OlahragaLifestyle

Ingat Kucing-Kucingan? Permainan Masa Kecil Ini Ada Kejuaraan Dunianya

Kucing-kucingan jelas bukan permainan asing buat kita di Indonesia. Tapi saiapa sangka, permainan masa kecil ini ada kejuaraan dunianya lho.

Di Amerika, kucing-kucing dikenal dengan nama Chase Tag. Belakangan, permainan ini menjadi sebuah cabang olahraga baru yang dipertandingan secara profesional.

Tentunya, ketika dipertandingan secara profesional permainannya tak dimainkan sembarangan. Ada aturan mengikat yang harus dipatuhi.

Aturan Kucing-Kucingan Profesional

Kucing-Kucingan atau Chase Tag, dimainkan oleh dua tim dan masing-masing tim memiliki maksimal lima atlet. Setiap pertandingan terdiri dari jumlah pengejaran yang telah ditentukan sebelumnya (biasanya 16 pengejaran).

Setiap pengejaran berdurasi dua puluh detik dan memiliki satu atlet dari setiap tim – satu adalah Pengejar dan satu lagi adalah Pengelak (yang dikejar).

Atlet yang menang di setiap pengejaran tetap bertahan dan atlet yang kalah keluar dan digantikan oleh rekan satu tim yang menjadi Pengejar di Pengejaran berikutnya.

Sebuah tim diberikan satu poin jika atletnya berhasil menghindari lawannya selama pengejaran (yaitu 20 detik). Tim dengan poin terbanyak setelah jumlah pengejaran yang ditentukan sebelumnya memenangkan pertandingan.

Tag (pengenaan) harus dibuat dengan tangan (yaitu bukan kaki). Jika seorang atlet melangkah keluar batas, mereka kalah dalam pengejaran itu.

Kucing-Kucingan Team Match

Setiap tim terdiri hingga 5 pemain. Pertandingan dibagi menjadi Putaran. Setiap Putaran memiliki 2x 20 detik Pengejaran dan diperebutkan oleh satu pemain dari masing-masing Tim.

Pertama, Pemain A mengejar Pemain B, lalu Pemain B mengejar pemain A. Siapa pun yang mengikuti lawannya dalam waktu tercepat memenangkan ronde itu dan mendapat satu poin untuk tim mereka.

Jika sebuah babak berakhir seri, tidak ada tim yang mendapatkan poin. Setelah jumlah ronde yang ditentukan, tim dengan poin terbanyak menang.

Kucing-Kucingan Single Match

Ada dua atlet di setiap pertandingan. Pemenangnya adalah atlet pertama yang mengumpulkan 10 poin dan dia harus unggul dua poin dari lawannya. Pertandingan dimainkan dalam beberapa ronde.

Setiap babak terdiri dari dua periode di mana setiap atlet mengambilnya secara bergantian untuk menjadi tag. Setiap periode berlangsung selama 20 detik hingga pengejar bisa menyentuh lawa.

Satu poin dicetak untuk setiap sentuhan yang berhasil dan satu poin tambahan dicetak oleh atlet yang memenangkan ronde tersebut (yaitu atlet yang mencetak label sukses di waktu terendah).

Kucing-Kucingan Sudden Death Match

Ada dua atlet di setiap pertandingan. Pertandingan dibagi menjadi Putaran. Setiap Putaran memiliki Pengejaran 2x 20 detik di mana para atlet bergantian sebagai Pengejar & Pengelak.

Atlet yang Menghindar untuk waktu terlama di Babak memenangkan pertandingan. Jika Babak berakhir seri / seri, Babak kedua dimainkan sampai ada pemenang langsung. Pemenang melanjutkan ke babak berikutnya, yang kalah dieliminasi dari kompetisi.

Kucing-Kucingan Ultimate

Kucing Kucingan

Ada empat atlet di setiap pertandingan. Pertandingan terdiri dari babak 4x 40 detik. Setiap babak dimulai dengan atlet yang berbeda di Tag. Atlet dengan Akumulasi Tag-Time terendah menang. Jika seorang atlet melangkah keluar batas, mereka dianggap ‘Ditandai’. (DES)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button