih dahulu jatuh yang kalah.

Bila sudah tahu peraturan permainan Egrang, mari kita bahas cara bermain permainan yang menggunakan bahan dasar bambu ini.

Berikut bagaimana cara bermain Egrang:

  1. Menyiapkan Egrang

Langkah pertama pastikan Egrang sudah berada di sisi kalian sebelum kalian memainkan salah satu permainan tradisional Indonesia ini.

  1. Posisikan Egrang sedikit condong ke depan

Posisi Egrang yang sedikit condong difungsikan agar para pemain dapat dengan mudah menaiki Egrang.

  1. Atur satu Egrang di depan, dan satu Egrang lainnya di belakang

Posisi Egrang yang seperti bertujuan agar para pemain saat mulai berlomba mendapatkan keseimbangan.

  1. Injak Egrang yang sudah diposisikan paling depan

Sebelum melangkah saat permainan dimulai pastikan Egrang yang berada di depan sudah diinjak dengan kuat. Terinjaknya Egrang yang depan bertujuan untuk kamu menyiapkan diri saat permainan sudah dimulai.

  1. Mulai berjalan di tempat hingga posisi seimbang

Langkah lainnya sebelum aba-aba dimulai adalah menjaga keseimbangan di atas Egrang. Sebab andai kamu belum dalam keadaan seimbang ini akan berpotensi kamu mendapatkan cedera.

  1. Menuju garis finish

Kalau semuanya sudah siap dan permainan tengah berlangsung pastikan kamu menjadi yang tercepat diantara peserta lain saat menuju garis finish.

Dan jika merasa akan segera jatuh maka sebaiknya letakan kaki diantara kedua Egrang. Sebab posisi itu adalah yang teraman saat Egrang tidak seimbang dan berpotensi untuk jatuh.

Meski tampak seolah hanya permainan tradisional semata, namun Egrang memiliki banyak manfaat yang berada di dalamnya.

Adapun manfaat bermain Egrang sebagai berikut:

  1. Melatih tanggung jawab

Ketika kamu sudah memulai permainan ini, maka pilihan satu-satunya adalah maju dan selesaikan permainan ini entah apapun hasil yang akan kamu dapatkan saat pertandingan usai.

  1. Sportivitas

Seperti yang sebelumnya dijelaskan kejujuran adalah salah satu bentuk sportivitas yang akan berguna kehidupan setiap diri dalam kehidupannya di masa depan.

  1. Mengasah keberanian

Sama halnya dengan belajar sepeda dan hal lainnya, Egrang juga berpotensi untuk mengasah keberanian kamu. Gagal memang dapat kita temui dalam segala hal saat mencobanya.

Namun gagal sebenarnya adalah saat kamu benar-benar menyerah dengan proses dan kamu tidak menyelesaikannya dengan baik.

  1. Belajar keseimbangan

Salah satu faktor utama keberhasilan permainan ini adalah keseimbangan. Berdiri di atas dua bambu dengan dapat bergerak secara leluasa adalah salah satu bakat yang kamu miliki.

Kalau kamu mampu memainkan permainan ini, ambring alias admin Hobring ingin mengucapkan selamat! Kenapa? Sebab tidak semua orang dapat memainkan permainan ini, kamu hebat!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button