NewsLifestyle

Hari Yoga Internasional, Inilah 10 Manfaat Yoga Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Hobring.com – Setiap tanggal 21 Juni seluruh dunia memperingati Hari Yoga Internasional sebagai bagian dari kepedulian dan kesadaran terhadap kesehatan fisik dan mental.

Semenjak Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memproklamirkannya pada 11 Desember 2014. Kini Yoga bukan hanya lagi sekadar olahraga yang baik bagi tubuh tapi juga bermanfaat untuk harmonisasi dan perdamaian di seluruh dunia.

Biasanya dalam merayakan Hari Yoga Internasional, beberapa negara di berbagai belahan dunia mulai berpartisipasi dalam melakukan ritual yoga bersama-sama.

Namun sejak 2020, Hari Yoga Internasional dilakukan secara virtual mengingat pandemi Covid 19 masih terjadi dan cukup tinggi. Oleh karena itu, tema pada tahun ini adalah ‘Yoga Untuk Kesehatan’.

Menurut PBB, tema Hari Yoga Internasional tahun ini sangat relevan mengingat masih banyaknya masyarakat yang belum dapat pulih dan dampak Covid 19 yang begitu besar.


Baca Juga:


PBB berharap kita bersama-sama dapat saling bergotong-royong dan saling membantu untuk mengatasi krisis kesehatan baik fisik maupun mental seperti depresi dan kecemasan yang berlebihan.

Berikut Hobring.com akan merangkum manfaat yoga bagi kesehatan fisik dan mental. Tak hanya meregangkan otot-otot yang tegang tapi juga dapat membantu Anda agar lebih mudah fokus dan konsentrasi.

Mencegah kerusakan tulang rawan dan sendi

Saat kita mulai rutin berlatih yoga. Maka manfaat yang akan kita dapatkan adalah melatih persendian melalui berbagai gerakannya.

Hal ini ternyata dapat membantu mencegah artritis degeneratif atau mengurangi kecacatan pada area tulang rawan yang biasanya tidak digunakan.

Tulang rawan sendi diibaratkan seperti spons. Tulang ini akan menerima nutrisi segar ketika cairannya ‘diperas’ dan pasokan baru dapat diserap.

Selain mengonsumsi makan makanan yang tepat. Kita juga perlu berolahraga yoga untuk membuat tulang rawan dan sendi menjadi lebih sehat terutama di usia tua.

Meningkatkan aliran darah

hari yoga internasional
Foto: Freepik

Berlatih Yoga tak hanya membuat tulang menjadi lebih kuat tapi juga melancarkan aliran darah. Terlebih lagi kita melakukan latihan relaksasi dalam Yoga secara rutin.

Jika dilakukan secara teratur, hal itu dapat membuat kita mendapatkan banyak asupan oksigen ke dalam tubuh.

Beberapa contoh gerakan yoga yang direkomendasikan untuk memperlancar aliran adalah headstand, handstand dan shoulderstand.

Sebelum melakukannya, pastikan kita didampingin oleh guru yang tepat. Jangan lupa lakukan ini secara berkala sesuai dengan anjuran pelatih untuk mendapatkan hal yang maksimal.

Menurunkan tekanan darah

hari yoga internasional
Foto: Freepik

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan tekanan darah tinggi. Itu artinya Anda harus mulai melakukan gerakan-gerakan yoga.

Berdasarkan penelitian dari jurnal medis Inggris The Lancet bahwa melakukan gerakan Savasana selama tiga bulan dapat menurunkan tekanan darah yang cukup baik bagi tubuh penederita tekanan darah tinggi.

Menurunkan gula darah

hari yoga internasional
Foto: Freepik

Bagi Anda yang punya masalah dengan gula darah dan kolestrol, cobalah untuk mulai berlatih yoga saat ini.

Kabar baik bagi para penderita diabetes bahwa dengan melakukan olahraga yoga. Hal itu dapat membantu Anda menurunkan kadar kortisol dan adrenalin, menurunkan berat badan dan meningkatkan kepekaan terhadap efek insulin.

Tentu saja, yoga juga dapat menurunkan kadar gula darah dan mengurangi risiko komplikasi diabetes seperti serangan jantung, gagal ginjal dan kebutaan permanen.

Meningkatkan keseimbangan

hari yoga internasional
Foto: Freepik

Manfaat lain jika berlatih yoga secara teratur adalah meningkatkan proprioception yakni kemampuan untuk merasakan apa yang dilakukan tubuh baik antara reseptor sensoruk dengan sistem syaraf.

Orang dengan postur tubuh yang kurang proporsional biasanya memiliki proprioseptif yang buruk. Oleh karena itu, yoga dapat membantu untuk meningkatkan proprioception.

Dengan proprioception, maka Anda akan memiliki kesimbangan yang baik juga dan dapat menghindari kondisi terjatuh yang tidak terduga. Oleh karena itu, yoga sangat baik dilakukan banyak orang terutama lansia.

Membantu tidur lebih nyenyak

hari yoga internasional
Foto: Freepik

Berlatih yoga dapat memberikan relaksasi pada tubuh Anda setelah terlalu banyak melakukan aktivitas dan kegiatan rutin Anda.

Indikator tidur yang baik adalah tidur dalam kondisi tidak terlalu lelah dan terlalu setres. Sementara yoga dapat membantu Anda untuk mendapatkan tidur yang berkualitas dan membuat Anda semakin semangat di pagi hari.

Mencegah IBS dan masalah pencernaan lainnya

hari yoga internasional
Foto: Freepik

Irritable bowel syndrome merupakan gejala penyakit yang diakibatkan oleh iritasi pada saluran pencernaan. Biasanya ditandai dengan timbulnya rasa sakit atau kram di perut yang berulang, perut terasa kembung, diare bahkan sembelit.

Jika Anda berlatih yoga secara rutin, hal itu dapat bermanfaat untuk mencegah IBS agar tidak terjadi dan mengatasi permasalahn pencernaan lainnya.

Membuat lebih bahagia

hari yoga internasional
Foto: Freepik

Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa melakukan gerakan yoga dapat mengatasi rasa sedih yang sedang kita alami.

Sebuah studi penelitian menemukan bahwa dengan latihan yoga secara konsisten dapat mengurangi tingkat depresi pada seseorang.

Jika tingkat rasa bahagia menjadi lebih besar itu artinya fungsi kekebalan tubuh juga ikut meningkat. Hal itu sangat berguna terutama di tengah pandemi Covid-19.

Menerapkan gaya hidup sehat

hari yoga internasional
Foto: Freepik

Yoga dapat membantu Anda bergerak lebih banyak dan membantu Anda makan lebih sedikit. Latihan secara teratur dapat membuat Anda terus bergerak dan membakar kalori.

Tak hanya itu saja, yoga juga mendorong Anda untuk mengatasi masalah makan dan berat badan melalui spiritual dan emosional.

Membantu meningkatkan konsentrasi

hari yoga internasional
Foto: Freepik

Di masa kini, konsentrasi menjadi begitu penting untuk dapat mengerjakan segala tugas dan menjalani aktivitas secara rutin.

Dengan berlatih yoga secara teratur ternyata dapat meningkatkan sistem koordinasi, kemampuan daya pikir, kosentrasi dan skor IQ seseorang.

Biasanya, seseorang yang terbiasa melakukan yoga cenderung dapat memecahkan masalah dengan baik serta memperoleh dan mengingat sebuah informasi dengan lebih baik.

 

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button