LifestyleNews

Ingin Kasur Terbebas Dari Tungau? Ini Solusinya!

Indonesia memiliki iklim tropis dengan hawa panas dan lembab, hal ini sering membuat perabotan rumah menjadi tempat bakteri berkembang biak. Inilah solusi untuk permasalahan tersebut.

Umumnya tempat tidur berada dalam suatu ruangan yang tertutup dan sirkulasi udaranya kurang baik. Dengan kondisi tersebut jelas membuat seringkali mengundang serangga parasit atau lebih dikenal dengan tungau.

Maka untuk memberikan kenyamanan dan terbebas dari tungau, kamu harus rajin menjaga kebersihan kamar, terutama tempat tidur.

Berikut ini solusi agar terhindar dari tungau:

  1. Selalu jaga kebersihan

Bila ada bagian tertentu yang kotor, kamu dapat membersihkannya dengan pembersih, seperti cuka dan baking powder. 

Caranya campur baking powder dengan cuka untuk membersihkan noda. Adapun manfaat dari campuran ini adalah membasmi kuman serta mencegah jamur pada sarung bantal atau sprei. Saat membersihkannya pastikan keadaan kasur tidak terlalu basah. 

2. Ganti alas tidur secara rutin

Sprei atau pelapis kasur dari bahan kain sering bersentuhan dengan kulit kita, terkadang bahkan  air liur ikut dan keringat bercampur di sprei kita.

Namun faktor tersebut tanpa kita sadari adalah wadah untuk bakteri berkembang biang. Maka, ada baiknya kamu mengganti sprei serta sarung bantal kamu secara berkala.

  1. Jemur kasur

Cara tradisional yang terbaik adalah dengan menjemur kasur di bawah sinar matahari langsung. Setelah dijemur kamu dapat menyedot debu dengan vacuum cleaner atau sejenisnya.

Namun bila kamu tidak memiliki alat pendukung yang disebutkan, kamu dapat menggantinya dengan memukul-mukul kasur dengan rotan.

Ada baiknya setelah kamu membersihkan kasur kamu gunakan masker, dan setelahnya langsung bersih-bersih diri dengan mandi.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button