NewsToys

Ingat Tamagotchi? Mainan Legendaris Anak 90’an Hadir Lagi Bentuk Smartwatch

Hobring.com – Bagi kalian yang tumbuh di tahun 90-an hingga awal 2000-an, Tamagotchi bukanlah hal asing. Game legendaris ini membuat pemainnya bisa memelihara hewan secara virtual.

Tamagotchi adalah salah satu mainan terkeren yang digemari banyak anak tahun 90-an. Tidak cuma anak-anak, bahkan orang dewasa juga ikut demam peliharaan virtual ini.

Sejarahnya, mainan ini produksi oleh perusahaan Jepang bernama Bandai. Pada 23 November 1996, mainan ini resmi dijual di Jepang. Kemudian baru bulan Mei 1997, Tamagotchi menginvasi dunia.

Aki Maita yang merupakan karyawan Bandai merupakan sosok pencetus kelahiran mainan legendaris yang besarnya serupa telur. Mulanya, Maita menginginkan membuat mainan yang bisa dimainkan dengan waktu senggang yang ringkas, juga tak memakan waktu.

Baca Juga:

Menurutnya, memelihara hewan secara virtual adalah jawabannya. Soal nama, Tamagotchi berasal dari dua kata, yakni “tamago” yang berarti telur, dan “tch” dengan tambahan “i” yang berasal dari “watch” yang berarti jam.

Jadi pada dasarnya tamagotchi merupakan permainan hewan peliharaan yang berkaitan erat dengan waktu. Pemain harus bisa membagi waktu untuk mengurus hewan virtual agar tidak mati.

Tamagotchi sendiri memberikan dampak dan bersinggungan dengan budaya Jepang. Pertama, Tamagotchi memberikan kesempatan bagi perkembangan psikologin anak, termasuk di dalamnya memberikan pendidikan modern dengan persahabatan antara sang pemilik dengan robot.

Selain itu, tamagotchi pada praktiknya juga turut mengajarkan anak-anak tentang kedisiplinan dan tanggung jawab. Hal ini karena hewan virtual yang ada di dalamnya menuntut perawatan layaknya hewan peliharaan pada umumnya.

Bentuk tamagotchi yang kecil seperti telur membuatnya mudah dibawa ke mana-mana. Warnanya yang cerah dan beragam juga bikin siapapun terpikat untuk memilikinya.

Mainan virtual ini memiliki sebuah layar yang menampilkan kotak-kotak piksel layaknya monokrom hitam putih. Nantinya, di layar tersebut akan ditampilkan hewan peliharaan yang harus kalian besarkan dengan baik.

Saking hitsnya, Tamagotchi sempat jadi barang terlarang untuk dibawa ke sekolah, karena dianggap dapat mengganggu kegiatan belajar mengajar.

Enggak heran, tamagotchi terjual hingga 76 juta unit pada tahun 2010 di lebih dari 30 negara dunia. Demam tamagotchi membuatnya masuk jajaran 10 permainan terlaris di dunia.

main tamagotchi

Cara memainkan Tamagotchi

Layaknya merawat hewan peliharaan pada umumnya, bermain tamagotchi juga harus dirawat dengan diberi makan, membersihkan kotorannya, hingga mengajak hewan peliharaan virtual ini bermain.

Di awal permainan, pemain akan memulai dengan sebutir telur. Telur itu kemudian menetas menjadi hewan peliharaan kecil. Pemain harus bisa merawat hewan itu sesuai usianya.

Jika dirawat dengan benar, hewan peliharaan ini akan semakin besar hingga jadi dewasa. Demi memastikan hewan peliharaan virtual tumbuh dengan baik, kamu harus rajin memberi segala kebutuhannya.

Permainan ini akan memunculkan pemberitahuan apabila hewan peliharaan kamu lapar, maka harus segera memberi makan, jika tidak hewan akan mati. Begitu pula pemberitahuan saat hewan ingin buang air atau sedang sakit.

Sayangnya permainan ini tidak menyediakan fitur pause, sehingga jika dibiarkan dalam waktu lama atau lupa memainkannya, hewan bakal mati tidak terurus.

tamagotchi watch
Dok/Foto: Tamagotchi Watch (Bandai Namco)

Lahir kembali dalam bentuk smartwatch

Permainan lawas tamagotchi, rupanya bakal hidup lagi dengan tampilan yang lebih modern. Dalam rangka merayakan ulang tahunnya ke-25, game buatan Bandai Namco akan diproduksi kembali dalam bentuk smartwatch.

Bandai, mulai memberikan bocoran-bocoran Tamagotchi Smart. Dalam tangkapan layar yang beredar di internet, tamagotchi itu dilengkapi dengan tali jam tangan.

Jam tangan berbentuk bulat dan tampak bulky (tebal dan besar) itu didesain seperti jam tangan anak-anak. Pada gambar tampak jam tangan ini tersedia dalam dua warna, biru muda dan merah muda.

Versi baru tamagotchi ini bisa dikendalikan dengan layar sentuh dan suara. Pemilik bisa melakukan berbagai pemeliharaan hewan dengan layar sentuh tersebut.

Sementara perintah suara akan digunakan untuk berinteraksi dengan hewan peliharaan digital. Pihaknya juga akan menghadirkan karakter dan berbagai item baru.

Menariknya, jam tangan ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur smartwatch lain, seperti perhitangan langkah pedometer, jam digital, dan fitur untuk saling terhubung dengan tamagotchi milik orang lain.

Melansir TechRadar pada bagian samping, terdapat port yang bisa digunakan untuk memasukkan TamaSmaCard. Kemungkinan kartu ini bakal digunakan jika pengguna ingin menambahkan karakter hewan peliharaan baru atau menambah aksesoris.

Smartwatch tamagotchi ini rencananya rilis November di Jepang dan belum diketahui apakah gawai ini juga akan dijual secara internasional.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button