NewsOtomotif

Ikuti Jejak Tesla, Huawei Akan Luncurkan Mobil Tanpa Pengemudi Tahun 2025

Hobring.com – Self-driving atau kemudi otomatis adalah sebuah inovasi dalam dunia otomotif yang dimiliki oleh kendaraan dengan kemampuan artificial intelligence (AI) untuk dapat mengendarai kendaraan tanpa pengemudi.

Tesla adalah perusahaan kendaraan listrik asal Amerika yang dipimpin oleh Elon Musk yang merilis kabar bahwa mereka secara resmi menghadirkan mobil tanpa pengemudi pada tahun 2021.

Jejak langkah Tesla kemudian diikuti oleh Huawei, perusahaan teknologi multinasional asal Tiongkok yang akan mengembangkan smart car sekaligus meluncurkan mobil self-driving pada tahun 2025.

self-driving car
Foto: NewYork Times

Dilansir dari laman Futureiot, Presiden Huawei Smart Car Solutions bagian Bisnis, Wang Jun mengatakan bahwa sebelum tahun 2025, Huawei akan menghadirkan smart car di tengah masyarakat layaknya smartphone yang kita ketahui selama ini.

Kehadiran smart car dari Huawei adalah solusi atas persoalan yang sering dihadapi para pengemudi dalam mengendari kendaraan mereka. Nantinya, smart car dari Huawei akan didukung oleh HarmonyOS yang umumnya dimiliki dalam komponen smartphone.

“Tujuan kami adalah membuat ruang pintar di dalam mobil yang efisien untuk berbagai jenis aplikasi untuk membantu dalam pembuatan mobil pintar yang nyata dan pengalaman berkendara otonom,” kata Wang Jun, Presiden Huawei Smart Car Solutions bagian Bisnis kepada Futureiot.


Baca Juga:


Setidaknya dibutuhkan 10 ribu lebih insinyur dengan waktu pengembangan selama dua tahun untuk dapat mewujudkan sebuah smart car di masa depan.

Dengan HarmonyOS, Huawei telah bergabung dengan banyak raksasa teknologi seperti Apple, Amazon, dan Google. Kabar terbaru bahwa saingan Huawei yakni Alibaba dan Baidu juga dalam proses peluncuran self-driving.

Melihat para pesaingnya yang mengikuti jejak Tesla, raksasa teknologi Huawei tak hanya menghadirkan smart car tapi juga self-driving car untuk memperkuat posisinya di dunia industri.

Smart car huawei
Foto: China Daily

Mereka kemudian bermitra dengan beberapa produsen mobil ternama di Tiongkok misalnya Guangzhou Automobile Group, Chongqing Changan Automobile Co., dan BAIC Group.

Selain itu, Huawei juga bekerja sama dengan SERES untuk bersama-sama mengembangkan smart car yang dinamakan Huawei SERES SF5 yang sampai saat ini telah menerima pemesanan lebih dari 10 ribu lebih pemesanan.

Huawei berencana membuka 200 toko di seluruh Tiongkok pada akhir bulan Juli 2021 dengan menghadirkan teknologi Smart Car dan direncakan menghadirkan self-driving car di masa depan.

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button