NewsOlahraga

Ingin Tetap Sehat? Lakukan 6 Olahraga Ini Dirumah

Hobring.com – Melakukan olahraga secara teratur bisa menjaga tubuh kalian agar tetap sehat. Selain itu, hal lain yang harus kalian lakukan untuk kesehatan dan kebugaran tubuh yaitu menerapkan pola makan sehat.

Seseorang diwajibkan meluangkan waktu untuk melakukan olahraga, baik dirumah maupun di sarana olahraga umum. Hal tersebut untuk membakar kalori dan menjaga ketahanan tubuh agar terhindar dari penyakit.

Tak hanya itu, olahraga diyakini memiliki beberapa manfaat penting seperti meningkatkan kemampuan otak, menjaga berat badan agar tetap ideal, memperkuat tulang dan otot dan yang terpenting untuk meningkatkan kemampuan dan daya tahan tubuh dalam beraktivitas sehari-hari.

Nah, kali ini Hobring akan merangkum olahraga yang bisa kalian lakukan dirumah baik di dalam ruangan maupun halaman. Simak selengkapnya di bawah;

Baca Juga:

1. Jogging / Jalan-Jalan

jogging
dok Foto: Istimewa

Jogging nyatanya bisa kalian lakukan di rumah. Kalian bisa melakukannya dengan mengelilingi area dalam rumah atau halaman.

Jika rumah kalian memiliki dua lantai, kalian bisa naik-turun memanfaatkan tangga rumah. Meski dirumah, kalian diwajibkan untuk tetap memakai sepatu agar terhindar dari cedera.

2. Sit Up

Sit up

Olahraga satu ini cukup mudah dilakukan. Kalian hanya perlu berbaring di lantai, kemudian tekuk kaki kalian pada pegangan, setelah itu letakkan tangan di samping kepala hingga menyentuh telinga.

Lalu angkat tubuh kalian ke arah lutut, dan untuk melakukan Sit up disarankan menggunakan alas.

Sit Up memiliki banyak manfaat bagi tubuh yakni, membakar kalori, memperbaiki postur tubuh, menjaga otot-otot agar tetap kuat dan masih banyak lainnya.

3. Push Up

Push up
dok. Foto: Istimewa

Sama halnya seperti Sit Up, Push Up bisa kalian lakukan di area rumah manapun dan tidak perlu bantuan alat.

Push Up memiliki 5 variasi agar kalian tidak bosan ketika melakukannya yaitu, Clap Push-Up, Knuckle Push-Up, One Handed Push Up, Elevated Feet Push Up dan Handstand Push Up

4. Jumping Jack

Jumping jack

Untuk olahraga satu ini bermanfaat untuk kekuatan tubuh. Cara melakukan Jumping Jack cukup mudah, pilihlah area rumah yang sedikit luas.

Kemudian kalian hanya perlu melompat dan mengayunkan tangan ke atas kepala serta mengayunkan kedua kaki.

5. Squat

Squat
dok. Foto: Istimewa

Cara mempraktekkan gerakan satu ini, kalian cukup berdiri tegak. Kemudian luruskan kedua tangan lalu buka kaki selebar pinggul.

Setelah itu, turunkan tubuh hingga seperti kalian saat duduk dikursi, lalu dorong tubuh ke atas seperti semula. Lakukan gerakan ini berulang kali sekuat kalian.

Squat sendiri memiliki beberapa manfaat bagi tubuh seperti memperkuat oto kaki dan punggung.

6. Plank

plank
dok. Foto: ITS TIME

Olahraga terakhir yang bisa kalian lakukan dirumah yaitu Plank. Gerakan satu ini sama mudahnya dengan beberapa gerakan yang ada diatas. Kendati demikian, Plank memiliki banyak manfaat bagi tubuh jika sering dilakukan.

Beberapa manfaat dari Plank yaitu, membakar kalori, menghindari nyeri punggung bagian bawah, meningkatkan otot tubuh, memperbaiki serta meningkatkat postur tubuh.

Nah, berikut tadi beberapa jenis olahraga yang bisa kalian lakukan dirumah. Dan hampir semuanya tidak perlu menggunakan alat untuk melakukannya, sangat praktis kan?.

Yuk, mari kita mulai menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan melakukan olahraga ringan seperti diatas. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian semua. Selamat mencoba putra-putri kebanggaan Indonesia!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button