NewsFood

Hidup Sehat! 4 Tips Alami Turunkan Kolesterol Jahat

Hobring.com – Sebagai pekerja kantoran, menjalani gaya hidup sehat memang agak sulit. Banyaknya aktivitas di kantor, seringkali memiliki pola makan sembarangan yang mengakibatkan kolesterol.

Memiliki kadar kolesterol tinggi telah dikaitkan dengan berbagai risiko penyakit, salah satunya adalah penyakit jantung dan stroke.

Jika kadar kolesterol sudah melebihi ambang batas (>200 mg/dL), Anda harus melakukan sesuatu untuk menurunkannya.

Oleh sebab itu, kadar kolesterol jahat harus dikontrol selagi meningkatkan kadar kolesterol baik. Berikut ini cara menurunkan kolesterol!

cara alami turunkan kolesterol

Kurangi makanan cepat saji

Bekerja di kantor seharian pasti membuat Anda lapar. Dorongan untuk segera memesan makanan cepat saji atau junk food sering menjadi andalan.

Selain praktis, dan cepat tentunya makanan ini mengenyangkan. Sayangnya, makanan cepat saji menjadi pantangan bagi orang dengan kadar kolesterol tinggi.

Makanan cepat saji atau junk food cenderung tinggi gula, garam, dan lemak jauh. Jika dikonsumsi sembarangan, berat badan Anda bisa naik tanpa kendali.

Untuk itu Anda harus mengurangi makanan junk food. Sebagai gantinya, siapkan selalu camilan sehat yang bisa mengenyangkan perut, misalnya pisang dan apel.

kacang kacangan
Dok/Foto: Gancino

Perbanyak konsumsi makanan berserat larut

Serat larut atau soluble fiber dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam pembuluh darah kita. Dilansir dari Health Line, zat tersebut mengandung bakteri baik bernama probiotik.

Dengan mengonsumsinya, kolesterol jahat akan menurun dengan cepat. Lantas, makanan apa saja yang mengandung serat larut? Mulai dari apel, pir, jeruk, alpukat, oatmeal, biji-bijian, dan brokoli.

sushi

Perbanyak makan ikan

Ikan mengandung sumber protein dan lemak nabati yang baik dikonsumsi tubuh untuk mengurangi kadar kolesterol.

WebMD juga menyarankan agar kita makan ikan setidaknya dua hingga empat kali dalam seminggu.
Ini karena, kandungannya kaya akan lemak baik, omega 3, serta protein yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas.

Ada baiknya, mulai sekarang gantikan daging merah yang biasa Anda konsumsi dengan ikan agar tubuh lebih sehat, seperti salmon, tuna, mackerel, dan sarden.

Mulai konsumsi alpukat

Buah Alpukat juga ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Jika Anda ingin menurunkan kolesterol, sebaiknyan konsumsi alpukat dalam bentuk buah dan tidak mencampurnya dengan bahan-bahan lain.

Dalam penelitian yang dipublikasikan oleh American Heart Association menyebutkan bahwa mengonsumsi satu alpukat sehari dapat menurunkan kadar low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat.

Penambahan bahan-bahan lain seperti gula, susu kental manis, ditakutkan akan menghilangkan fungsi alpukat sebagai penurun kadar kolesterol.

Jadi itu lah beberapa cara untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh yang bisa Anda lakukan di rumah. Mulai saat ini, kembali hidup sehat yuk!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button