NewsMusik

Indonesia Pentaskan Musik Gamelan dan Tarian Tradisional di Hongaria

Hobring.com – Kedutaan Besar RI di Budapest menggelar pentas seni bertajuk Indonesia Week 2021 yang diselenggarakan pada 25 Juni-2 Juli 2021 di Hongaria.

Acara tersebut merupakan bagian dari program diplomasi Indonesia dengan negara Hongaria sekaligus kegiatan pertama yang diizinkan langsung di Kota Szeged, Hongaria sejak dilonggarkannya pembatasan wilayah seperti yang dilansir dari laman Kompas.com.

Berdasarkan informasi dari akun instagram Kedutaan Besar RI di Budapest, Indonesia Week 2021 diadakan di dua tempat yang berbeda yaitu Kota Szeged dan Kota Budapest.

Indonesia week 2021
Foto: Instagram/indonesiainbudapest

Di Kota Szeged, Indonesia Week 2021 diadakan sejak tanggal 25 Juni-2 Juli 2021 yang berlokasi di Szent-Gyorgyi Albert Agora, Kota Szeged.

Sementara itu pada tanggal 26 Juni 2021, acara tersebut diselenggarakan di Hopp Ferenc Kelet-Azsiai Muveszeti Muzeum yang tidak hanya melibatkan warga negara asli Indonesia tapi juga warga negara Hongaria.

Dalam pembukaannya, Indonesia Week 2021 menghadirkan 10 foto terbaik karya fotografer asal Bali, Indonesia yaitu Mario Blanco.


Baca Juga:


Selain pameran foto, acara yang mengusung keberagaman Indonesia itu juga menampilkan pentas seni musik yakni Gamelan Jawa yang diasuh oleh KBRI Budapest.

Indonesia week 2021
Foto: Instagram/indonesiainbudapest

Menariknya, para pemain Gamelan Jawa tersebut merupakan warga negara Hongaria yang mendapatkan beasiswa Darmasiswa dan memiliki kesempatan untuk belajar di Indonesia.

Indonesia week 2021
Foto: Instagram/indonesiainbudapest

Tak hanya seni musik tradisional Indonesia, acara Indonesia Week 2021 juga menghadirkan para penari asal Indonesia yang sedang melanjutkan pendidikan di University of Szeged, Hongaria.

Duta Besar RI Hongaria Abdurachman Hudiono Dimas Wahab berharap agar masyarakat internasional terutama warga Hongaria memiliki keinginan untuk berkunjung ke Indonesia.

“Harapannya, melalui pentas seni dan budaya ini serta pameran foto-foto pariwisata Indonesia, masyarakat Hongaria maupun masyarakat asing lainnya di Hongaria tertarik berkunjung ke Indonesia saat pandemi mereda,” kata Dimas pada Rabu (30/6) yang dikutip dari laman Kompas.com.

Indonesia week 2021
Foto: Instagram/indonesiainbudapest

Antusiame warga Hongaria dalam mempelajari budaya Indonesia dapat terlihat saat para penari memberikan pelatihan singkat kepada para pengunjung untuk menarikan beberapa tarian seperti Tari Merak dari Jawa Barat.

Selain Tari Merak, para mahasiswa asal Indonesia ini juga mengenalkan tarian lainnya seperti Tari Joged dari Bali dan musik tradisional asal Bali yaitu Rindik.

Indonesia week 2021
Foto: Instagram/indonesiainbudapest

Acara Indonesia Week 2021 tak hanya upaya dari Dubes RI di Hongaria dalam menghadirkan kebudayaan Indonesia di tengah-tengah warga Hongaria.

Indonesia week 2021
Foto: Instagram/indonesiainbudapest

Tapi juga bagian dari melestarikan budaya nenek moyang Indonesia secara turun temurun dari para leluhur agar senantiasa terus terjaga dan terawat dengan baik.

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button