NewsLifestyleOlahraga

Hati-hati, Olahraga Hanya di Akhir Pekan Bisa Terkena Serangan Jantung

Hobring.com – Olahraga lari maupun bersepeda di akhir pekan menjadi pilihan sebagian masyarakat untuk tetap menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar. Namun ternyata aktivitas tersebut cukup berisiko untuk kesehatan.

Menurut Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Heatology Cardiovascular Center, dr Ario Soeryo Kuncoro, SpJP, seseorang yang hanya melakukan aktivitas olahraga di akhir pekan itu berisiko mengalami masalah kesehatan, termasuk serangan jantung.

“Aktivitas ‘weekend warrior’ itu membahayakan, salah satu risikonya bisa mengalami serangan jantung pada saat olahraga karena menggunakan konsep push tubuh hanya saat Sabtu dan Minggu,” katanya dalam webinar Kesehatan, belum lama ini.

Lari
Dok. foto: Istimewa

Lebih lanjut, dr Ario menganjurkan kepada masyarakat untuk menyempatkan berolahraga 2 sampai 3 kali dalam satu minggu untuk mencegah serangan jantung. Dan untuk waktunya diusahakan 30 hingga 40 menit agar pembakaran kalori lebih optimal.

Baca Juga:

“Kenapa durasinya 30 hingga 40 menit? Karena dengan waktu tersebut diharapkan sudah terdapat efek baik pada organ di tubuh kita dari olahraga yang sudah kita lakukan. Kalau 10 menit, ya, belum tercapai efek yang diharapkan,” ungkapnya.

dr Ario juga menyarankan untuk menambah porsi olahraga menjadi lebih banyak agar mendapatkan perubahan yang maksimal. Namun hal tersebut boleh dilakukan jika kalian sudah menjalani olahraga secara teratur dan rutin.

“Tapi, perlu diperhatikan bahwa kenaikan level intensitas ini harus disikapi bijaksana, artinya jika tubuh Anda tidak mampu naik level secara cepat, maka jangan dipaksakan. Sebab, malah akan berisiko keparahan. Jadi, sebaiknya naik levelnya kembali ke kemampuan yang Anda sanggupi,” tambah dr Ario.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button