NewsFood

Inilah 6 Makanan Antiinflamasi yang Mampu Redakan Peradangan

Hobring.com – Inflamasi atau peradangan adalah bagian mekanisme dalam tubuh saat sedang berupaya melindungi diri dari serangan infeksi mikroorganisme asing. Adapun yang dimaksud dengan mikroorganisme asing adalah bakteri, virus dan jamur.

Peradangan bisa menjadi baik, tapi juga bisa menjadi buruk. Di satu sisi dapat membantu tubuh mempertahankan diri dari infeksi dan cedera seperti yang dilansir dari laman Healthline.

Namun di sisi lain peradangan yang kronis dapat menyebabkan penambahan berat badan dan penyakit lainnya. Adapun upaya agar inflamasi tidak semakin parah, maka diperlukan asupan makanan yang bisa melawan peradangan dalam tubuh.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa membantu Anda mengatasi inflamasi.

1. Buah Beri

Makanan antiinflamasi
Buah Beri. Foto: Jcstudio

Buah beri merupakan buah yang berukuran kecil yang mengandung serat, vitamin dan mineral. Selain itu, buah beri mengandung antioksidan yang disebut dengan nama antosianin.


Baca Juga:


Efek dari senyawa ini adalah dapat mengurangi risiko penyakit dalam tubuh seperti jantung. Selain itu juga, buah beri dapat menjaga sistem kekebalan yang berfungsi untuk kesehatan tubuh.

2. Alpukat

Makanan antiinflamasi
Alpukat. Foto: a_sherstobitov

Buah alpukat salah satu dari sekian makanan yang dianggap mampu mengurangi peradangan dalam tubuh. Buah yang satu ini memiliki kandungan potasium, magnesium, serat dan lemak sehat yang baik untuk jantung.

Selain itu jugam alpukat memiliki karotenoid dan tokoferol yang bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker.

Dari sekian banyak manfaat, salah satu khasiat yang bagus untuk tubuh adalah senyawa dalam buah alpukat dapat mengurangi peradangan pada sel-sel kulit Anda. Hal ini tentu saja sangat baik sekali jika dikonsumsi untuk jangka panjang.

3. Anggur

Makanan antiinflamasi
Anggur. Foto: Racool_studio

Buah anggur merupakan salah satu sumber resveratrol terbaik yang mengandung antosianin yang berfungsi untuk mengurangi peradangan.

Buah yang satu ini juga dapat menurunkan risiko dari beberapa penyakit seperti obesitas, gangguan kesehatan mata, diabetes, penyakit jantung sampai Alzheimer.

4. Kakao dan dark chocolate

Makanan antiinflamasi
Kakao. Foto: kabachki.photo

Dark chocolate atau cokelat hitam dan kakao adalah makanan yang tidak hanya nikmat tapi juga menyehatkan tubuh.

Makanan yang satu ini tidak hanya kaya akan antioksidan yang dapat membantu mengurangi inflamasi. Namun juga bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit dalam tubuh.

Flavanol yang terkandung dalam dark chocolate dan kakao bukan hanya memberikan efek antiinflamasi tetapi juga menjaga sel-sel endotel yang melapisi arteri Anda agar tetap sehat.

Dark chocolate yang mengandung setidaknya 70% kakao menunjukkan persentase yang lebih besar bahkan lebih baik untuk mendapatkan manfaat antiinflamasi ini. Jika Anda tidak menyukainya, coba pikir ulang kembali.

5. Tomat

Makanan antiinflamasi
Tomat. Foto: 8photo

Manfaat tomat selain menghasilkan nutrisi yang sehat, tetapi juga kaya akan vitamin C, kalium, antioksidan dan likopen.

Likopen merupakan hidrokarbon karotenoid merah cerah yang ada di dalam buah tomat dan buah-buah lainnya. Manfaat likopen adalah dapat mengurangi senyawa pro-inflamasi yang menyebabkan kanker dalam tubuh.

Sebuah studi penelitian menjelaskan bahwa dengan mengonsumsi jus tomat secara teratur dapat menurunkan gejala inflamasi dalam tubuh khususnya bagi wanita dengan kategori berat badan berlebih. Akan tetapi tidak terjadi kepada mereka yang mengalami obesitas.

6. Brokoli

Makanan antiinflamasi
Brokoli. Foto: narong27

Brokoli kaya akan sulforaphane, antioksidan yang melawan peradangan dengan mengurangi kadar sitokin dan NF-kB yang menyebabkan inflamasi dalam tubuh.

Sayuran brokoli akan semakin berdampak baik jika dikonsumsi dengan beberapa sayuran lainnya seperti kembang kol, kubis Brussel dan kangkung.

Sebuah fakta penelitian menunjukkan bahwa makan banyak sayuran silang dapat menurunkan risiko penyakit kanker dan jantung.

Mulailah dengan cara mengubah gaya hidup sehat dan tetap menjaga kesehatan Anda dengan mengonsumsi makanan antiinflamasi yang dapat membantu mengatasi masalah peradangan dan berguna untuk menjaga kekebalan tubuh.

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button