TravelingNews

Ingin Rasakan Suasana Imlek Berbeda? Singkawang Jawabannya

Imlek atau pergantian Tahun Baru China di tahun 2021 jatuh pada Jumat, 12 Februari. Umumnya Imlek berlangsung selama 15 hari dengan hari penutup tahun baru disebut Cap Go Meh.

Faktanya penyebutan Imlek hanya berada di Indonesia saja, dan tidak dilakukan oleh warga keturunan China, negara lain, bahkan di China sendiri, dan jika kamu ingin merasakan suasana Imlek yang berbeda maka cobalah kunjungi Singkawang, Kalimantan Barat.

Pasalnya Singkawang digadang-gadang sebagai Hong Kong-nya Indonesia. Singkawang sendiri menawarkan tempat wisata unik bagi para pelancong yang berkesan mulai dari bangunan bersejarah hingga wisata alam.

Berikut ini tempat-tempat di Singkawang yang dapat kamu kunjungi saat Imlek:

Pusat Kota Singkawang

Pusat Kota Singkawang diklaim selalu menyediakan berbagai pernak-pernik untuk mendukung perayaaan Imlek kamu. 

Dewan Penasihat panitia Imlek dan Cap Go Meh Singkawang, Tjhai Leonardi mengungkapkan pada Antara, meski berbagai kegiatan pameran UMKM dan hiburan rakyat ditiadakan, namun menghiasi kota tetap akan dilaksanakan. 

Dan untuk kegiatan tersebut akan dilakukan di Jalan P Diponegoro, Setia Budi, Sejahtera, hingga Bundaran AI 1001, kemudian menuju Beringin Corner dan diakhiri di Gerbang Cap Go Meh, yaitu di Jalan P Diponegoro.

Kelenteng Bumi Raya

Singkawang menjadi daerah dengan julukan Kota Seribu Kelenteng. Sebutan ini tampaknya tidak berlebihan, sebab Singkawang memiliki banyak kelenteng dengan concern-nya di klenteng Bumi Raya.

Pasalnya klenteng itu berdiri sejak 1878 lalu dan menjadi ikon kota Singkawang. Tak hanya itu, klenteng Bumi Raya diyakini sebagai tempat beribadah umat Tri Dharma di Singkawang, Kalimantan Barat ini.

Rumah Tua Keluarga Tjhia

Di samping menikmati pemandangan ornamen Imlek, salah satu tempat yang dapat kamu kunjungi adalah bangunan bersejarah di Singkawang, Rumah Keluarga Tjhia (Xie).

Tempat ini menjadi salah satu cagar budaya yang kaya dengan sejarah. Rumah Tjhia pun diklaim didirikan pada tahun 1901-1902 dan terletak di Jalan Budi Utomo. 

Rumah ini sendiri adalah rumah seorang pendatang Fujian, China yang memutuskan untuk tinggal di SIngkawang. Keputusan Tjhia terbilang baik, sebab dirinya dikabarkan menjadi pengusaha dan membangun rumah dengan nuansa China bercampur Eropa.

Pantai Pasir Panjang

Namun andai kamu mengunjungi Hong Kong-nya Indonesia tersebut untuk merayakan Imlek pastikan kamu tetap berada dalam keadaan sehat dan menerapkan 3M, yaitu mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, dan menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button